Pergi ke luar negeri mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi beberapa orang. Tapi buat yang baru pertama kali, mengurus keperluan ini itu sebagai syarat pergi ke luar negeri tentu akan sangat membingungkan.

Untuk membantumu keluar dari rasa bingung, ada baiknya kamu simak beberapa tips buat yang baru pertama kali ke luar negeri. Langsung aja kepoin, yuk!

1. Kumpulkan informasi lengkap tentang seluk beluk negara yang akan kamu kunjungi

Informasi Lengkap

Informasi Lengkap via https://www.pexels.com

Hal pertama yang wajib kamu lakukan sebelum pergi adalah menggali informasi tentang seluk beluk dari negara yang akan kamu kunjungi. Cari tahu bagaimana kondisi suhu udara di sana biar kamu bisa menyiapkan pakaian yang perlu dibawa.

Ketahui juga bagaimana hukum negara setempat yang berlaku dan bagaimana budayanya biar kamu ngerti hal apa saja yang boleh dilakukan dan yang dilarang saat berkunjung ke sana. Cari juga hal-hal penting lainnya dari negara tujuan, hal ini dimaksudkan agar kamu tak mendapat kendala atau mengalami kejadian yang tak diinginkan selama berkunjung ke sana.

2. Siapkan Paspor dan Visa

Paspor dan Visa

Paspor dan Visa via https://pixabay.com

Advertisement

Dua dokumen ini adalah hal yang wajib saat hendak pergi ke luar negeri. Tanpanya, jangan harap keinginanmu untuk pergi ke negara asing dapat terwujud.

Buat yang sudah punya, mungkin hanya perlu disiapkan saja sebelum berangkat atau kalau sudah memasuki masa tenggang, mending buru-buru diperpanjang. Nah, kalau yang belum punya, kamu bisa langsung mengurus proses pembuatannya.

Untuk berjaga-jaga, buatlah jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Gawat kan kalau kamu udah terlanjur beli tiket pesawat, tapi dokumen penting ini belum ada di genggamanmu?

3. Booking tiket pesawat di waktu yang tepat

Advertisement

Setelah menyiapkan paspor, kamu bisa mencari tiket pesawat. Kalau ingin hemat, kamu harus rajin-rajin memeriksa di aplikasi pelayanan jasa tiket untuk mengetahui kapan ada tiket promo yang tersedia.

Waktu terbaik membeli tiket agar dapat promo adalah tidak terlalu mepet dan tidak terlalu jauh dari hari berangkat yang sudah kamu rencanakan. Biasanya, tiket pesawat promo tesedia pada hari Selasa atau Rabu, karena pada hari tersebut harga pesawat yang tersedia biasanya lebih rendah dari hari lainnya.

Waktu ideal saat membelinya pun bisa kamu lakukan pada pagi hari. Kareena harga tiket pesawat biasanya akan di-update tiga kali sehari, dan yang paling murah adalah tiket yang dijual pada pagi hari.

Hindari membeli tiket pesawat di akhir pekan atau hari libur. Karena di waktu-waktu seperti ini jumlah pembeli akan meningkat berkali-kali lipat daripada hari biasa. Hal ini akan mempengaruhi harga tiket yang dijual menjadi semakin tinggi.

4. Cari tahu apakah kamu memerlukan vaksin saat hendak mengunjungi negara tujuan

Vaksin Kesehatan

Vaksin Kesehatan via https://pixabay.com

Karena kondisi tiap negara itu berbeda-beda, terkadang ada beberapa negara yang memiliki penyakit menular atau epidemi yang persebarannya sangat cepat.

Kalau negara tujuanmu memiliki kondisi seperti itu, maka kamu wajib untuk melakukan vaksin sebelum berangkat.

5. Jangan lupa untuk melengkapi proses imigrasi

Saat kamu check in di bandara, petugas bandara akan memeriksa kelengkapan dokumen kamu dan memberikan boarding pass. Setelah itu, kamu akan bertemu dengan petugas imigrasi untuk kembali memeriksa paspor dan boarding pass.

Kalau tidak ada masalah, petugas akan memberikan stempel di paspormu. Setelah itu, di dalam pesawat kamu akan diminta untuk mengisi kartu kedatangan. Namun, ada juga yang melengkapi kartu kedatangan ini saat masih di bandara.

Kalau sudah dilengkapi, kartu kedatangan ini akan dipitong oleh petugas imigrasi di negara tujuan. Penting diingat bahwa kartu ini tidak boleh hilang sampai kamu kembali ke tanah air, jadi harap dijaga baik-baik.

Begitu sampai di negara tujuan, kamu akan kembali berurusan lagi dengan bagian imigrasi. Karena ada banyak pengunjung lainnya, biasanya kamu akan diminta antri sampai giliranmu tiba. Petugas biasanya akan mengajukan beberapa pertanyaan umum, seperti apa tujuanmu pergi ke negara tersebut, berapa lama kamu akan tinggal, dengan siapa kamu pergi, dan di mana kamu akan menginap.

Kamu hanya perlu menjawabnya dengan singkat dan tepat. Setelah proses tersebut selesai, kamu bisa mengambil bagasimu dan siap menjelajah negara tujuan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya