Meningkatnya pertumbuhan penduduk, tentunya menjadikan makin banyaknya hunian yang terbangun. Lahan terbuka makin sedikit karena kebutuhan akan papan juga bertambah. Hal ini tentu menyebabkan semakin banyak orang makin terisolasi dari alam. Adanya keinginan untuk mengubah pola tersebut, berbagai desainer interior mulai mengambil langkah untuk mendesain alam di dalam rumah. Salah satu idenya adalah dengan menambahkan dinding lumut pada dinding dalam ruangan. Padahal, selama ini lumut menjadi sesuatu yang terkesan tidak menarik pada rumah. Apalagi jika lumut tumbuh bersamaan dengan jamur. Akan tetapi hal ini berbeda.

Tentunya dinding lumut ini termasuk khas karena memang didesain khusus untuk mempercantik ruangan. Pemasangannya bisa terhitung mahal, namun desainnya yang cantik dan perawatannya yang mudah akan memberikan kecantikan alami di rumahmu. Selama dirimu dapat menjaga kelembaban ruangan dan menjauhkannya dari sinar matahari, kamu tidak perlu repot menyirami dinding lumut ini. Ini dia beberapa contoh dinding lumut yang memberikan kesegaran dalam rumahmu.

1. Dinding Lumut di Kamar Mandi

lumut pada dinding kamar mandi via https://www.boredpanda.com

Kamar mandi salah satu tempat yang mudah untuk merawat dinding lumut ini. Hal ini dikarenakan karena kamar mandi sendiri juga cukup lembab. Tentunya dinding lumut memberikan kesegaran ketika kita berendam di bathub. Bentukan lumut pun di tata secara unik sehingga menjadikannya lebih nyaman dipandang.

2. Dinding Lumut pada Restoran

Lumut di dinding eksterior via http://www.flodeau.com

Tentunya tidak sekedar sebuah lumut, dinding tersebut ditata dengan unik pada berbagai jenis lumut dan juga warnanya. Dengan membentuk pola tertentu akan membuat dinding lebih nyaman dipandang dan juga memiliki nilai estetika yang berbeda dari sekedar dinding lumut biasa. Keunikan lainnya di dinding tersebut pun digantung sebuah sepeda tua yang memberikan kesan dinding tampak seperti sebuah taman berumput. Unik dan juga spesial.

3. Dinding Lumut di Tangga

Panel Dinding Lumut via http://pflanzenwand.stylegreen.de

Advertisement

Area yang menjadi sirkulasi antara ruang bawah dan atas pun bisa menjadi dekorasi yang menarik. Ketika menaiki atau pun menuruni tangga, kesegaran akan terasa sehingga tidak terasa monoton. Ditambah lagi setiap sisi dinding memiliki bentuk yang beragam dari tekstur dan warnanya.

4. Dinding Lumut di Partisi

Partisi Lumut via https://www.facebook.com

Untuk kamar tidur, dinding partisi yang berada di tengah ruangan bisa menjadi keunikan tersendiri. Bentuknya yang menarik ditambah dengan dekorasi lumut menjadikan ruangan serba putih ini lebih berwarna. Tentunya kekontrasan ini membuat kamar memiliki titik fokus dengan adanya hehijauan di dalamnya.

5. Dinding Lumut di Dapur

Lumut di Dapur via https://www.boredpanda.com

Dinding lumut pada dapur, seperti tampak di atas ini memberikan aksen yang tidak biasa. Letaknya yang mengambil sebagian dinding dan dipasang secara horizontal memberikan kesan unik pada dapur. Lumut sendiri juga diketahui baik untuk kesehatan jika dijadikan santapan. Namun bukan sembarang lumut, terdapat beberapa jenis lumut yang baik bagi tubuh seperti Marchantia polymorpha dan Cratoneuron filicinum. Jadi, jangan asal makan tumbuhan lumut, ya!

6. Dinding Lumut Sebagai Dekorasi Vertikal

Dekorasi Lumut via https://id.pinterest.com

Advertisement

Keunikan lainnya terlihat pada salah satu sisi interior pada bangunan ini. Lumut yang diletakkan pada wadah berbentuk kotak dan bulat dijadikan sebagai partisi pembatas dan juga taman vertikal di dalam ruangan. Selain mempercantik ruangan, tentunya spot ini pun terasa lebih alami

7. Dinding lumut di Ruang Yoga

Dinding Lumut di Ruang Yoga via http://www.brightgreen.co.uk

Lumut menjadi salah satu media relaksasi di ruangan ini. Selain menenangkan pikiran, lumut juga menjadi sebuah media penyegaran karena warna alamnya yang hijau. Tidak hanya lumut saja, perpaduan unik dengan batang pepohonan pun menjadi hal menarik di dalam ruangan ini.

8. Dinding Lumut di Ruang Kerja

Partisi Ruang Kerja via https://www.homepolish.com

Jika kantormu terasa membosankan dan terlalu flat, menambahkan dinding lumut sebagai fitur alam akan menambahkan semangat kerja. Suasana di dalam kantor terkadang memang membuat sumpek. Namun dengan adanya dekorasi alam, akan membuat ruangan terasa fresh dan ide-ide brilian pun dapat diterapkan dengan baik. Hal ini dikarenakan suasana alam akan meningkatkan daya kreatifitas seseorang.

9. Dinding lumut Sebagai Taman Vertikal

Taman Vertikal Lumut via https://id.pinterest.com

Penerapan dinding lumut satu ini cukup menarik. Lumut tidak digabung antara satu jenis dengan yang lainnya. Tentu saja tidak hanya sebagai penghias namun juga menjadi media belajar mengenai lumut. Keberagaman lumut ini membuat ruangan jadi terasa khas dan menarik.

10. Pajangan Dinding Lumut

Untuk hiasan satu ini sangat unik dan juga berbeda dari yang sebelumnya. Tidak hanya lumut, namun juga dikombinasikan dengan elemen alam lainnya seperti ranting dan juga kaktus. Penataan yang baik pada pajangan juga memberikan tampilan yang cantik pada ruangan.

Jadi bagaimana pendapat kalian tentang tanaman lumut ini?

sumber: www.furnizing.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya