Setelah liburan panjang sekolah atau kuliah kemarin, rasanya belum cukup untuk merasakan liburan. liburan di rumah, tidak pergi kemana-mana bahkan tidak punya uang untuk hangout bareng teman-teman. bukan liburan namanya, jikalau kejenuhan terus melanda diri kita.

Scrolling Instagram sambil lihat insta story teman jalan-jalan emang bikin iri. dari iri jadi stress sendiri. Semisal mahasiswa kupu-kupu cuma masuk kelas perkuliahan, sehabis itu pulang, tidak mengikuti kegiatan apa-apa. tugas kuliah numpuk, diputusin pacar, dimarahin ortu, lengkap sudah deh.

Sebetulnya, begitu banyak kegiatan yang dapat kita lakukan. coba tengok kanan kiri kamu deh, siapa tau kamu mendapat ide yang luar biasa. Tetapi, harus dimulai dari mana ya? Yuk! coba baca lima tips produktif berikut ini, siapa tahu membantu!

1. Mencari lowongan pekerjaan atau kegiatan sosial di media sosial. Sangat mudah di akses lho!

Cari pekerjaan atau kegiatan sosial di Medsos, gampang banget lho~

Cari pekerjaan atau kegiatan sosial di Medsos, gampang banget lho~ via http://lenssaindonesia.com

Advertisement

Kata bang Raditya Dika, “kesempatan zaman sekarang lebih mudah diakses dibanding zaman gue dulu yang harus bersusah payah menjalin relasi terus baru dapet kerjaan”. Well, setuju banget sama pernyataan ban Radit.

Jika kita melihat bannyak kesempatan, apa iya mau di diamkan saja? tentu tidak bukan? Perkembangan digital semakin pesat. Begitu banyak platfrom yang 'mengharuskan' kita untuk melirik bahkan melamarnya, lho. Berikut informasi medsos yang bisa menolong kamu dari “kebosanan”.

2. Buatlah karya sebanyak-banyaknya!

Selagi masih muda, diberi kesempatan, yuk berkarya~

Selagi masih muda, diberi kesempatan, yuk berkarya~ via https://neilppatel.com

Semakin berkembangnya zaman, semakin mudah karya kita yang dilihat. walau hanya membuat konten di instagram dengan followers yang masih sedikit, tidak apa-apa. itu juga termasuk berkarya, lho.

Advertisement

Kata kak Aulion, berkarya itu ada dua jenis, yakni “berkarya dengan passion atau berkarya karena uang”. dua jenis itu berbeda makna lho gais. kalau berkarya dengan passion, bisa saja kamu sangat niat membuat hal tersebut. tapi bukan berarti berkarya karena uang itu tidak niat ya. ini tergantung hasilnya. kalau karena passion, kamu pasti bangga dan puas deh!

berkarya gak hanya dunia offline saja, tapi online juga bisa. membuat video, menulis, photography, travel online, misalnya. kalau kamu lebih senang offline, bisa saja kamu membuat komunitas baru, lho. Jadi, gunakan sebaik-baiknya waktu yaa

3. Setelah tahu mau ikut apa, jangan lupa atur jadwal kamu ya!

Atur jadwal dulu yuk, belajar disiplin~

Atur jadwal dulu yuk, belajar disiplin~ via https://www.thedatasschool.co.uk

Ini bagian yang paling penting, gaiss! kalau kalian sudah tahu akan melakukan apa, jangan lupa beri tanda di kalender kamar kamu. Bila perlu beli white board bahan kertas/karton, sehingga bisa nempel di dinding kamar kamu. Setiap ada acara, kamu bisa tulis di situ, deh. Mudah bukan?

But, make sure jadwal kamu sudah tertulis dengan lengkap dan jelas ya. Jadi, kamu tidak perlu mengingat-ngingat kembali acara apa yang harus kamu ikuti :p 

Atur jadwal itu fun banget. Berasa jadi orang penting gitu deh (haha). Setiap bangun tidur, bahkan sebelum tidur pun kamu lihat jadwal tersebut dan make sure tidak ada jadwal bentrok yaa. So, Selamat mengatur jadwal!

4. Merapihkan file laptop kamu, juga mengasyikan tau!

Iseng-iseng rapihin file, eh ada foto mantan~

Iseng-iseng rapihin file, eh ada foto mantan~ via https://tarjiemmm.com

Kegiatan “main” laptop memang mengasyikan. Selain menonton film, mengetik bahkan bermain game sekalipun, ternyata merapihkan isi file laptop tak kalah mengasyikan. Dapat mengurasi rasa bosan sekaligus ber-nostalgia gitu deh..

Kadang kita merasa risih gitu kalau tata letak file berantakan. daripada diem, nggak ngapa-ngapain, mending rapihin isi file kamu. siapa tau dari situ ada ide cemerlang yang bisa kamu lakukan. Semisal, mengedit foto atau video mant*n? eh keceplosan hihihi

5. Dekor ruang kamarmu sekreatif mungkin!

Tuangkan ide kreatif mu, siapa tau makin betah dikamr~

Tuangkan ide kreatif mu, siapa tau makin betah dikamr~ via http://exposedesainrumaah.blogspot.com

Memang agak sedikit menguras tenaga. Mulai dari mendorong lemari, kasur bahkan merapihkan pakaian. Sebelum merapihkan isi kamar, sebaiknya buatlah gambaran isi kamar kamu seperti apa. Agar ketika beraksi nanti, sudah tahu akan di dekor seperti apa. Ingin gaya minimalist kah, monokrom kah, atau colorful kah? dekor aesthetic pun tak masalah sedang zaman-zamannya~

Menurut saya, suasana kamar mempengaruhi kesehatan mental juga lho. kalau kamu bosan dengan suasana kamarmu yang “gitu-gitu” saja, ayo cepat ubah! kalau perlu dekor se-kreatif mungkin hihi biar makin betah di kamarnya ya khan~ jadi nggak gampang bosan kalau mau produktif juga hihi

 

Jadi, sudah tahu akan apa saja yang akan dilakukan? Selamat beraktivitas kembali wahai jiwa kreatif!!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya