Kita mungkin sering mendengar sunnah-sunnah nabi dari berbagai sumber, tetapi banyak diantara kita hanya mendengar saja tanpa melaksanakannya. Padahal sunnah-sunnah tersebut tidak hanya membahas tentang peribadahan tetapi juga lifestyle yang dapat memperbugar rohani dan jasmani kita. Selain mendapat khasiatanya menjadi sehat, kita dapat pahala pula. Keuntungan kuadrat. Nah, apa aja sih contoh-contoh lifehack yang berasal dari sunnah rasul ? Cekidot!

1. Makan dengan tangan.

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Jika salah seorang diantaramu makan, maka hendaklah ia menjilati jari-jemarinya, sebab ia tidak mengetahui dari jemari mana munculnya keberkahan.” (HR. Muslim)

Ini sunnah yang paling umum yang pernah kita dengar, bahwa Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan kita makan pakai tangan. Kenapa? menurut berbagai penilitian, di tangan kita ada enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri sehingga tingkat akfititasnya sangat rendah ketika masuk bersama makanan dalam pencernaan.

Mungkin kalian mengasumsikan bahwa makan dengan tangan itu kesannya jorok. Enggak kok. Logikanya gini:

Advertisement

Kalo makan pakek sendok, sendokkan bekas dari mulut banyak orang. Tapi kalo tangan kita kan enggak.

2. Jangan minum sambil berdiri.

Nabi Muhammad Saw. bersabda, "Janganlah sekali-sekali salah seorang dari kalian minum sambil berdiri, barangsiapa lupa hendaklah dia memuntahkannya"(HR. Muslim)

Kenapa gak boleh? Well, gue dapat pencerahan oleh seorang temen gue waktu di sekolah. Waktu itu gue dari koperasi beli Aqua, kemudian gue minum ketika berjalan menuju kelas. Kemudian Susanto menegur gue, "Eh jangan minum sambil berdiri, nanti ginjal lu nggak nyaring minuman lu."

Lalu, gue pun mencari-cari info tentang peneguran tersebut. Dan, ternyata dia benar. Penjelasan lebih lanjutnya gini. Di tubuh kita ada penyaring yang bernama sfringer. Si Sfringer ini bakal terbuka waktu duduk, sehingga dapat menyaring minuman yang kita minum. Tetapi, di saat berdiri si sfringer akan tertutup, yang menyebabkan minuman kita akan langsung bermuara ke kandung kemih tanpa difilter. Akibatnya di ureter terjadi pengendapan oleh limbah-limbah dari minuman yang kita konsumsi.Limbah-limbah yang bersisa di ureter bisa menumpuk-menumpuk, dan jeng-jeng terjadilah yang kita sebut kristal ginjal. Endingnya kamupun bisa-bisa jadi susah kencing. Bahaya kan?

Enggak. Ya udah.

3. Tidur menghadap kanan.

Tekdung. via http://aessina.com

Hadits Rasulullah: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (HR Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

Logikanya mudah saja. Jantung kita berada di sebelah kiri, dan paru-paru kita berada di sebelah kanan. Kalo kita tidur menghadap kiri, maka organ paru-paru kita yang berukuran gede ini akan menindih si jantung. Akibatnya si Jantung akan sesak, dan susah untuk memompa darah. Sehingga beban si Jantungpun akan menjadi lebih berat. Duh, kasian si jantung, udah harus harus memompa darah ke seluruh tubuh, kemudian dibleki ama paru-paru. Oleh karena itu, posisikan tidur untuk menghadap ke kanan, supaya si Jantung berada di posisi yang leluasa tidak terhimpit paru-paru.

4. Makan buah sebelum makan.

”Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan”. (Al Waqi’ah 20-21)

Dalam ayat tersebut, terlihat kalau buah-buah disebut terlebih dahulu, baru kemudian daging. Dalam kajian, itu artinya kita harus mengonsumsi buah terlebih dahulu sebelum makanan utama. Ha? bukannya buah itu buat pencuci mulut ya?

Ini nih. Mungkin kalian pernah denger buah dimakan terakhir sebagai pencuci mulut untuk menghilangkan bau mulut setelah makan. Ya, inilah kebiasaan yang salah. Kenapa? di saat pencernaan kita menproses begitu banyak makanan utama, maka buah-buah yang dikonsumsi terakhir malah tidak tercena dan menjadi sampah di dalam tubuh. Hmm … jadi kita makan buah enggak dapat gizinya, malah dapet ampasnya saja yang berat-beratin sistem pencernaan.

Di sisi lain, jika kita memakan buah terlebih dahulu, maka buah tersebut akan memberikan enzim ke dalam pencernaan dapat membantu memproses protein, karbohidrat, dan lemak. Sehingga kerja pencernaan yang udah berat dapat diringankan sedikit.

5. Numbuhin Brewok.

Mau nyetalk tuh cowok brewokan? Namanya Karim Metwaly via https://pbs.twimg.com

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata,

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk memotong pendek kumis dan membiarkan (memelihara) jenggot.” (HR. Muslim no. 624)

Whakakakak, akhirnya gue nulis tentang ini. Ya, brewok sebagai pemerganteng ternyata sunnah nabi loh. Selain bikin kalian tambah hot, brewok juga disebut-sebut bisa bikin sehat. Kok bisa?

Pertama, Brewok yang menutupi kulit wajah ternyata dapat melindungi dari pancaran sinar ultraviolet. Kedua, brewok rupanya ikut andil dalam menyaring debu dan kotoran yang terhirup. Ketiga, brewok dapat menjaga kelembapan kulit yang dapat menghambat penuaan. Keempat, ternyata di dalam brewok terdapat bakteri yang memiliki peranan yang sama terhadap fungsi antibiotik, yaitu memerangi bakter-bakteri lain yang merugikan.

Itulah beberapa lifehack yang bisa kalian lakukan, apalagi itu berdasarkan sunnah, gue pun highly recommend kalian untuk mengikutinya. Bukankah kita sebagai umat islam diwajibkan untuk meneladani perilaku-perilaku Rasul?

Okeh gituh aja.