Seorang wartawan senior pernah berkata pada saya, “Hari ini kita sedang menghdapi pembaca di era milenial, semuanya ingin serba digital, cepat, instan dan mudah. Jadi kita pun jangan sampai gagap pada era ini.” Pernyataan tersebut hampir benar, susah ‘tuk disanggah. Iya kan?

Era pembaca ‘milenial’ ini sejalan dengan banyaknya informasi ‘seliweran’ yang sifatnya online, serta terkadang dijadikan sumber informasi utama. Atau bahkan dijadikan referensi dan pembentukan opini. Kemudahan akses informasi di internet juga dibantu oleh gawai pintar dan tentunya media sosial yang menjadi alat viral satu informasi yang dianggap penting. Sehingga bisa menyebar cepat kepada masyarakat luas.

Namun, informasi dari ranah internet perlu kita pahami semuanya belum tentu benar dan ‘bervitamin’. Dalam artian kedalaman sebuah informasi sangat jarang didapat, karena karakteristik media online yang lebih menyenangi sedikit teks tapi banyak pada visual.

Maka dari itu, sumber bacaan bergizi lagi bervitamin haruslah kamu ketahui untuk bisa dibaca di layar gawai atau PC kamu. Selain mudah diakses, tentu akan menjadi referensi dan membuatmu semakin matang dalam berpikir juga mempunyai wawasan yang bertambah.

Nih, kali ini Hipwee bakal kasih lima website dari berbagai ‘genre’ bervitamin, padat, dalam dan tentunya akan menambah sumber informasi buat kamu yang gila baca. Agar gawai pintarmu membuatmu jadi tambah pintar!

1. Suka Sepakbola? Bosen Sama Berita Sepakbola yang gitu-gitu aja? Buka Deh Panditfootball.com, dijamin pengetahuan Sepakbolamu jadi bertambah!

Pandit Football via http://panditfootball.com

Berdiri sejak tahun 2011, Pandit Football adalah website yang berisikan tentang berita, analisis, statistik, sains juga cerita lain pada sepakbola.

Kamu di sini bakal mendapatkan informasi sepakbola yang berbeda, karena tulisan-tulisan di Pandit Football selain mendalam juga sering membawamu pada dimensi lain yang ternyata juga ada kaitannya tentang sepakbola.

Pandit Football pun merupakan kanal online informasi ‘mandiri’ mengenai genre penulisan sepakbola. Penasaran? Tinggal kalian jangkau di sini >> http://panditfootball.com/

2. Surnalisme.com adalah setiap jawaban dari kamu yang suka sama musik, banyak tulisan-tulisan segar nan alternatif dari media online musik yang satu ini

Advertisement

Dibesut oleh anak-anak Bandung, Surnalisme hadir sebagai media musik alternatif yang menghadirkan tulisan mendalam juga segar. Banyak review band atau berita mengenai musik di Indonesia pun dunia.

Di sini pun kamu akan tahu, bahwa musik bukan hanya menyanyi. Tapi sejarah, budaya, ekonomi dan lain-lain juga ternyata menjadi bagian dari musik lho.

Jika penasaran langsung aja berkunjung >> http://www.surnalisme.com/

3. Tulisan Nakal nan segar tapi masuk akal serta jenaka akan kamu dapatkan di Mojok.co

Mojok via http://mojok.co

Jika kamu memang merasa bosan dengan pemberitaan biasa aja pada suatu peristiwa, Mojok akan memberikan analisis pada suatu peristiwa yang biasanya menghibur dan segar!

Mereka menamakan diri sebagai ‘Media Selow’, karena memang isinya nyantei banget. Sudut pandang lain mengenai suatu peristiwa, juga dibumbui dengan fakta yang relevan dijamin bikin wawasanmu bertambah.

Tinggal main ke >> http://mojok.co/

4. Bisnimu akan berkembang di ranah online, jika kamu mempelajari ilmu dari PandunIM.com

PanduanIM via http://panduanim.com

Punya bisnis tapi gitu-gitu aja? Nah, berarti kamu wajib baca PanduanIM! PanduanIM sendiri adalah website yang menyediakan panduan lengkap di ranah internet marketing serta bisnis online, buat kamu yang masih pemula atau yang udah senior.

Sejumlah trik untuk meningkatkan penjualan atau sekedar untuk masuk halaman pertama di Google dibahas oleh PanduanIM. Menarik bukan?

Meskipun terbilang jarang menerbitkan tulisan, tapi sekali mengudarakan tulisan, isinya padat dalem dan biasanya disertai dengan studi kasus. Artinya tips yang diberikan PanduanIM memang sebelumnya pernah dicoba.

Yuk ah berkunjung agar pintar berbisnis online, tinggal klik tautan ini >> http://panduanim.com/

5. Tulisan segar, sangat dekat dengan kehidupanmu, bermanfaat dan tentunya menghibur hanya akan kamu dapatkan di Hipwee!

konten menarik akan kamu dapatkan di internet dengan mudah. Tapi yang konsisten itu jarang, iya gak? Nah, Hipwee sangat bisa memanjakan kamu sebagai pembaca. Tema populer yang sangat dekat dengan kehidupanmu menjadi ciri khas yang melekat, selain itu potensi viral di media sosialnya juga tinggi.

Tema sehari-hari dengan beberapa rubrik seperti Hiburan, Hubungan, Motivasi, Sukses dan lain sebagainya akan kamu dapatin. Tulisanya pun berformat listing dan dikuatkan oleh foto-foto yang enak dipandang.

Beruntung deh, kamu sekarang lagi baca Hipwee hahaha. Linknya pun enggak usah dikasih tahu, udah hapal bener kan? 🙂

***

Lima website di atas tentu memiliki keterbatasan, karena tiada yang sempurna di muka bumi ini. Tapi setidaknya bisa dijadikan referensi bagi kamu yang gila baca juga gawai addict.

Bukan berarti website lain enggak bagus ya, tapi lima di atas adalah sekian banyak website yang bisa bikin kamu pintar, jadi jangan gawai kamu aja yang pintar. Dan tentunya menggenapkan kegilaanmu dalam membaca 🙂