Banjir Peluang! Ini 5 Spesialisasi Pekerjaan Paling Diburu Perusahaan

Ini dia spesialisasi pekerjaan yang lagi banyak dicari perusahaan

Presiden Joko Widodo menegaskan 2021 ini akan jadi tahun kebangkitan ekonomi nasional. Sehabis bertempur dengan krisis ekonomi akibat pandemi, negara kita siap bergerak lagi.

Melihat usaha dan optimisme ini, banyak perusahaan yang kembali membuka lowongan kerja untuk mengisi beragam posisi. Namun, persaingan di bursa kerja sekarang jadi sangat kompetitif dengan tambahan tenaga profesional berpengalaman yang sempat terkena PHK di tahun lalu dan tentunya para lulusan baru.

Untuk itu, kamu sebagai pencari kerja wajib memperdalam skill biar jadi talenta yang siap juara mengalahkan pesaing lain. Tapi sebelum mengasah kompetensi, kamu wajib tau di tahun ini bidang pekerjaan apa aja sih yang punya peluang besar dan lagi gencar diburu perusahaan. Supaya kamu bisa fokus mempelajari bidang itu.

Nah, berdasarkan analisis data TopKarir, sejak awal tahun sampai 9 Maret 2021, perusahaan banyak membuka lowongan kerja di 5 spesialisasi pekerjaan berikut ini. Yuk disimak!

Advertisement

1. Penjualan

Photo by Nattakorn_Maneerat from shutterstock

Photo by Nattakorn_Maneerat from shutterstock via https://www.shutterstock.com

Di peringkat pertama spesialisasi kerja yang paling banyak dicari perusahaan yakni penjualan. Penjualan jadi salah satu sektor inti dari sebuah bisnis, bahkan bisa dibilang angka penjualan lah yang menopang sebuah perusahaan untuk bisa bertahan.

Ada banyak metode yang digunakan dalam aktivitas penjualan. Diantaranya menawarkan barang atau jasa ke calon konsumen yang datang ke toko, mempertahankan kesetiaan pelanggan, menemukan mitra bisnis baru, membangun program kerja sama dan lainnya.

Advertisement

Beberapa keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang penjualan yakni komunikasi interpersonal, teknik persuasi, sampai negosiasi.

2. Pendidikan & Pelatihan

Photo by Travelpixs from shutterstock

Photo by Travelpixs from shutterstock via https://www.shutterstock.com

Selanjutnya ada spesialisasi pendidikan dan pelatihan. Kalau kita lihat sekarang, pandemi covid-19 membawa banyak perubahan di sektor pendidikan, proses belajar-mengajar dilakukan lewat daring hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

Advertisement

Perkembangan industri EdTech di masa pandemi terbilang cepat, di semester pertama 2020, tercatat ada 49 kali investasi untuk sektor ini dengan perkiraan nilai mencapai US$ 600 ribu.

Situasi ini membuka peluang bagi para tenaga pengajar sebagai pahlawan yang berperan memenuhi kebutuhan pendidikan. Selain guru di sekolah, tutor, dan guru les privat keberadaanya juga semakin dicari perusahaan nih.

3. Jasa dan Pelayanan

Photo by Portrait Image Asia from shutterstock

Photo by Portrait Image Asia from shutterstock via https://www.shutterstock.com

Pekerjaan dengan spesialisasi jasa/pelayanan terkadang dianggap sebelah mata karena bentuk kontribusinya yang tidak berwujud. Tapi pekerjaan jenis ini justru jadi garda terdepan bagi sebuah perusahaan berkaitan dengan kepuasan para pelanggan.

Pelayanan terbaik yang diberikan kepada pelanggan akan jadi tolak ukur kesuksesan dalam membangun loyalitas konsumen. Nggak heran posisi ini biasanya membutuhkan masa pelatihan yang cukup lama untuk memastikan karyawan yang dipilih dapat merepresentasikan brand dengan baik, serta memberikan pelayanan prima ke semua pelanggan

Beberapa jenis pekerjaan untuk spesialisasi ini diantaranya, Customer Service, Kurir Ekspedisi, Driver Ojol, Kasir, Satpam, Receptionist, dan lainnya. 

4. Pemasaran

Photo by sirikorn thamniyom form shutterstock

Photo by sirikorn thamniyom form shutterstock via https://www.shutterstock.com

Pekerjaan di ranah pemasaran/marketing umumnya berperan mempromosikan merek maupun produk yang dihasilkan dari sebuah bisnis, baik berupa barang ataupun jasa.

Diharapkan masyarakat sebagai target konsumen dari bisnis tersebut dapat mengenal produk yang ditawarkan dan meningkatkan keuntungan dengan membuka potensi penjualan.

Selain mendukung aktivitas promosi dan penjualan, pekerjaan di ranah pemasaran juga berperan dalam hal riset dan pengembangan produk. Tujuannya agar produk/jasa yang produksi mampu menjawab tantangan perubahan dan kebutuhan masyarakat.

5. Administrasi

Photo by Bubble B from shutterstock

Photo by Bubble B from shutterstock via https://www.shutterstock.com

Administrasi juga jadi salah satu spesialisasi kerja yang paling banyak dibutuhkan perusahaan. Seringkali orang menganggap pekerjaan ini mudah, namun nyatanya membutuhkan berbagai skill seperti ketelitian, presentasi, attention to detail, sampai kerja sama tim.

Beberapa posisi kerja yang bisa kamu ambil dari bidang ini diantaranya staff administrasi gudang, staff administrasi keuangan, staff administrasi pemasaran, sampai staff administrasi bank.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE