Bagi setiap artis pendatang baru di dunia hiburan Korea, mereka harus melewati tahap debut. Dimana pada tahap tersebut seorang rookie akan menampilkan kemampuannya kepada publik untuk pertama kalinya. Bisa dibilang kalau tahap ini merupakan tahap yang paling penting bagi seorang artis, karna pada tahap ini seorang artis dituntut mampu membangun citra positif tentang dirinya. Jika seorang artis memiliki citra positif, maka tidak sulit bagi mereka untuk memiliki banyak fans.

Untuk bisa melakukan debut, seorang artis kpop harus mengikuti serangkaian pelatihan yang dilakukan oleh agensi. Biasanya untuk bisa debut menjadi seorang idol, mereka membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun lamanya.

Nah, berikut ada 9 idol Kpop yang memulai debut pertama mereka diusia yang masih sangat muda, yakni 15 tahun. Kira-kira siapa saja ya?

1. Seungri BIG BANG

Seungri

Seungri via http://google.com

Cowok kelahiran 12 Desember 1990 ini merupakan anggota termuda dari BIG BANG. Sepertinya gelar maknae memang pas diberikan kepada Seungri karena ia memulai debutnya ketika berumur 15 tahun. Sebelum resmi debut, Seungri pernah tampil dalam acara reality show "Let's Cokeplay: Mnet Battle Shinhwa" dimana dalam acara tersebut ia harus bersaing dengan kontestan lain agar terpilih menjadi anggota "Shinhwa generasi kedua."

Advertisement

Namun sayangnya Seungri harus tereliminasi dari acara tersebut. Ia akhirnya mengikuti audisi YG Entertainment yang nantinya akan mendebutkan boyband baru bernama BIG BANG. Dan Seungri pun berhasil meyakinkan Yang Hyun Suk bahwa ia pantas menjadi anggota boyband yang digawangi oleh GDragon tersebut.

2. Suzy

Bae Su Ji atau yang akrab dipanggil Suzy memulai debutnya bersama girl group Miss A di tahun 2010. Saat itu cewek yang lagi pacaran dengan Lee Dong Wook ini masih berusia 15 tahun. Suzy debut bersama Miss A beberapa bulan sebelum ulang tahunnya yang ke 16 tahun.

Sebelum bergabung dengan JYP Entertainment, Suzy pernah mengikuti audisi Superstar K di Mnet. Namun ia masih kurang beruntung dan harus tereliminasi. Walaupun begitu ternyata bakat yang dimiliki Suzy mampu menarik perhatian CEO JYP Entertainment. Nggak heran kalau Suzy hanya membutuhkan waktu 1 tahun untuk masa trainee dan kemudian resmi debut dengan Miss A.

3. Zelo B.A.P

Advertisement

Maknae dari boyband BAP ini memulai debutnya sebagai idol kpop di tahun 2011. Saat itu Zelo masih genap berusia 15 tahun. Ia pertama kali diperkenalkan ke publik sebagai anggota sub-unit BAP bersama Bang Yong Guk yang kemudian merilis single "Never Give Up" sebagai singel pertama. Single tersebut resmi dirilis pada November 2011.

Hingga akhirnya pada tahun 2012, Zelo resmi debut dengan BAP. Di boyband tersebut, Zelo mengambil peran sebagai rapper. Pada Januari 2012 BAP muncul ke publik dan merilis singel debut "Warrior".

4. IU

Cewek cantik yang memiliki nama asli Lee Ji Eun ini lahir di Seoul 16 Mei 1993. IU memulai debutnya di industri hiburan Korea ketika berumur 15 tahun. Sebelum bergabung dengan LOEN Entertainment, IU sempat mengikuti 20 audisi tapi gagal semua. Bahkan ia sempat ditipu oleh perusahaan hiburan palsu.

Sepertinya kerja keras IU berbuah manis, pada tahun 2008 ia memulai debutnya dengan menjadi penyanyi solo wanita.Bisa dibilang kalau namanya mulai bersinar ketika didapuk memerankan karakter Kim Pil Sook di drama Dream High. Setelah drama tersebut berakhir, nama IU mulai banyak dikenal publik.

5. Taemin SHINee

Diawal kemunculannya bersama SHINee, cowok kelahiran 18 Juli 1993 ini memang terlihat sangat imut. Bagaimana tidak, Taemin memulai debutnya bersama SHINee saat ia masih berusia 15 tahun. Gak heran kalau dia kelihatan imut banget.

Taemin pertama kali bergabung dengan SM Entertainment ketika ia masih berumur 12 tahun. Saat itu ia mengikuti Open Weekend Audition Casting yang diadakan oleh SM. Siapa sangka kalau dia lolos hingga akhirnya menjadi trainee di SM. Tiga tahun kemudian Taemin berhasil debut bersama SHINee pada 25 Mei 2008 di usianya yang ke 15 tahun.

6. Krystal f(x)

Ternyata sejak berumur 5 tahun, bakat yang dimiliki Krystal mampu menarik perhatian dari SM Entertainment. Terlebih setelah ia menjadi bintang video klip dari lagu "Wedding March" milik Shinhwa. Namun saat itu orang tua Krystal menolak tawaran agen bakat SM Entertainment untuk melatih Krystal menyanyi dan menari secara profesional.

Dan pada tahun 2006, orang tua Krystal mengizinkan dia untuk bergabung SM Entertainment. Tiga tahun kemudian, Krystal pun debut bersama dengan girlband f(x). Mereka debut pada 2 September 2009 di showcase Samseong-dong Fashion Center. Pada 5 September 2009, f(x) memulai debut di televisi pertama mereka dalam acara musik MBC Show! Music Core.

7. Jungkook BTS

Jungkook

Jungkook via https://twitter.com

Semua orang pasti tau kalau Jungkook adalah maknae atau member termuda di BTS. Sebelum resmi bergabung dengan BTS, Jungkook pernah mengikuti audisi Superstar K seperti Suzy. Namun sayangnya dia masih kurang beruntung karna harus tereliminasi sebelum masuk di babak final.

Walaupun begitu Jungkook tidak pernah putus asa. Bahkan setelah itu ia mengikuti audisi pencarian bakat yang diadakan oleh agensi-agensi besar Korea seperti JYP, Cube, dan Woolim. Sampai akhirnya ia bisa debut dengan BTS pada Juni 2013 dan bergabung dengan Big Hit Entertainment.

8. Minzy

Sepertinya darah seni yang mengalir di tubuh Minzy merupakan keturunan dari keluarganya. Minzy merupakan cucu dari seorang penari tradisional legendaris di Korea Selatan yang bernama Gong Okjin. Awalnya Minzy mengunggah video dirinya yang sedang menari di internet. Namun siapa sangka kalau video tersebut mendapat respon yang cukup baik dari netizen.

Hingga akhirnya YG Entertainment mengetahui video tersebut. Tanpa pikir panjang, YG akhirnya menawari Minzy untuk dilatih di perusahaan hiburan tersebut. Dan di tahun 2009, cewek kelahiran Seoul 18 Januari 1994 ini debut bersama CL, Dara, dan Park Boom yang tergabung dalam girlband 2NE1.

9. Changmin TVXQ

Member termuda di TVXQ ini lahir di Seoul, 18 Februari 1988. Changmin pertama kali bergabung dengan SM Entertainment ketika umurnya 14 tahun. Setahun setelah itu ia resmi debut bersama TVXQ pada 26 Desember 2003. Debut di usia yang masih sangat belia, membuat Changmin memiliki banyak noona fans.

Tapi siapa sangka kalau karier Changmin bisa dibilang paling bersinar di antara teman-temannya di TVXQ. Selain jago nyanyi, Changmin juga dapat membuktikan kalau dia juga jago akting. Terbukti sudah banyak drama yang ia bintangi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya