Anak Muda Wajib Tau! Ini Cara Bangun Networking dalam Berkarir

Cara mudah bangun networking dalam berkarir

Dilansir Harvard Business Review, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa jaringan profesional melahirkan lebih banyak peluang pekerjaan dan bisnis, pengetahuan yang lebih luas dan mendalam, peningkatan kapasitas dalam berinovasi, kemajuan yang lebih cepat, bahkan status dan otoritas yang lebih besar. Membangun dan membina hubungan profesional juga meningkatkan kualitas dan kepuasan kerja, lho. Sudah tau kan pentingnya bangun networking sejak muda untuk nunjang karir kamu?

Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mulai membangun networking.

Advertisement

1. Asah kemampuan komunikasi

Photo by mentatdgt via shutterstock

Photo by mentatdgt via shutterstock via http://shutterstock.com

Coba deh, mulai sekarang kembangkan kemampuan komunikasi interpersonal kamu. Mulai aja dari lingkup yang terdekat. Pahami lawan bicara kamu, kamu harus tahu dengan siapa kamu bicara karena berkaitan dengan penggunaan bahasa, pembahasan, sampai gestur tubuh. Kalau kamu sudah percaya diri dengan kemampuanmu berkomunikasi, kamu bisa lebih mudah menemukan networking baru di berbagai kesempatan.

2. Identifikasi minat dan potensi diri

Photo by Black Salmon via shutterstock

Photo by Black Salmon via shutterstock via http://shutterstock.com

Yang gak kalah penting, kamu juga harus memahami apa tujuan, potensi, dan minat yang kamu punya. Hal ini dimaksudkan agar networking yang kamu bangun bisa sejalan dengan tujuan karir kamu nantinya.

Advertisement

Misalnya nih, kamu mengidentifikasi minat dan bakatmu ada di bidang desain, tentunya kamu akan fokus membangun jaringan lewat komunitas, maupun para ahli desain berpengalaman. Dengan mengetahui minat dan potensi yang kamu punya, juga memudahkanmu mengembangkan skill di bidang tersebut nantinya.

3. Berusaha untuk saling menguntungkan

Photo by Tzido Sun via shutterstock

Photo by Tzido Sun via shutterstock via http://shutterstock.com

Gak sedikit orang yang ketika membangun networking, mereka hanya berpikir “apa untungnya buat saya?” Membangun jaringan dengan pola pikir seperti itu sebenarnya nggak sepenuhnya salah, tapi bukanlah hal yang baik untuk dilakukan dalam jangka panjang.

Bersedialah untuk membantu orang-orang yang sudah terhubung dengan kamu, berikan tawaran/kesempatan yang dapat menguntungkan mereka. Saat tujuanmu sudah tercapai, jangan tinggalkan kontaknya begitu saja, tetaplah terhubung atau sekedar berbagi pengalaman dan informasi yang kamu tau.

4. Berikan first impression yang baik

Photo by chainarong06 via shutterstock

Photo by chainarong06 via shutterstock via http://shutterstock.com

First impression terbentuk dari bagaimana kamu berkenalan dengan orang baru. Tahap ini bisa dibilang sangat krusial lho, karena bisa menentukan bagaimana orang lain menilai dan merespon kamu.

Jadi, berusahalah memperkenalkan diri dan tunjukan nilai positif yang ada pada dirimu. Bisa dalam bentuk cara bicara, gestur tubuh, kemampuan komunikasi, sampai wawasan akan perkembangan informasi.

5. Memanfaatkan jaringan online

Photo by Sushiman via shutterstock

Photo by Sushiman via shutterstock via http://shutterstock.com

Media sosial siapa sangka bisa jadi salah satu tempat untuk mulai membangun networking? Lewat media sosial kamu bisa menemukan lebih banyak kenalan karena sifatnya yang tak terbatas.

Karena itu, coba deh untuk lebih bijak dan manfaatkan media sosial sebagai bagian dari personal branding kamu. Dari situ kamu akan mudah dikenal oleh banyak orang, bahkan tokoh profesional yang bisa berperan sebagai mentor maupun inspirator. Temukan informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE