Kenali Nai Mong Hoi Tod, Oyster Omelette Thailand Lengkap dengan Resep

Omelette atau dikenal dengan telur dadar adalah makanan yang sudah banyak digandrungi orang-orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Tidak hanya dijadikan sebagai pendamping nasi, omelette kerap kali dimakan sebagai cemilan. Namun, bagaimana jika cemilan omelette dicampur dengan oyster alias tiram? Oyster Omelette Thailand merupakan salah satu jenis omelette yang dipadukan dengan gurihnya tiram. Di Thailand, cemilan satu ini terkenal dengan nama Nai Mong Hoi Tod. Nah, yuk, kita kenali Nai Mong Hoi Tod lebih dalam!

Advertisement

1. Fakta sejarah masuknya oyster omelette di Thailand

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://pin.it

Meskipun namanya oyster omelette Thailand, ternyata omelette jenis ini dibawa oleh masyarakat Tiongkok masuk ke negara Thailand dengan bentuk omelette. Tambahan oyster/tiram di dalam omelette adalah kreasi yang disesuaikan dengan selera orang Thailand, lalu diberi nama Nai Mong Hoi Tod atau Hoi Tod khas Thailand, telur dadar yang diberi campuran oyster dan bahan-bahan pendukung lainnya, seperti sayuran tauge juga saus sambal.

2. Hoi Tod dengan tambahan sayuran

Klaus Nielsen on Pexels

Klaus Nielsen on Pexels via https://www.pexels.com

Hoi tod paling nikmat jika dimakan dengan sayuran. Sebenarnya sayuran apa saja bisa ditambahkan pada hoi tod, tetapi kamu mesti coba sayuran tauge yang sudah direbus sejenak.

Advertisement

3. Lebih nikmat jika diberi saus sambal dan toping tambahan

Photo by Engin Akyurt on Pexels

Photo by Engin Akyurt on Pexels via https://www.pexels.com

Rasanya kurang lengkap makan omelette tanpa saus sambal. Saus sambal jenis apa saja cocok untuk omelette, bisa buat sendiri atau beli saus sambal kemasan. Selain itu, kamu bisa beri tambahan toping sesuai selera, seperti udang atau cumi. Jangan lupa juga beri taburan potongan daun bawang. Dijamin rasanya akan lebih nikmat.

4. Resep Oyster Omelette Thailand

Photo by cottonbro

Photo by cottonbro via https://www.pexels.com

Bahan:

Advertisement

Oyster segar 150 gram, telur 4 butir, bawang bombai dipotong tipis-tipis, tepung tapioka 2 sdm yang dilarutkan dalam 50 ml air, lada bubuk 1 sdt, kaldu bubuk 1 sdt, minyak sayur 1 sdm, garam secukupnya, daun bawang, tauge yang sudah direbus / sayuran lain sesuai selera, udang dan cumi iris (opsional toping).

Cara membuat:

  1. Tumis oyster menggunakan minyak hingga tingkat kematangan yang diinginkan
  2. Selanjutnya, kocok lepas telur yang telah diberi irisan bawang bombai, larutan maizena, lada, kaldu dan garam lalu masukkan ke dalam oyster yang sudah matang.
  3. Jika sudah matang, bisa ditiriskan lalu disajikan dengan taburan topping dan daun bawang. Lengkapi dengan tauge rebus dan saus sambal.

Resepnya sangat mudah, kan? Kamu bisa mencoba masak Hoi Tod khas Thailand ini di rumah.

5. Tips memilih oyster segar

Photo by Elle Hughes on Pexels

Photo by Elle Hughes on Pexels via https://www.pexels.com

Ketika hendak membeli oyster segar di pasaran, kamu bisa memilih oyster yang baru dan masih berada dalam cangkangnya. Oyster yang sudah lama biasanya telah dikeluarkan dari cangkangnya.

Mudah, kan? Jangan lupa dipraktekkan, yah. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah seorang freelance writer. Mencari kesempatan belajar menulis di mana saja.

CLOSE