Mendengar kata surga, terlintas dalam bayangan saya ialah tempat yang dipenuhi hamparan rerumputan dan pepohonan yang rindang. Sesekali juga terlintas bayangan surga yang memiliki sungai dengan aliran air sebening kaca dan dilewati para domba yang mengikuti sang pengembara.

Berbicara tentang UK (United Kingdom), sebuah negara yang terkenal dengan Big ben Tower yang berdiri di tengah hiruk pikuk Kota London. Di balik keramaian Kota London, cobalah untuk merasakan kenikmatan atmosfir segar perkampungan yang dapat kita sebut sebagai surga dunianya UK.

1. Bibury, Gloucestershire, Inggris

Jika ingin merasakan hidup bak negeri dongeng, datanglah ke Desa Bibury yang hanya berjarak 2,5 jam dari Kota London. Desa mungil ini mampu memanjakan para wisatawan dengan pemandangan rumah-rumah berdinding batu mengikuti gaya arsitektur tradisional khas Bibury. Ditambah dengan pesona sungai Coln yang membelah Desa Bibury menjadi 2 bagian dan tentunya memiliki aliran air yang sangat jernih. Sungai ini.

Arlington Row menjadi daya tarik andalan para wisatawan yang menyambangi Bibury. Ia berupa deretan 17 cottage berdinding batu khas Bibury yang menghadap Sungai Coln. Bibury pun sangat bersahabat dengan wisatawan karena ia menyediakan banyak cottage berdinding batu yang sangat lekat dengan ciri khas Desa Bibury. Jika kamu beruntung, musim semilah waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Desa Bibury. Hamparan bunga warna-warni bermekaran di setiap pekarangan. Sangat menarik bukan?

2. Portmeirion, Gwynedd, Wales

Desa Portmeirion

Desa Portmeirion via https://www.loveexploring.com

Advertisement

Seorang arsitek yang cukup gila bernama Sir Clough Williams – Ellis menghabiskan hidup selama 50 tahun untuk membangun sebuah desa buatan yang disebut dengan Desa Portmeirion. Ia menciptakan elektik yang luar biasa dengan merancang bangunan bernuansa gabungan Jacobean, Gothic, Norwegian dan Regency.

Ditambah dengan perpaduan unik gaya atap dan dinding bangunan-bangunan khas pesisir mediterania, yakni merah muda, hijau dan terakota.Uniknya, William – Ellis mengambil sisa-sisa gedung yang dihancurkan pasca Perang Dunia I dan II sebagai material bangunan rancangannya. Bahkan iapun mampu mengubah sebuah puri tua bergaya Victorian bernama Castell Deudraeth menjadi sebuah apartemen megah yang dapat disewa oleh satu keluarga. Kecantikan Pegunungan Snowdonia yang dipuja sebagai puncak terindah di daratan Britain inipun dapat dinikmati di setiap gedung-gedung Portmeirion.

Portmeirion tidak lagi menjadi rumah penduduk, ia disulap William – Elis menjadi kawasan resort mewah yang dirancang secara apik dan unik bagi para wisatawannya. Iapun menerapkan sistem tanda masuk berbayar yang besarannya beragam, tergantung jumlah hari kunjungan. Bahkan pengelolapun berani menaikkan harga tiket masuk kala hari itu penuh pengunjung. Upaya ini dilakukan untuk membatasi jumlah wisatawan, sehingga Portmeirion menjadi kawasan yang nyaman disambangi.

3. Isle of Skye, Skotlandia

Isle of Skye

Isle of Skye via https://www.socwall.com

Advertisement

Beralih ke negara bagian Skotlandia. Terdapat sebuah pulau yang dipuja para wisatawan di dunia ini sebagai dunia fantasi yang menjadi nyata, ialah Isle of Skye. Sebuah pulau yang menyajikan pesona alam liar berupa padang rumput yang dibelah jalanan dengan pemandangan pegunungan yang membentang di sejauh mata memandang.

Tak hanya itu, wisatawanpun dapat menemukan kastil yang dijuluki Kastil Dunvegan dan pernah ditinggali oleh Clan Macleod yang berperan penting dalam sejarah wilayah Skotlandia. Ia pun menyimpan sebuah air terjun cantik yang disebut sebagai Fairy Pool di tengah pulau dan tidak diragukan lagi kejernihan aliran airnya yang menyerupai kaca. Akses jalur darat menuju pulau inipun mudah dengan adanya Skye Bridge, jembatan yang menghubungkan Pulau Skye dengan daratan utama Skotlandia.

Kabarnya, film "Transformers : The Last Knight" memilih Isle of Skye sebagai lokasi syuting dalam pengambilan adegan perang masa lalu kerajaan sebelum Transformers berhubungan dengan manusia. Memang Isle of Skye sangat tepat menjadi latar tempat adegan itu karena pulau ini menyimpan sejarah di dunia nyata sebagai pulau yang telah dihuni manusia sejak jaman Mesolitik. Sampai saat ini, Isle of Skye masih menyimpan pesona alami yang tidak pernah dirubah sejak jaman dahulu.

Isle of Skye menjadi tempat yang sangat cocok dikunjungi setiap waktu. Ketika musim semi, kamu akan menjumpai hamparan bunga berwarna – warni bermekaran dan akan berubah menjadi hamparan bunga berwarna ungu ketika musim gugur tiba. Yang lebih menguntungkan lagi, ketika malam musim dingin pun kamu akan berjumpa dengan Aurora Borealis di langit Pulau Skye. Dengan melihat kecantikan Isle of Skye, sayapun tak segan-segan menyebutnya sebagai surga di bagian utara bumi.

4. Glencoe, Skotlandia

Desa Glencoe

Desa Glencoe via https://www.nts.org.uk

Desa Glencoe di daratan Skotlandiapun tak kalah menarik. Sebuah desa terletak di wilayah dataran tinggi Skotlandia ini, menyajikan pesona deretan pegunungan dan lembah gambut. Tak hanya itu, tempat ini menyimpan pesona keindahan Sungai Coe yang mengalir menuju Loch (danau) Leven. Desa ini terlibat sebagai lokasi syuting film Harry Potter dan James Bond.

Musim dingin menjadi waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Glencoe. Tempat ini sangat tepat bagi para pendaki musim dingin dan sebagai lokasi bermain ski di tanah Skotlandia.

5. Stanocum, Ballymoney, Irlandia Utara

The Dark Hedges

The Dark Hedges via https://www.lonelyplanet.com

Irlandia Utarapun tak mau kalah dengan negara bagian United Kingdom lainnya. Di tengah kebisingan Kota Belfast yang menjadi ibu kota Negara Irlandia Utara, cobalah untuk menyusuri Desa Stanocum karena di sanalah surga dunia bagi para penggila ‘Game of Thrones’. Sudah tidak asing lagi, di Desa Stanocum terdapat sebuah jalan setapak yang dikelilingi pohon Beech yang ditanam oleh keluarga Stuart sekitar ratusan tahun yang lalu, ialah The Dark Hedges yang menjadi tenar sejak menjadi tempat syuting film ‘Game of Thrones’. Memang terkesan menyeramkan, konon katanya tempat ini menjadi misteri Hantu Grey Lady yang berkeliaran. Ia adalah wanita yang meninggal secara misterius dan dikuburkan di tempat ini.

Namun dibalik suasana mistis The Dark Hedges, ia menyimpan keindahan di setiap musim. Sinar matahari akan muncul dari sela-sela pepohonan Beech di musim semi dan daun-daun akan berjatuhan di tengah jalan ketika musim gugur tiba. Lain lagi ketika musim dingin, salju akan menyelimuti pepohonan dan jalan setapak ini.

Berkat tulisan inilah diam-diam saya menjadi pengagum film ‘Game of Thrones’ dan keinginan untuk segera menyambangi UK pun semakin melunjak. Bukan tidak mungkin untuk segera menjemput impian menuju tanah Ratu Elizabeth, berburu tiket pesawatlah yang menjadi jalan utama. Berkat aplikasi Wego Flight & Hotels, kini berburu diskon tiket pesawat murah untuk menuju UK menjadi semakin mudah.

Selamat berlibur!

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya