Let's Check #AyoKeUK

Siapa traveler yang tidak tahu dengan film Harry Potter? Buat kamu penggemar Harry Potter wajib untuk mengunjungi lokasi syutingnya di 6 tempat di Inggris ini. Penggemar bisa napak tilas sekaligus liburan atau membeli souvenir serba-serbi Harry Potter.

6 Tempat ini tersebar di seantero Inggris, dari mulai platform 9 3/4 yang sangat mendunia, hingga Ashridge Wood yang asyik untuk jalan-jalan, inilah 6 tempat di Inggris yang jadi lokasi syuting film Harry Potter.

1. King's Cross Station, London

King's Cross Station, London

King's Cross Station, London via https://www.google.co.id

Destinasi pertama yang bisa traveler tuju, tentu saja Platform 9 3/4 yang sudah dikunjungi oleh ribuan penggemar Harry Potter dari seluruh dunia. Padahal destinasi ini hanya berupa separuh troli, yang seakan menembus dinding stasiun St. King's Cross. Meski hanya berupa troli, kisah di baliknya lah yang membuat destinasi ini begitu populer.

Dari platform ini, Harry Potter bersama kawan-kawannya menembus dinding untuk bisa bersekolah di Sekolah Sihir Hogwarts. Stasiun King's Cross terletak tepi utara di tengah Kota London, Inggris. Untuk berfoto di depan Platform 9 3/4 ini, traveler tidak dikenakan biaya apapun. Stasiun yang dibangun tahun 1852 ini, tak boleh terlewat saat berkunjung ke Inggris.

2. Claremont Square, Islington

Claremont Square

Claremont Square via https://www.geograph.org.uk

Advertisement

Selanjutnya, ada Claremont Square yang muncul di Film Harry Potter seri ketujuh, The Deadly Hallows Part 1. Claremont Square menjadi lokasi yang menggambarkan Grimmauld Place, kediaman keluarga Sirius Black yang dijadikan markas Order of The Phoenix. Bangunan rumah Sirius Black sendiri bernomor 12.

Aslinya, Claremont Square dibangun sejak abad ke-18. Bentuk rumahnya yang agak aneh dan misterius, menjadi inspirasi yang cocok untuk Grimmauld Place. Claremont Square terletak di jalan Pentonville, Kota London Borough of Islington. Stasiun kereta bawah tanah terdekat adalah Stasiun Angel, cukup berjalan kaki 5 menit dan tidak ada biaya yang ditetapkan untuk berkunjung ke sini.

3. Leadenhall Market

Leadenhall Market

Leadenhall Market via https://www.pexels.com

Beranjak ke destinasi berikutnya ada Leadenhall Market. Inilah destinasi yang menggambarkan Diagon Alley dan The Leaky Cauldron. Bagi penggemar Harry Potter pasti tahu dengan tempat ini, inilah kompleks pertokoan di mana penyihir bisa berbelanja aneka kebutuhan sihir mereka, dari mulai tongkat sihir dan yang lainnya.

Advertisement

Nah, Diagon Alley ini letaknya tersembunyi dari dunia Muggle di balik bar kecil bernama The Leaky Cauldron. Di dunia nyata, lokasi tersebut diambil Leadenhall Market. Pasar bergaya Victorian ini memang sangat indah. Pasar ini berlokasi di Jalan Gracechurch, atau bisa juga diakses dari Jalan Whittington di pusat Kota London. Dibangun pada tahun 1881, Pasar Leadenhall jadi salah satu pasar tertua nan bersejarah di Inggris. Traveler tidak akan dikenakan biaya saat berkunjung ke sini.

4. Goathland Train Station, North Yorkshire

Goathland Train Station

Goathland Train Station via https://google.com

Melangkah ke tempat berikutnya, yaitu stasiun kereta lagi tetapi kali ini begitu terkenal. Ada stasiun kereta Goathland yang menjadi latar stasiun kereta Hogsmeade, stasiun kereta bagi siswa-siswi Hogwarts, termasuk Harry Potter dan teman-temannya. Stasiun cantik yang dikelola perusahaan jawatan kereta api North Yorkshire Moors ini bisa ditempuh dengan menggunakan kereta maupun mobil.

Lokasinya berada di pedesaan Goathland, Taman Nasional North York Moors, Kota North Yorkshire, Inggris. Tidak ada biaya khusus untuk masuk ke dalam stasiun ini. Berfoto sambil bergaya seperti anak Hogwarts bisa juga lho dilakukan di sini traveler!

5. Gloucester Cathedral, Glouchester

Gloucester Cathedral

Gloucester Cathedral via https://google.com

Destinasi berikutnya adalah Katedral Gloucester yang berada tak jauh dari Kota Birmingham, cukup berkendara sekitar 1 jam saja. Lokasi tepatnya ada di Jalan College Green No 12, Kota Gloucester, Inggris. Katedral yang dibangun sejak abad ke 13 ini sangat cantik, sehingga dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting yang menggambarkan keindahan interior Sekolah Sihir Hogwarts.

Katedral ini muncul di berbagai seri Film Harry Potter, dari mulai The Philosopher's Stone, The Chamber of Secrets sampai The Half Blood Prince. Tidak ada biaya yang diminta saat traveler berkunjung ke katedral ini, alias gratis.

6. Ashridge Wood, Berkshire

Ashridge Wood

Ashridge Wood via https://google.com

Terakhir, ada Ashridge Wood yang bisa traveler kunjungi. Inilah hutan yang menggambarkan lokasi tempat diselenggarakannya Piala Dunia Quidditch. Quidditch merupakan jenis olahraga yang sangat populer bagi kalangan penyihir, Harry Potter sampai Draco Malfoy pun memainkannya. Ashridge Wood ini membentang di antara 2 kota kecil, yaitu Beedon dan Compton yang terletak di Distrik Berkshire Barat, Kota Berkshire, Inggris.

Di Ashridge Wood, traveler bisa trekking sambil menikmati suasana asri khas hutan-hutan di Inggris. Tidak ada tiket masuk untuk berwisata ke hutan ini, alias gratis. Asyik bukan?

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya