5 Alasan untuk Tetap Mensyukuri Hidup. Meski Rintangan Hidup Seakan Tidak Ada Habisnya

alasan selalu bersyukur

Syukur sebagai ungkapan terima kasih dalam menjalani hidup, menerima  dengan bahagia atas segala bentuk  kehidupan yang dijalaninya. Semua orang dapat dengan mudah mengucapkan syukur akan tetapi masih banyak orang-orang yang belum memahami dan menerapkan makna syukur dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga seringkali kita terlalu sibuk membandingkan kehidupan orang lain dan lupa dengan kehidupan diri sendiri. Padahal jika bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari semua orang pada dasarnya tidak ada alasan untuk selalu mensyukuri hidup, bahkan di titik rendah pun rasa syukur harus ada dalam kehidupan kita. Berikut ini beberapa alasan mengapa harus bersyukur.

Advertisement

1. Terkadang hidup yang kamu keluhkan bisa jadi itulah yang diinginkan orang lain

Bersyukur dengan melihat orang disekitar kita

Bersyukur dengan melihat orang disekitar kita via http://mojok.xyz

Setiap orang mempunyai jatah bahagia dan jatah sedih sesuai dengan keadaan yang mereka jalani. Tidak sepenuhnya kesedihan yang terjadi dalam dirimu menjadi sebuah penderitaanmu, maka dari itu sangat perlu untuk menengok kanan kiri untuk memahami kehidupan orang di sekitar kita. Bila perlu tengoklah ke bawah agar kamu tahu masih ada yang lebih berat kehidupan yang mereka jalani.

2. Apapun yang terjadi, kehidupan ini adalah anugerah yang Tuhan berikan

Kehidupan ini adalah anugrah

Kehidupan ini adalah anugrah via http://www.pexels.com

Terkadang kamu telah membuat perencanaan dengan matang mempersiapkan segala hal agar terlaksana dengan maksimal. Akan tetapi apakah kamu bisa memastikan segala sesuatu yang direncanakan bisa terlaksana dengan baik? Jawabnya tidak pasti, karena seperti itulah kehidupan ada lika-liku yang harus dilewati dengan senang hati. Jadi tetaplah menjalani kehidupan ini dengan mengikuti alur kehidupan ikhlas dan lapang dada serta selalu berbaik sangka pada Tuhan.

Advertisement

3. Tuhan memberikan apa yang kamu butuhkan bukan apa yang kamu inginkan

Tuhan maha mengetahui apa yang dibutuhkan hambanya

Tuhan maha mengetahui apa yang dibutuhkan hambanya via http://www.pexels.com

Tuhan Maha Mengetahui segala apa yang kamu butuhkan dan inginkan melalui doa yang kamu ucapkan. Oleh karena itu Tere Liye melalui Novel Rindu mengatakan “Allah memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan. Segala sesuatu yang kita anggap buruk, boleh jadi baik untuk kita. Sebaliknya, segala sesuatu yang kita anggap baik, boleh jadi amat buruk bagi kita. Mulailah menerima dengan lapang hati. Karena kita mau menerima atau menolaknya, dia tetap terjadi.

4. Harus percaya, setiap kejadian ada hikmah yang terkadang di luar apa yang kamu bayangkan

Setiap kejadian ada hikmah

Setiap kejadian ada hikmah via https://www.pexels.com

Ada sebuah cerita, ketika seorang pendaki hendak melakukan sebuah pendakian gunung. Waktu itu dalam sebuah perjalanan tiba-tiba motor yang dikendarai mengalami kerusakan ditengah jalan dan mengharuskan untuk pulang lagi ke rumah. Sesampai di rumah tersiar berita bahwa gunung yang akan dia tuju mengalami gempa dan longsor serta terjadi letusan.

Dari cerita tersebut dapat kita pahami bahwa ada hikmah yang tidak disangka sebelumnya, beruntung pendaki tersebut kembali ke rumah dan tidak melanjutkan perjalanan menuju pendakian. Andai saja pendaki tersebut tetap melanjutkan pendakian bisa jadi nyawa mereka tidak selamat. Maka dari itu kita harus yakin kejadian yang kamu alami ada hikmah di balik kejadian itu semua.

Advertisement

5. Dengan bersyukur dapat menjalani hidup dengan bahagia tanpa dibebani prasangka buruk

Menjalani hidup dengan bahagia

Menjalani hidup dengan bahagia via https://www.pexels.com

Setiap orang tercipta dengan hawa nafsu akan urusan duniawi yang dapat menyebabkan iri hati, hasud dan dengki terhadap orang lain sehingga menimbulkan pikiran negatif dengan berprasangka buruk. Tentunya hal yang seperti ini tidak semua orang ingikan karena akan merugikan diri sendiri dalam kehidupan sosialnya. Maka dari itu kunci hidup bahagia dengan bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini. Saat kita masih diberi mata untuk melihat ada pula orang buta yang masih bersyukur karena diberi telinga untuk mendengar.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Alumnus S-1 UIN Sunan Ampel Surabaya Prodi MPI S2 IAIN Kediri Prodi MPI

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE