Setiap wanita tentunya menginginkan penampilan yang menarik agar lebih percaya diri. Kosmetik kini menjadi kebutuhan primer bagi kaum wanita. Percaya tidak percaya, seorang wanita pasti menggunakan produk kosmetik dari yang berfungsi untuk perawatan kulit hingga dekoratif. Saat ini produk kosmetik sangat bervariasi dan semakin banyak brand yang menjamur di kalangan perempuan.

Namun, dunia kecantikan ini sempat dirisaukan dengan beredarnya produk kosmetik palsu. Secara implisit fenomena ini memunculkan tanda tanya: apakah produk yang kita pakai sehari-hari aman? Apakah harus menunggu efek buruk muncul untuk mengetahui keamanan kosmetikmu? Berikut trik yang wajib diketahui dalam memilih kosmetik. Baca sampai tuntas ya, girls!

1. Lihat izin edar produk di kemasan. Sudah ada nomor notifikasi dari BPOM belum?

Cek status registrasi produk kosmetikmu

Cek status registrasi produk kosmetikmu via https://cekbpom.pom.go.id

Kosmetik yang beredar harus memperoleh izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) supaya terjamin keamanannya. Perhatikan di kemasan kosmetikmu, apakah sudah tercantum nomor registrasinya? Kamu bisa cek status registrasi produk yang kamu gunakan di website BPOM melalui link https://cekbpom.pom.go.id/

2. Amati nama dan alamat produksi di kemasan

Fokus di nama dan alamat produksi kosmetikmu

Fokus di nama dan alamat produksi kosmetikmu via https://www.paragon-innovation.com

Kalau produk yang kamu gunakan tidak mencantumkan identitas produsen di kemasan dengan jelas, kamu perlu waspada nih! Nama dan alamat produksi penting untuk bisa dihubungi jika kamu punya masalah dengan produk yang kamu pakai. Identitas produsen bisa menjadi salah satu tanda kosmetik yang aman, lho!

3. Cek tanggal kedaluwarsa produknya ya! Pastikan belum terlewat.

Tanggal kedaluwara produk

Tanggal kedaluwara produk via http://www.zahrasalsa.com

Advertisement

Tanggal kedaluwarsa wajib diamati karena menandakan batas produk masih aman untuk digunakan. Bahan-bahan yang ada dalam produk yang sudah melampaui batas kedaluwarsa akan rusak sehingga bisa menimbulkan efek buruk untuk kulitmu. Jadi, pilih produk dengan expired date masih lama ya, beauties! Jangan lupa simpan dengan tepat kosmetikmu supaya tetap awet dan terjaga.

4. Utamakan produk berlabel halal

Produk kosmetik yang halal mencantumkan label halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Kehalalan adalah suatu bukti bahwa produk mengandung bahan-bahan yang aman untuk digunakan. Tidak semua produk kosmetik yang dijual itu halal loh! Wardah adalah rekomendasi brand kosmetik yang halal dan sudah dipercaya oleh wanita Indonesia.

5. Cermati komposisi bahan kosmetikmu! Ketahuilah bahan yang berbahaya untuk kulit.

Komposisi produk

Komposisi produk via http://www.vanisagita.com

Sebelum memutuskan untuk membeli produk kosmetik, sangat disarankan untuk mencermati komposisi bahan pada kemasan produk. Kamu bisa sesuaikan dengan tipe kulit dan hindari bahan yang bersifat alergi. Perhatikan juga ya zat yang berbahaya untuk kulit atau yang haram misalnya merkuri, hidroquinon, rhodamin, dan lain sebagainya.

6. Perhatikan cara penggunaan produk! Jangan sampai salah pakai deh.

Gunakan kosmetik dengan benar

Gunakan kosmetik dengan benar via http://blog.dianpelangi.com

Advertisement

Hal yang tidak kalah penting nih, pilih kosmetik sesuai tujuan penggunaan supaya kamu mendapatkan manfaat terbaik dari produk tersebut. Misalnya night cream yang seharusnya digunakan pada malam hari nekat kamu pakai di siang hari karena day cream habis. Kulit wajah jadi kurang terlindungi karena night cream tidak mengandung SPF. Gunakan kosmetik secara tepat ya, girls!

Maksud hati ingin mempercantik diri tapi karena salah pakai kosmetik malah jadi beruntusan, kulit mengelupas atau alergi! Nggak mau kan kena efek buruk seperti itu? Kita harus cermat dan aware terhadap produk yang kita gunakan sehari-hari ya! Jangan asal beli aja karena iming-iming harga miring atau ikut-ikutan orang! Jadilah konsumen yang bijak dan cerdas. Love your skin :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya