Amboni Caves Gua Eksotik di Utara Kota Tanga, Tanzania

Tertarik ke sana?

Mendengar kata gua, bagi sebagian orang menakutkan karena minim pencahayaan, terkesan mistis dan dipenuhi hewan liar. Namun bagi lainnya, gua adalah tempat mengasyikan untuk berpetualang di dalamnya.

Advertisement

1. Amboni Caves

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via https://web.facebook.com

Gua Amboni adalah gua yang paling luas di Afrika Timur. Amboni terletak 8 km di utara Kota Tanga di Tanzania di luar jalan Tanga-Mombasa. Gua ini terbentuk sekitar 150 juta tahun yang lalu sejak zaman Jurassic. Areanya seluas 234 km². Keseluruhan gue ini berjumlah sepuluh gua, tetapi hanya satu yang digunakan untuk wisata.

2. Ukuran Gua Amboni

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via https://web.facebook.com

Gua Amboni memiliki panjang yang berukuran 900 meter. Gua Amboni yang terletak di Tanga memiliki makna religius bagi penduduk setempat. Ketika memasuki dalam gua Anda akan menemukan sejumlah penduduk setempat berdoa dan memberikan persembahan di salah satu gua, yang mereka anggap sebagai tempat pemujaan. Tidak diketahui kapan gua itu benar-benar ditemukan tetapi menurut informasi, menunjukkan bahwa kelompok etnis seperti Segeju, Sambaa, Bondei dan Digo yang tinggal di dekat gua menggunakannya untuk sholat.

Advertisement

3. Binatang yang Hidup di Gua Amboni

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via https://web.facebook.com

Aktivitas pada malam hari didominiasi oleh binatang seperti kelelawar. Setiap malam saat matahari terbenam, mereka terbang keluar dari pintu masuk gua.

4. Bentuk Batuan di Gua Amboni

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via https://web.facebook.com

Hal yang menarik dari gua ini adalah bentuk – bentuk batuannya yang terbentuk secara alami menyerupai bentuk sofa, kapal, buaya, gajah, peta Afrika, Patung Liberty, kepala singa jantan, patung Bunda Maria, dan bahkan peta benua Afrika, selain itu ada juga yang menginterpretasikan beberapa bentuk bebatuan yang mirip dengan organ vital wanita.

5. Hal Menarik Tentang Gua Amboni

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi via https://web.facebook.com

Selain diminati oleh para wisatawan asing maupun lokal, Amboni cave juga menarik siswa – siswa untuk berkunjung melihat secara langsung contoh-contoh stalaktit dan stalagmit serta batu-batu yang terbentuk secara alami yang berbentuk unik. Selain itu ada hal yang menarik lainnya tentang Amboni Cave, yaitu cerita tentang lubang yang terdapat di dalam gua yang diyakini terhubung ke sungai bawah tanah yang mengarah ke Mombasa di Kenya. Menurut sebuah cerita, pada tahun 1914 seorang lelaki Eropa yang ditemani anjingnya berjalan ke lubang dan menghilang tanpa jejak kecuali anjing yang ditemukan mati beberapa hari kemudian di Mombasa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Indonesian living in Tanzania

CLOSE