Nggak usah nanya sana-sini, baca aja di artikel ini!

Nah, biar tidak salah persepsi, artikel di bawah ini akan membantu kamu untuk mengenali ciri-ciri hamil muda yang sering muncul dalam minggu-minggu pertama pasca konsepsi. Sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa gejala hamil muda cukup bervariasi pada setiap orang, lho. Setiap orang bisa memiliki gejala dengan intensitas, frekuensi, dan durasi yang berbeda-beda, ya.

1. Bedakan dulu mual, kembung dan pusing masuk angin atau benar-benar hamil. Gini caranya!

Muntah pada ibu muda memang suka bikin cemas ya

Muntah pada ibu muda memang suka bikin cemas ya via https://davlenies.ru

Sangat mudah dipahami bagi pasutri (pasangan suami istri) muda, bagaimana rasa deg-degan dan harap-harap cemas ketika tubuh sang istri mendadak menjadi sering mual. Eits, tapi cek dulu, mual karena masuk angin atau memang gejala hamil muda, nih! Kalau memang hanya masuk angin, perbanyak meminum air hangat agar dapat meredakan kembung pada perut, ya!

2. Perutmu terasa kram hebat, bahkan bisa 10 kali lipat dari kram perut saat akan menstruasi

Jangan tertukar antara siklus haid dengan tanda hamil, ya

Jangan tertukar antara siklus haid dengan tanda hamil, ya via http://getmedic.ru

Hmm, bagaimana kalau tiba-tiba kamu merasa nyeri pada perut dan adanya darah yang keluar dari vagina? Menstruasi atau memang tanda hamil muda? Coba kamu cek nih, kalau ternyata darah yang keluar lebih sedikit dan lebih cerah dari siklus menstruasi kamu, bisa jadi kamu memang tengah hamil muda, lho. Selamat!

Advertisement


Biasanya, gejala ini menjadi tanda kalau kamu tengah memasuki minggu pertama atau kedua usia kehamilan. Hal ini dapat terjadi karena ada sel telur yang sudah dibuahi melekat pada saluran uterus.


Sayangnya tidak ada perbedaan antara kram saat hamil muda dengan menstruasi, nih. Jika kamu memang dalam masa program kehamilan, sebaiknya hentikan semua kebiasaan tidak sehat agar dapat menghindari calon bayi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Staminamu menurun drastis, gampang pusing dan cepat lemas. Hayooo, kamu gini nggak?

Kamu tipe yang moody-an?

Kamu tipe yang moody-an? via https://familyfirstlegalgroup.com

Jika di pagi hari kamu merasa sulit bangun dari tempat tidur dan merasa tidak fit untuk melakukan apapun, bisa jadi ini pertanda kamu tengah hamil muda, lho. Hormon progesteron yang tidak stabil menjadi pelaku utama yang membuat kamu merasa lemas tiba-tiba dan perubahan suasana hati yang tidak menentu.

Advertisement

Makanya, buatlah suasana lingkungan sekitar senyaman mungkin. Misalnya, suhu udara, kelembapan, atau musik bisa membantu kamu mengatasi keresahan ini, lho. Pastikan memiliki jam tidur yang cukup ya agar kamu tidak mudah mengalami kelelahan berkepanjangan yang membawa hati menjadi bad mood.

Untuk meredakan perasaan moody ini, ngemil dengan menu camilan sehat bisa dicoba, lho. Nah, kalau kamu jadi sering merasa lapar, ini bisa jadi ciri-ciri hamil anak laki-laki. Sebuah penelitian menyebutkan meningkatnya nafsu makan berbanding lurus dengan hasil tes kehamilan yang mengarah pada janin dengan jenis kelamin laki-laki, nih.

4. Payudaramu nyeri hebat dalam jangka waktu yang lama, bahkan berbulan-bulan

Nah, ini nih gejala yang paling mendekati kehamilan!

Nah, ini nih gejala yang paling mendekati kehamilan! via https://bestmedicinenews.org

Perubahan pada payudara merupakan cara mengenali ciri-ciri hamil muda yang paling sering muncul, terutama pada usia kandungan 4-6 minggu pertama. Umumnya, payudara akan terlihat lebih besar dari biasanya. Namun pada beberapa kasus, nyeri pada payudara juga sering terjadi karena adanya perubahan hormon saat hamil.

Tenang saja, kamu bisa kok meredakan perasaan tidak nyaman ini. Bra yang lembut dan tidak kaku dipercaya bisa mengurangi nyeri pada payudara. Satu yang perlu kamu catat adalah, selalu pastikan busana yang dikenakan tidak menimbulkan gesekan atau tekanan pada dada, ya!

5. Mualmu nggak ketulungan, bahkan saat mencium aroma-aroma tertentu seperti asap kendaraan, makanan atau bahkan parfum

Rasa mual juga bisa menentuka jenis kelamin cabang bayi, lho!

Rasa mual juga bisa menentuka jenis kelamin cabang bayi, lho! via http://www.netdoctor.co.uk

Para ibu yang sedang memasuki masa kehamilan pada minggu ke empat sampai ke enam, seringkali mengalami rasa mual dan sakit kepala yang berlebihan.

Biasanya, gejala kehamilan ini dapat menurunkan nafsu makan Anda. Maka dari itu, tetap usahakan untuk mendapat asupan gizi untuk dua orang ya, kamu dan si calon bayi tentunya. Selain itu, menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi juga penting, lho.

Ssst, ada sedikit rahasia buat kamu. Kalau rasa mual dan sakit kepala cenderung sering muncul, ini bisa menjadi ciri-ciri hamil anak perempuan lho. Sejumlah peneliti menemukan, tubuh akan memproduksi lebih banyak HCG yang membuat bumil sering merasa mual dibandingkan saat sedang mengandung bayi laki-laki.

Nah, itulah beberapa gejala hamil muda yang sering muncul pada ibu yang sedang berbadan dua. Jika kamu sudah memastikan kalau sedang hamil segera temui dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan rutin, ya. Selain itu, jika sudah menginjak usia kehamilan 3 bulan, kamu bisa lho coba untuk pemeriksaan menggunakan USG, untuk memastikan jenis kelamin janin kamu, ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya