Beberapa Cara Mudah yang Dapat Dilakukan untuk Memudarkan Mata Panda. Simak Yuk!

Bagi beberapa orang memiliki mata panda merupakan hal yang cukup menganggu penampilan. Mata panda atau yang dikenal dengan dark eyes circles merupakan kondisi dimana terdapat lingkaran hitam di daerah sekitar mata. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan munculnya mata panda, diantarannya yaitu alergi, bawaan keturunan, penuaan, kurang tidur dan lain sebagainya.

Namun jangan khawatir, pasalnya mata panda tidaklah berbahaya. Walaupun tidak berbahaya, banyak  orang mengeluhkan adanya mata panda, sehingga orang-orang mencari-cari cara untuk memudarkan mata panda. Bagi para wanita biasanya menggunakan makeup untuk menutupi mata panda, sayangnya penggunaan makeup tidak dapat memudarkan mata panda melainkan hanya menutupinya saja.

Sebenarnya terdapat beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk memudarkan mata panda. Apa saja? Simak ulasan dibawah ini!

Advertisement

1. Tidur yang cukup

Photo by jcomp on freepik

Photo by jcomp on freepik via https://www.freepik.com

Kualitas tidur yang rendah dapat memicu munculnya mata panda. Kurang tidur juga dapat memperparah mata panda. Istirahat yang cukup serta kondisi kesehatan yang baik dapat memudarkan mata panda, sehingga perlu tidur setidaknya 8 jam per hari. Selain memudarkan mata panda, dengan tidur yang cukup juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta membuat tubuh menjadi lebih segar.

2. Hindari paparan sinar matahari

Photo by Alexander S on Pexels

Photo by Alexander S on Pexels via https://www.pexels.com

Cobalah untuk sebisa mungkin terhindar dari paparan sinar matahari. Gunakan suncreen, sunblock, kacamata ataupun payung untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Radiasi sinar UV pada beberapa orang dapat memperburuk mata panda. Selain memperburuk mata panda, sinar UV juga dapat menyebabkan masalah pada kulit seperti kulit terbakar, munculnya tanda-tanda penuaan, meningkatkan resiko kanker dan lain sebagainya.

Advertisement

3. Tinggikan kepala saat tidur

Photo by Yanalya on freepik

Photo by Yanalya on freepik via https://www.freepik.com

Saat tidur cobalah untuk mengatur posisi tidur, gunakan bantal ketika tidur sehingga kepala mempunyai posisi lebih tinggi daripada tubuh. Pasalnya dengan meninggikan kepala saat tidur efektif untuk memudarkan mata panda. Dengan meninggikan kepala,  darah akan mengalir dari kepala sehingga mengurangi warna gelap yang ada di bawah mata.

4. Kompres timun

Photo by Tima M on Pexels

Photo by Tima M on Pexels via https://www.pexels.com

Ambil sebuah mentimun dan potong mentimun menjadi tipis-tipis kemudian taruh di dalam kulkas selama beberapa menit. Setelah itu tempelkan irisan mentimun tadi di mata tertutup selama kurang lebih 15 menit. Kegiatan tersebut dipercaya dapat memudarkan mata panda karena tinggi akan Vitamin K. Mentimun akan memberikan efek cooling, menghidrasi mata dan mencerahkan kulit.

5. Kompres kantung teh

Advertisement
Photo by freestocks.org from Pexels

Photo by freestocks.org from Pexels via https://www.pexels.com

Siapa yang menduga bahwa sisa kantung teh yang telah digunakan dapat dimanfaatkan untuk memudarkan mata panda. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan mengambil kantung teh celup yang sudah digunakan lalu taruh di dalam kulkas selama sekitar 10 menit. Sama dengan penggunaan mentimun tadi, tempelkan kantung teh di mata yang  tertutup selama 15 sampai 30 menit. Kandungan kafein yang terdapat dalam teh juga dapat memberikan tampilan wajah yang lebih awet muda, dapat menyempitkan pembulu darah dan mempercepat  aliran darah di daerah sekitar mata.

Itu dia cara-cara mudah yang dapat dilakukan untuk memudarkan mata panda. Perlu diingat bahwa mata panda hanya dapat dipudarkan dan tidak dapat dihilangkan secara total. Selamat mencoba. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa IAIN Jember

CLOSE