Jadi anak SMK memang menyenangkan. Selain karena mata pelajaran yang sudah menjurus ke profesi, anak SMK nggak perlu lagi ribut tentang mata pelajaran yang nggak sesuai dengan pilihan jurusan.

Anak SMK juga terkenal dengan kemandirian dan kemampuan problem solving yang tinggi. Nggak ada tuh, yang ngerengek belum diajari saat ujian atau kurikulum yang nggak sesuai. Ketika dihadapkan pada persoalan teknik, anak SMK akan mencari tahu masalah dan jalan keluarnya.

Selain bisa kerja, setelah lulus anak SMK juga bisa kok, melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan. Nah masalah mulai muncul ketika dihadapkan dengan seleksi masuk kuliah. Anak SMK yang pada dasarnya diajarkan mata pelajaran yang sesuai dengan kejuruan yang diambilnya, harus melalui berbagai seleksi dengan subjek mata pelajaran yang dipelajari di SMA.

Bingung, frustasi dan merasa tidak adil pasti pernah dirasakan mereka yang berjuang menembus ketatnya jalur seleksi. Jika kamu salah satunya, jangan patah semangat dulu. Masih ada harapan kok, jika kamu mau berjuang.

Nah salah satu jalannya adalah dengan belajar mandiri. Anak SMK dengan segudang ujian dan mata pelajaran mungkin akan malas jika harus disuruh belajar lewat bimbel. Tapi kini dengan perkembangan teknologi, anak SMK juga bisa belajar langsung dari rumah dengan situs belajar online berikut ini

1. Zenius Education

Layanan bimbel Zenius ini awalnya hanya menyediakan video pembelajaran. Kini Zenius pun beralih ke platform online agar bisa menjangkau lebih banyak pengguna. Kamu yang ingin belajar mandiri tanpa terbatas waktu bisa lho, mencoba platform kece ini.

Selain video, Zenius juga menawarkan pembahsan soal-soal Ujian Nasional dan SBMPTN. Satu lagi, blog-nya Zenius ini juga kece badai, di situ kamu bakal disuguhi berbagai macam artikel yang bsia mengubah cara berpikir dan belajarmu.

2. Quipper Video

Quipper Video via https://video.quipper.com

Advertisement

Pasti sudah tahu dong, sama platform satu ini? Di Quipper kamu bisa mendapatkan berbagai macam video pembelajaran edukatif yang bisa jadi referensi belajar. Nah, kamu yang lebih nyaman dengan cara belajar audio visual pasti betah deh, belajar sama situs ini.

3. Epsilon Phi Education Platform

Epsilon Phi Education Platform via https://epsilonphi.id

Pengen ngetes kemampuanmu? Cobain deh try out online-nya Epsilon Phi. Selain belajar buat seleksi masuk kampus, kamu juga harus mengetahui kemapuan diri sendiri. Di situs ini kamu nggak hanya bisa mengikuti try out yang khusus menyediakan soal SBMPTN aja, kamu juga bisa belajar melalui video pembahasan dari soal try out yang sudah dikerjakan dan soal SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya. Asyik kan?

4. Yuk Belajar

Yuk Belajar via https://yuk-belajar.com

Berbeda dengan situs belajar online sebelumnya, Yuk Belajar khusus menyediakan soal-soal dan try out dan berbagai macam tes lainnya. Kumpulan soalnya juga lengkap, mulai dari SD, SMP hingga tes masuk institusi. Gimana? Asyik kan, buat latihan soal?

5. Ruangguru

Ruangguru via https://ruangguru.com

Advertisement

Nah situs ini pas banget buat kamu yang pengen belajar secara mandiri dan juga online. Soalnya nih, Ruangguru memiliki fitur pembelajaran online dengan tutor yang langsung siap menjawab pertanyaanmu. Nah jika menurutmu masih kurang, situs ini juga menyediakan diskusi lewat grup chat online. Belajar pun bisa senang dan nyaman

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya