Semua orang tentu menginginkan memiliki hubungan yang sehat, terhindar dari pertengkaran, dan semacamnya. Oleh karena itu, orang yang berpasangan akan melakukan segala cara agar hubungan dengan pacarnya tetap langgeng.

Mulai dari rutin mengajaknya jalan-jalan setiap akhir pekan, nonton setiap ada film bagus, mendekatkan diri kepada keluarga pasangan, dan semacamnya. Namun tentu setiap hubungan tidak selamanya berjalan mulus, kadang ada perselisihan yang membuat dua orang yang saling mencintai bertengkar.

Pakar psikologi, Pingkan Rumondor dan Liza Marielly Djaprie, menjelaskan beberapa tips untuk menghindarkan diri dari perselingkuhan. Berikut adalah tips-tipsnya.

1. Ketahui Alasannya

laki-laki dan perempuan berpelukan

laki-laki dan perempuan berpelukan via https://www.okezone.com

Advertisement

Perselingkuhan dapat terjadi karena hubungan sudah tidak menarik lagi. Orang yang berselingkuh merasa sudah tidak disayang, dihargai, atau bahkan dibutuhkan.

“Jadi agar hubungan dengan pasangan tetap menarik, jalin komunikasi lebih terbuka, ekspresikan kasih sayang yang cukup, atau atur keuangan lebih baik.,” tutur Pingkan.

2. Perkecil Masalah Dalam Hubungan

cinta yang setia

cinta yang setia via https://www.runimas.com

Ketika seseorang merasa jenuh, emosi tidak dapat dikendalikan. Oleh karena itu, beberapa orang berpikir mencari pelampiasan kepada lawan jenis lain.

Advertisement

Agar terhindar dari kemungkinan tersebut, lebih baik mencari cara agar beban emosional bisa dikendalikan sehingga tidak stress. Misalnya berolahraga dan memperbanyak pertemuan dengan teman (orang yang banyak).

3. Meningkatkan Hambatan Selingkuh

naik motor berdua

naik motor berdua via https://www.detik.com

Bersama pasangan, tanamkan dalam pikiran dan hati bahwa perselingkuhan itu menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain.

Lalu tanamkan juga dalam pikiran bahwa ketika merasa jenuh dengan pasangan, ada cara selain berselingkuh. Contohnya melakukan sesuatu berdua atau ngobrol dari hati ke hati.

4. Tidak Mencari Pengganti

cinta di kantor

cinta di kantor via https://www.mustafalan.com

Dari sisi kamu, ketika merasa bahwa pasangan sudah tidak menarik lagi, jangan pernah berpikir untuk mencari pengganti dengan berselingkuh.

Buatlah agar pasangan terlihat lebih menarik baik dari segi penampilan, cara berbicara, dan segala hal yang awalnya membuat kamu tidak menyukainya.

5. Perkecil Jurang Pemisah

cinta di senja hari

cinta di senja hari via https://www.abiabiz.com

Liza menjelaskan bahwa kita harus selalu berpikir tidak ada orang yang sempurna. Bagaimanapun, setiap orang memiliki kepribadian dan karakter masing-masing yang unik.

Mencari pengganti bukan solusi mengatasi ketidaksukaan terhadap pasangan. Lebih baik perkecil jarak hubungan, terus dekati dia dengan cara lebih banyak waktu berduaan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya