Gaes, tahun pertama kuliah mungkin bakalan jadi fase paling awkward selama kamu hidup. Why? Masuk kuliah berarti kamu punya lingkungan baru, teman baru, pengajar baru dan juga tentunya tanggung jawab baru. Dengan begitu, berarti kamu juga harus cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Hari pertama memasuki dunia kampus tentu menjadi sesuatu yang seru dan ditunggu-tunggu. Mental sudah siap dengan sesuatu yang sering dibayangkan sejak masih sekolah. Seperti apa ya kehidupan kampusku nantinya? Ada kalanya para calon pejuang tidak tahu hal-hal simple apa yang harus dipersiapkan, dan tidak jarang rasa ter-intimidasi dan tekanan datang menghampiri. 

Banyak mahasiswa baru menyatakan bahwa kehidupan perkuliahan tidak seperti apa yang mereka pikirkan. Ada hal yang ternyata tidak sebaik, semudah, maupun seburuk yang dibayangkan sebelumnya. Jadi, kamu memerlukan ekstra fokus dan usaha supaya tidak keteteran.

Tapi, tenang saja, bukan cuma kamu kok yang mengalaminya. Maka itu, berikut adalah beberapa list yang harus kamu persiapkan sebelum memasuki dunia perkuliahan :

1. Lakukan Riset Kecil-kecilan

Pantau lokasi

Pantau lokasi via https://www.google.co.id

Para calon mahasiswa dapat melakukan riset dan pengamatan melalui info-info penting seputar kampus dan daerah di sekitarnya baik melalui internet atau langsung bertanya di pusat kemahasiswaan.

Di sini para calon mahasiswa dapat bertanya info apa saja berkaitan dengan kampus dan perkuliahan, baik itu informasi tempat tinggal, aktivitas dan organisasi kemahasiswaan sampai konsultasi mengenai perkuliahan.

2. Mental Beradaptasi

Beradaptasi cepat dengan lingkungan kampus

Beradaptasi cepat dengan lingkungan kampus via https://goo.gl

Advertisement

Hal kedua yang perlu kamu persiapkan adalah mental. Saat kamu masuk di dunia perkuliahan kamu akan merasa seperti masuk ke dalam dunia baru dalam hidup kamu. Di perguruan tinggi nanti kamu akan menemukan hal-hal yang serba baru, orang-orang baru, lingkungan baru, dan cara pembelajaran yang baru.

Kamu harus mempersiapkan mental kamu, terlebih lagi jika kamu yang merantau dari kota lain, pastinya kamu harus dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

3. Stay Organized

Mencatat yang efisien

Mencatat yang efisien via https://goo.gl

Persiapkan segala sesuatu dengan matang untuk hari pertama di kampus. Baik itu seragam wajib, student ID, dompet untuk membeli keperluan mendadak, sampai buku notes dimana semua to-do lists dan catatan-catatan penting yang perlu untuk diingat.

Advertisement

Tentunya tidak mau kan, hari pertama berjalan berantakan cuma gara-gara hal sepele yang bisa dipersiapkan sehari atau malam sebelumnya.

4. Ramah dan Stay Positive

Kamu tersenyum

Kamu tersenyum via https://goo.gl

Tidak ada salahnya bersikap ramah dan mempunyai semangat dan sikap yang positif. Namun untuk berteman, harus memilih secara hati-hati. Pertemanan juga akan sangat menentukan gaya kehidupan kita di kampus. Bijak dalam berteman sangat disarankan, karena kehidupan perkuliahan merupakan fase di mana seseorang dituntut untuk lebih bertanggungjawab.

Kegagalan maupun keberhasilan merupakan tanggung jawab seorang mahasiswa itu sendiri. It’s your own life!

5. Bergabung dengan Kegiatan di Luar Perkuliahan

Berbagi pengetahuan

Berbagi pengetahuan via https://goo.gl

Kebiasaan di kampus juga akan sangat berbeda dengan di sekolah. Saat kuliah, sebagian besar waktumu akan dihabiskan di kampus daripada rumah. Kesibukan ini akan bikin kamu rindu saat sudah lulus nanti. Dunia kampus adalah tempat yang tepat untuk mengarahkanmu bertemu dengan hal-hal yang kamu suka. Jadi, kalau selama ini belum menemukan apa passion-mu, kuliah adalah kesempatan yang sangat baik. Let's find out how!

Kegiatan di luar perkuliahan baik itu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi sangat bermanfaat untuk para mahasiswa. Di sini para mahasiswa akan dapat dilatih untuk mengatur waktu, bertemu, menghadapi, bahkan me-manage orang lain dalam wadah organisasi.

Selain itu, melalui organisasi kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain di luar jurusan semakin terekspos. Pastinya dari sini, jaringan pertemanan dan koneksi semakin meluas lho.

6. Ingat Selalu Goal dan Komitmen

Perjuangan manis

Perjuangan manis via https://goo.gl

Tentukan dan keep in mind dari awal kuliah sampai selesai tujuan yang perlu dicapai. Para orangtua tentu tidak membayar uang kuliah untuk sesuatu hal yang sia-sia. Selain itu jika tidak memiliki komitmen dan goal yang positif, kuliah selama bertahun-tahun akan membuang waktu secara percuma.

Pasti tidak mau kan kalau setiap mau berangkat kuliah tidak termotivasi dan tidak ada tujuan pasti yang ingin dicapai. Perasaan akan berbeda jika memiliki sebuah tantangan yang akan ditaklukkan setiap hari. Jika perlu, tulis besar-besar di papan board samping tempat tidur, sehingga setiap bangun akan selalu ter-remind.

Gimana gaes, sudah kebayang dong gimana serunya masa perkuliahan kamu nanti? Tetap jaga pergaulan dan disiplin dalam belajar meski sudah duduk di bangku kuliah, ya! Semangat gaes!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya