Nggak bisa dipungkiri jika kita menguasai bahasa, kita bisa menggenggam dunia. Terutama buat kamu-kamu di generasi milenial di mana bahasa, terutama bahasa Inggris sangat penting dikuasai. Tapi sayangnya, dari sekolah dasar hingga lulus kuliah, sayangnya bahasa Inggris kamu biasa-biasa saja. Pada akhirnya, kamu akan ketinggalan dengan yang lain, terutama dalam urusan pekerjaan dan networking.

Banyak cara dilakukan agar keren berbahasa Inggris. Kalau kamu kenal Wirda Mansur, kamu bisa belajar banyak dari cara dia belajar bahasa Inggris. Wirda sendiri sekarang kuliah di universitas ternama di mancanegara. Padahal, dulu dia sempat kena bully oleh gurunya sendiri. Simak yuk, tips lancar berbahasa Inggris ala Wirda Mansur biar bahasa Inggrismu nggak gitu-gitu saja.

1. Niat adalah segalanya

Soal belajar bahasa Inggris, Wirda mengaku sempat di-bully karena tidak lancar berbahasa Inggris. Ketika sekolah menengah, pelajaran yang paling dibenci adalah bahasa Inggris. Mata pelajaran yang paling jeblog saat sekolah adalah matematika dan bahasa Inggris. Di suatu kesempatan, dia pernah kepilih nyanyi paduan suara di sekolahnya pakai bahasa Inggris. Bully-an justru datang dari gurunya. Gurunya Wirda mendekati dan bilang, "Wirda, kamu nggak bisa bahasa Inggris, kamu pindah ke barisan belakang,".

Akhirnya, mau nggak mau dia pindah ke barisan belakang dengan hati gondok. Kejadian inilah yang membuatnya termotivasi untuk giat belajar bahasa Inggris.

Advertisement

Selain itu, banyak kejadian lain yang membuat Wirda lebih termotivasi untuk belajar bahasa Inggris. Remaja yang bersekolah di Amerika itu bercerita, pernah dimarahi oleh ayahnya, karena nggak berani bertanya saat di Singapura. Pengalaman dan kejadian memalukan itu akhirnya membuat Wirda semakin termotivasi. Sekarang, Wirda dengan lancarnya berbahasa Inggris.

2. Banyak membaca buku berbahasa Inggris

Salah satu tips paling mudah adalah banyak membaca buku berbahasa Inggris. Kata Wirda, nggak penting kita harus mengerti bacaan itu, tapi yang kita cari itu proses belajarnya. Nah, kalau memang ada kata-kata yang nggak dimengerti, bisa di highlight pakai stabilo. Nah, setelah itu cari deh di kamus atau di Google. Setelah itu, kita harus mengingat-ngingat apa arti kata tersebut dan pelafalannya

3. Streaming Youtube

Salah satu cara asyik buat Wirda belajar bahasa Inggris adalah nonton Youtube. Wirda biasa nonton channel berbahasa Inggris seperti channel Shane. Di channel tersebut, meskipun kata-katanya kasar, Wirda belajar bahasa gaul Inggris. Sedangkan untuk bahasa formal, Wirda belajar dari video di www.ted.com. Di sini, banyak video-video motivasi yang banyak mengandung bahasa-bahasa formal Inggris. Terkadang, Wirda juga menonton reality show seperti Keepin Out With the Kadarshian.

4. Menonton film tanpa subtitle

Advertisement

Tak hanya streaming Youtube, Wirda juga belajar bahasa Inggris dengan menonton banyak film berbahasa Inggris. Tapi perlu diingat, jangan nonton pakai subtitle ya! Karena kalau pakai subtitle bisa memecah konsentrasi kita untuk tahu kelanjutan percakapan dalam film tersebut. Tanpa subtitle, kata Wirda, kita jadi banyak belajar spelling meskipun tidak paham apa yang dibicarakan.

5. Beranikan diri untuk berbahasa inggris

Untuk lancar berbahasa Inggris, tentu kita harus memulainya tanpa menunda-nunda. Kita harus memberanikan diri dan percaya diri. Meskipun salah, ya nggak apa-apa. Namanya juga belajar, ya nggak? Nah yang perlu diingat, belajar bahasa Inggris bukan untuk sombong dan lain-lain. Pasalnya, kalau hanya untuk sombong, justru ilmunya nggak berkah.

Apa yang dilakukan Wirda nih memang patut kita contoh ya. Belajar bahasa Inggris untuk mengajarkannya dan bukan untuk sombong. Apalagi, berbahasa Inggris yang kasar dan berisi sumpah serapah. Bagaimana dengan kalian yang bahasa Inggrisnya masih gitu-gitu aja? Mau ikutin cara Wirda Mansur?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya