Asin dan Gurih, Ini 6 Rekomendasi Kuliner Selera Jawa Timur di Jogja

Kuliner Ala Jatim di Jogja, Nih!

Makanan Jogja memang didominasi rasa manis yang legit. Berbeda dengan daerah Jawa Timur yang memiliki rasa asin, gurih dan cenderung pedas. Bagi mahasiswa perantau di Jogja, awalnya pasti kaget menemui makanan Jogja yang manis. Namun, bukan berarti tidak ada kuliner khas Jawa Timur yang sedap di Jogja.

Buat kamu perantau dari Jawa Timur atau sekadar rindu dengan masakan Jawa Timur, yuk, simak 6 rekomendasi kuliner selera Jawa Timur di Jogja!

Advertisement

1. Tahu Tek-Tek 45 Khas Surabaya

Photo by @tahutekteksuroboyo45 on Instagram

Photo by @tahutekteksuroboyo45 on Instagram via https://www.instagram.com

Bagi kamu yang rindu makan tahu tek, bisa datang ke Tahu Tek-Tek 45 Khas Surabaya. Kuliner yang satu ini menyajikan tahu tek-tek dengan balutan bumbu petis yang enak dan otentik. Rasanya pun terbilang sama dengan rasa tahu tek di Surabaya. Selain menu tersebut, ada menu tahu telur dan rujak cingur yang tak kalah enaknya. Oh ya, penjualnya pun asli Surabaya, lho!

Tahu Tek-Tek 45 Khas Surabaya menempati daerah Denokan, Maguwoharjo dan buka dari pukul 10.00 hingga 22.00.

Advertisement

2. Sate Ayam Cak Amat

Photo by @mahasiswakulineran on Instagram

Photo by @mahasiswakulineran on Instagram via https://www.instagram.com

Kuliner Jawa Timur tidak lengkap jika belum ada sate Madura, bukan? Salah satu kuliner legendaris yang selalu ramai pengunjung, Sate Ayam Cak Amat menyuguhkan sate ayam dengan bumbu kacang ala Madura yang lezat, lengkap dengan irisan bawang dan cabai. Selain sate ayam yang berisikan daging semua, kamu bisa memilih sate campur yang terdiri dari sate ati, telur ataupun brutu.

Sate Ayam Cak Amat terletak di Jalan Hadidarsono, Kotabaru, Gondokusuman dan buka dari pukul 17.00 hingga 00.00

3. Sate Ratu

Advertisement
Photo by @sateratu on Instagram

Photo by @sateratu on Instagram via https://www.instagram.com

Restoran yang sedang naik daun, Sate Ratu memiliki inovasi berbeda terhadap menu sate. Sate Ratu menyajikan Sate Ayam Merah yang memiliki cita rasa gurih dan pedas seperti selera Jawa Timur. Berbeda dengan sate ayam lain, Sate Ayam Merah tidak menggunakan bumbu kacang, melainkan bumbu merah yang meresap ke dagingnya. Selain Sate Ayam Merah, ada menu Ceker Tugel, yakni ceker yang dimasak dengan bumbu dan kuah pedas yang lezat.

Sate Ratu terletak di Jalan Sidomukti, Tiyasan, Condongcatur, Sleman. Sate Ratu melayani dari pukul 11.00 hingga 21.00.

4. Warung Mbah Mangun

Photo by @warungmbahmangun on Instagram

Photo by @warungmbahmangun on Instagram via https://www.instagram.com

Warung Mbah Mangun atau Warung Rujak Cingur ini merupakan salah satu rumah makan yang sudah berdiri sejak lama. Yang membuat warung makan ini istimewa adalah menu rujak cingur. Isi rujak cingurnya pun terbilang lengkap, mulai dari sayur, buah, hingga cingur yang disiram dengan bumbu petis. Rasa petisnya yang asli dan kental menambah lezat masakan Warung Mbah Mangun.

Warung Mbah Mangun bisa dicari di Google Maps dengan nama Warung Rujak Cingur yang terletak di Jalan Bung Tarjo, Baciro, Gondokusuman. Warung ini buka dari pukul 10.00 hingga 16.00.

5. Sego Sambel Surabaya Iwak Pe

Photo by @segosambelsurabayaiwakpetamsis on Instagram

Photo by @segosambelsurabayaiwakpetamsis on Instagram via https://www.instagram.com

Kuliner yang satu ini sempat viral di mana-mana. Bagi yang doyan kuliner pedas, Sego Sambel Surabaya Iwak Pe ini cocok untukmu. Sesuai namanya, kuliner ini menyuguhkan nasi dengan lauk iwak pe atau ikan asap yang lezat, kemudian diguyur dengan sambel yang segar dan tentunya pedas. Selain lauk iwak pe, kuliner ini juga menyajikan aneka lauk seperti telur hingga ayam goreng.

Sego Sambel Surabaya Iwak Pe terletak di Gunungketur, Pakualaman dan buka dari pukul 12.00 hingga 22.00.

6. Nasi Pecel Bu Dwi Asli Madiun

Photo by @nasipecelbudwi on Instagram

Photo by @nasipecelbudwi on Instagram via https://www.instagram.com

Mengingat daerah Madiun pasti terbesit kuliner pecel. Di Jogja, kamu bisa menemukan kuliner ini di Nasi Pecel Bu Dwi Asli Madiun. Di sini, kamu bisa menikmati menu nasi pecel yang dipadukan dengan bumbu pecel yang asin dan gurih. Untuk lauknya cukup beragam, kamu bisa memilih antara telur, tahu, tempe, paru hingga ayam goreng.

Nasi Pecel Bu Dwi Asli Madiun memiliki banyak cabang di Jogja, namun pusatnya terletak di Jalan Gajah Mada No.15, Purwokinanti, Pakualaman, dan buka dari pukul 06.00 hingga 16.00

Dari keenam kuliner khas Jawa Timur, kuliner mana yang paling ingin kamu coba, nih? Jangan lupa share ke teman-temanmu juga, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Chemistry graduated, content writer freelance

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE