Mendapatkan Nilai A di setiap mata kuliah, mungkinkah? Tidak ada kata yang mustahil, jika kita mau dan mempunyai tekad yang bersungguh-sungguh. Bagaimana rasanya jika disetiap mata kuliah yang Kamu jalani mendapatkan nilai yang cukup baik dan mendapatkan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) diatas 3,5 yang merupakan standar nilai cumlaude Mahasiswa ?

Tentu ada rasa bangga yang menyelimuti dirimu melihat hasil perjuanganmu selama dibangku kuliah disatu semester kan? Kita sering beranggapan bahwa dengan sering hadir dan mengerjakan setiap tugas yang diberikan Dosen sudah cukup untuk mendapatkan nilai dan IPK di atas rata-rata. Tetapi apakah Kamu tidak ingin mendapatkan nilai yang jauh lebih baik? Ada nilai lebih jika kamu melakukan hal di bawah ini.

1. Niat dan tentukkan target awal yang ingin dicapai.

Pernah dengar bahwa hasil yang seseorang tergantung pada niatanya? So buatlah niat yang positif. Karena niat yang baik Kamu akan mendapatkan hasil yang baik pula. Niatkan Kamu ingin mendapatkan prestasi akademik dikuliah dengan cara yang baik. Kemudian dibarengi oleh niat maka tentukanlah pula target yang ingin dicapai misal untuk setiap semester mendapatkan IP minimal diatas 3,5, kemudian tinggikan IP yang ingi diraih disetiap semesternya misal 3,6, lalu 3,7, 3,8 dan seterusnya.

Advertisement

Buatlah target yang tinggi setiap semesternya, karena hal ini memacu Kamu untuk meningkatkan diri lagi dan lebih giat berjuang untuk itu semua.

2. Susun Jadwal Belajar.

Mulai sekarang Kamu harus pintar-pintar untuk membagi waktu mu sebaik mungkin. Langkah awal yang bisa kamu lakukan, yaitu bisa dengan cara membuat jadwal belajarmu dalam sehari. Usahakan jadwal belajar yang Kamu buat tidak berlebihan, walaupun tidak memiliki banyak waktu untuk belajar namun usahakan waktu belajar yang kamu susun akan kamu lakukan secara rutin.

3. Rajin Kuliah dan Hadir Tepat Waktu.

Salah satu faktor yang dilihat untuk menentukkan nilai yang kamu peroleh, adalah kehadiranmu di kelas. Dosen akan melihat seberapa seringkah Kamu mengikuti mata kuliahnya. Jangan sekali-kali tipsen atau yang dikenal oleh mahasiswa dengan titip absen, walaupun hal ini sudah menjadi budaya bagi beberapa mahasiswa yang terbilang nakal.

Advertisement

Namun tidak baik untuk ditiru bagi Kamu yang ingin mendapatkan penilaian yang baik dari dosenmu, karena sekali kamu ketahuan akan dinilai oleh dosen yang mengajarmu.

4. Kerjakan Setiap Tugas yang Diberikan Dosen dengan Cepat dan Sebaik Mungkin.

Jika di hari itu kamu diberi tugas oleh dosen, di mana deadline pengumpulannya adalah minggu depan, maka baiknya kamu langsung mengerjakan tugas tersebut saat pulang dari kuliah. Sebab jika Kamu menundanya, mungkin nanti Kamu akan lupa untuk mengerjakannya, lantaran banyak nya aktifitas baik organisasi ataupun pribadi.

5. Banyak Membaca dan Pahami.

Dengan banyak membaca, maka cakrawala pengetahuan Kita pun akan bertambah. Sekadar membacapun tidak cukup, yang perlu lakukan adalah pahami setiap bacaan yang telah kamu dapatkan. Caranya bisa dengan mengulangi materi yang telah dapatkan di saat perkuliahan.

6. Rajin Mencari Sumber Referensi yang Terpercaya.

Banyak sumber referensi yang dapat dijadikan kita sebagai sumber belajar. Di zaman teknologi seperti sekarang, kitabiasa menggunakan internet yang mamp menyediakan ribuan bahkan jutaan informasi didalamnya dengan akses yang mudah, namun jika kamu sering menggunakan internet sebagai sumber referensimu, maka kamu harus bisa memilah mana informasi yang benar dan tepat buat kamu dan mana yang buka karena internet banyak menyediakan informasi yang kadang tidak sesuai dengan kebutuhannmu.

Satu-satunya tempat yang bisa menjadi andalan tepercaya bagimu adalah perpustakaan, karena perpustakaan sendiri menyediakan berbagi informasi tercetak seperti buku, jurnal dan lain-lain yang bisa menjadi bahan referensi tepercayamu untuk belajar atau mengerjakan tugas. Kamu juga bisa mendapatkan referensi lainnya dari materi yang telah diajarkan terlebih dahulu dengan memintanya kepada seniormu.

7. Dekati dan Kenali Karakter Setiap Dosen.

Dalam perkuliahan kadang kita tidak menyukai dosen karena dianggap killer saat mengajar atau pelit dalam memberi nilai yang bagus. Karena setiap manusia memiliki karakter yang berbeda-beda, begitupula dengan dosenmu. Maka cara yang satu ini bisa kamu coba yakni dengan cara dekati dosenmu serta kenali karakternya ini bisa jadi poin lebih yang kamu dapatkan di hadapan dosenmu, misal Kamu bisa menanyakan perihal tugas yang tidak Kamu mengerti atau kamu bisa menawarkan bantuan tulus kepada dosenya yang terlihat sedang misal dengan membawa barang bawaannya.

Saat dikelaspun Kamu bisa mendekati Dosenmu yakkni dengan bersifat aktif, caranya dengan menanyakan hal-hal yang tidak Kamu mengerti. Terkadang setelah menjelaskan materi didepan kelas dosen akan memberikan waktu bagi mahasiswa yang tidak mengerti, maka kesempatanlah inilah yang layak kamu pergunakkan untuk bertanya sebanyak-banyaknya.

Selain itu hal yang bisa kamu lakukan adalah menjaga atitude-mu di depan Dosen, karena saat masih di lingkungan sekolah di perkuliahan pun Kamu dinilai bukan dari kepintaranmu maupun tugas-tugas yang telah Kamu selesaikan namun attitude atau sikapmu terhadap dosen saat dikelas maupun berhadapan langsung dengannya juga dapat menjadi penilaian sendiri bagi sebagian dosen. Maka tanpa membeda-bedakan saat dalam lingkungan perkuliahan bersikaplah baik dengan siapa saja dan jaga tutur bicaramu.

8. Rajin Mengerjakan Soal-soal.

Dengan mengerjakan soal-soal, hal ini akan melatihmu dalam menghadapi ujian yang sesungguhnya. Dengan mengerjakkan soal-soal pula, dapat melihat seberapa kamu paham dengan materi yang telah Kamu dapatkan saat perkuliahan. Soal-soal bisa Kamu dapatkan lah satunya dengan meminta soal tahun lalu dari para seniormu.

9. Berdoa dan Minta Doa Restu Kepada Kedua Orang Tua.

moslemlifesyle

moslemlifesyle via https://moslemlifestyle.com

Setelah berusaha dengan langkah-langkah diatas tentu belum lengkap rasanya apabila tidak dimbangi oleh doa. Sebab usaha tanpa doa adalah sia-sia, mintalah bantuan dari Tuhan untuk melancarkan target yang telat kamu tentukan. Dan terakhir mintalah restu kepada doa orang tua, ketika hendak menghadapi ujian mintalah doa sebelumnya kepada orang tua agar dilancarkan dalam prosesnya, karena biasanya doa dari orangtualah sangatlah manjur.

Demikianlah ''9 Strategi Mendapatkan Nilai yang Memuaskan Saat Perkuliahan, Wajib Dicoba Bagi Kamu yang Berstatus Sebagai Mahasiswa'' yang dapat Kamu terapkan. Tetapi perlu diingat bahwa nilai sempurna tidak menjamin kamu sukses di masa depan sebab yang diperlukan adalah prosesnya.

Proses itu merupakan usaha yang telah Kamu lakukan untuk mencapai nilai yang baik. Jangan terlalu berambisi untuk mendapatkan nilai A karena hal tersebut nanti akan mematahkan semangatmu di kemudian hari jika suatu saat hasilnya tak sesuai dengan harapanmu. So, yang dinilai dari apa yang Kamu peroleh adalah prosesnya bukan pada hasil.

Banyak lho yang semasa kuliahnya nilainya biasa-biasa saja namun di kemudian hari Ia menjadi orang yang berhasil, begitu pula sebaliknya. Maka yang didilihat bukanlah nilai A yang menaburi transkip nilaimu, namun tekad dan ketekunanmu untuk mengubah itu semua. Cukup sekian, semoga bermanfaat.

Salam penulis yang saat ini sedang memasuki semester 7 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya