Sebelum berangkat ke London saya sudah jauh-jauh hari mencatat tujuan wisata mana saja yang harus saya datangi selama pergi ke London, Inggris. Di London sangat banyak museum, tapi saya tidak akan melewatkan Museum British yang terkenal itu. Setiap melakukan traveling ke kota terkemuka di dunia saya selalu berusaha mengunjungi museum.

Ini museum terbaik yang pernah saya kunjungi. Semua pameran dalam museum sangat menarik. Sangat banyak benda purbakala untuk dilihat. Kalau Anda datang ke sini, walaupun bukan tipe peminat sejarah pasti akan berubah pikiran Anda karena ada mumi dari Mesir yang sebelumnya tidak terpikir ada di museum ini. Datang ke Museum British sebagai salah satu museum terbaik di dunia saya dikejutkan dengan adanya mumi Cleopatra, salah seorang Ratu Mesir yang terkenal dan cantik itu. Saya sampai penasaran bertanya kepada petugas museum apakah mumi Cleopatra asli, dan ternyata dipastikan benar.

Badan dari mumi Cleopatra pernah di-scan x-ray dan benar organ badannya masih asli terlihat. Ini ada keterangan tertulis di papan kaca tempat mumi-mumi tersimpan. Ternyata banyak mumi ada di sini dan mumi Cleopatra yang paling banyak diminati pengunjung di dalam Museum British di London, Inggris.

Museum British di London salah satu museum terpenting dalam sejarah dan budaya manusia di dunia. Koleksi permanennya berjumlah lebih dari 8 juta jenis koleksi, yang memberikan gambaran dan dokumentasi sejarah kebudayaan manusia dari awal tercipta hingga masa kini. Museum yang sangat lengkap ini wajib dikunjungi terutama bagi wisatawan penyuka sejarah dan kebudayaan masa lampau. Sangat direkomendasikan untuk menyiapkan waktu sedikitnya 3 jam agar dapat menikmati keseluruhan bagian dari museum ini. Akses mudah karena letaknya yang berada di pusat kota London.

Masuk museum ini gratis buat semua pengunjung dewasa dan anak. Sebelum masuk museum akan diperiksa dulu tasnya oleh petugas untuk keamanan. Di lobi tersedia earphone dalam beberapa bahasa yang dapat menjelaskan isi museum. Alat ini dapat diambil di lobi dan di seluruh ruangan museum tersedia wifi gratis. British Museum di London adalah salah satu museum terbesar dan terpenting dalam sejarah dan budaya manusia di dunia. Koleksi permanennya berjumlah lebih dari 8 juta benda, yang merupakan salah satu koleksi dengan jumlah terbesar dan terlengkap di dunia.

Di dalam museum banyak sekali artefak kuno tapi sangat terawat dan rapi cara menyimpannya di dalam lemari kaca yang bersih. Koleksi kerajinan dan lukisan sangat berkelas dan elegan. Menurut Wikipedia, British Museum didirikan pada tahun 1753, yang bermula dari koleksi milik seorang dokter dan ilmuwan bernama Sir Hans Sloane. Museum ini pertama kali dibuka untuk umum pada tanggal 15 Januari 1759 di Montagu House di Bloomsbury, yang menjadi lokasi museum ini sampai sekarang.

Museum British menyimpan banyak mumi dari Mesir. Museum sangat luas dan besar, menempati sebuah bangunan tua bergaya Yunani kuno. Perlu panduan peta museum adalah hal terbaik untuk wisatawan agar tidak tersesat. Saya paling berminat dan tertarik pada koleksi mumi dari Mesir. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana cara membawa benda-benda purbakala terutama mumi dari Mesir agar tidak rusak bisa dibawa sampai Inggris. Saya segera kemudian bergegas menuju ruangan 62 dan 63 di lantai dua museum, tempat mumi disimpan..

Ada 140 koleksi mumi dan petinya, membuat saya kagum bagaimana sebuah jenazah bisa awet sampai ribuan tahun dibungkus dengan tanah dan rempah-rempah pada zaman sebelum Masehi dan sampai sekarang masih lengkap organ tubuhnya ketika di x-ray. Ruangan khusus mumi cukup penuh sesak. Lemari kaca berjejeran rapi di kanan, kiri dan tengah ruangan. Karena ruangan didominasi kotak kaca yang kedap udara jadi selasar untuk orang berjalan sangat terbatas sehingga untuk mengambil foto bersama mumi sangat susah mengambil jarak foto.

Akan terlihat mumi Cleopatra dibungkus kain seperti goni dengan banyak tali ikat. Di luar kain banyak lukisan wajah wanita dan lukisan-lukisan badan wanita Mesir di sekujur bungkusan kain di badannya. Museum British merupakan lokasi kedua terbesar dan terlengkap dari koleksi seni Mesir Kuno, dengan jumlah lebih dari 100.000 buah, setelah Museum Mesir. Koleksi yang dimiliki museum ini merupakan objek dari semua periode dan lokasi-lokasi yang penting di Mesir.

Museum tentang prasejarah wilayah Eropa yang sangat lengkap, disusun berdasarkan wilayah dan tahun berlangsungnya. Ketika saya datang sedang ada pameran benda-benda kuno Mesir. Saya sangat menikmati koleksi di sini benar-benar menakjubkan dan memuaskan penggemar sejarah. Koleksi benda Mesir kuno dirampas oleh tentara Inggris dan diberikan kepada Museum British pada tahun 1803. Beberapa benda termasuk mumi ini diserahkan ke museum yang tertata rapi ini. Benda kuno yang didapat dari penggalian arkeologis mulai didatangan ke museum pada akhir abad ke-19.

British Museum merupakan lokasi kedua terbesar dan terlengkap dari koleksi seni Mesir Kuno, dengan jumlah lebih dari 100.000 buah setelah Museum Mesir di Kairo. Koleksi yang dimiliki museum ini merupakan objek dari semua periode dan lokasi-lokasi yang penting di Mesir Kuno dan Sudan. Seluruh koleksi ini menceritakan kebudayaan Lembah Sungai Nil (termasuk Nubia) dengan rentang waktu lebih dari 11.000 tahun, dari masa Prasejarah Neolitik (sekitar 10.000 SM), hingga masa Kristen Koptik.

Setelah kekalahan Perancis dibawah Napoleon I pada Pertempuran Sungai Nil pada tahun 1801, koleksi benda Mesir Kuno dirampas oleh tentara Inggris dan diberikan kepada British Museum pada tahun 1803.

Benda kuno yang didapat dari penggalian arkeologis mulai didatangkan ke museum pada akhir abad ke 19 sebagai hasil kerja Kelompok Penjelajah Mesir dibawah pimpinan E.A. Wallis Budge. Pada tahun 1924, koleksi museum ini telah berjumlah 57.000 buah. Karena adanya dukungan penuh dari British Museum terhadap penggalian arkeologis di Mesir. Koleksi departemen ini pada saat ini berjumlah lebih dari 110.000 benda.

Benda koleksi mulai dari Mesir sampai Cina. Anda akan terkesima dengan beraneka jenis koleksi yang dimiliki oleh British Museum, mulai dari koleksi dari negara UK sendiri, sampai dengan mumi dari Afrika serta artefaks dari belahan dunia lainnya. Saya sendiri sangat berkesan berkunjung ke tempat ini karena bisa melihat mumi Cleopatra.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

1. Mumi Cleopatra dari Mesir ada di Museum British

Mumi Cleopatra dari Mesir disimpan di lemari kaca dalam Museum British

2. Penulis di depan Museum British

Penulis di depan museum British London

3. Penulis di luar kaca penyimpanan mumi

Advertisement

Ada beberapa mumi di Museum British, London.

4. Keterangan status mumi Cleopatra dari Mesir

Keterangan foto dari mumi Cleopatra asli dari Mesir.

5. Bagian luar museum British di London

Suasana luar depan Museum British di London.

6. Salah satu mumi dari Mesir yang tesimpan

Advertisement

Mumi lain di dalam kaca Museum British.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya