6 Resep Sederhana untukmu yang Ingin Belajar Mencintai Diri Sendiri. Dijamin Nambah Kepercayaan Diri!

belajar mencintai diri sendiri

Hey kamu

Apa kamu tahu kalau kamu itu istimewa? Ketahuilah tidak ada seorang pun di dunia ini yang sama sepertimu, kamu layak dicintai oleh orang-orang disekitarmu tetapi bagian terpentingnya adalah kamu.

Mencintai diri sendiri bisa menjadi bagian yang menantang untuk sebagian dari diri kita, terutama ketika dihadapkan pada tantangan serius di depan mata. Ini bukan tentang menjadi seorang yang mementingkan diri sendiri ataupun menjadi seorang yang narsistik, tetapi ini tentang berhubungan dengan diri sendiri, kesejahteraan diri dan kebahagiaan diri sendiri. Kita berlatih mencintai diri sendiri untuk mendorong batasan keyakinan diri kita dan menjalani kehidupan kita yang bersinar.

Jadi bantulah dirimu sendiri, tarik napas dalam-dalam, peluklah dirimu dan mulailah berlatih dengan langkah-langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mulai mencintai dirimu sendiri.

Advertisement

1. Dengan membuang pikiran negatif tentang dirimu, kamu satu langkah lebih maju untuk menjadi versi terbaikmu

Photo by Dominika Roseclay from Pexels

Photo by Dominika Roseclay from Pexels via https://www.pexels.com

Kebanyakan orang memiliki masalah untuk mengusir pergi pikiran negatif yang mereka miliki. Pikiran negatif juga seringkali datang dari opini orang lain, tetapi masalahnya bagaimana jika pikiran negatif itu justru datang dari diri kita sendiri?

Pemikiran sepertiĀ ā€œaku tidak bisa melakukan sesuatuā€Ā Ā contohnya. Padahal sebenarnya dengan mengatakanĀ ā€œaku tidak bisa melakukannyaā€Ā tanpa kita sadari kita justru semakin membuat batasan untuk diri kita sendiri. Seolah seperti kita tidak akan pernah berhasil melakukannya tetapi bukankah kita tidak pernah tahu hasilnya jika belum mencobanya?

Advertisement

Tidak perlu risau tentang bagaimana memulainya, mulailah dengan hal yang sederhana dengan katakan hal-hal positif sepertiĀ ā€œbetapa baiknya kamu mengatasi sesuatuā€Ā ataupun ā€œbetapa menawannya dirimuā€. Apapun kalimat positif itu buatlah dirimu tersenyum, semakin terbiasa melakukannya, kamu akan semakin lebih baik nantinya.

2. Dengan menghindari sikap perfeksionis dijamin hidupmu akan semakin harmonis

perfectionism

perfectionism via https://www.inc.com

Pernahkan kita berekspektasi tinggi pada diri kita sendiri? Mengharapkan segala sesuatunya berjalan sempurna dan sesuai rencana dengan tidak mentoleransi sedikitpun kegagalan?

Advertisement

Jika pernah berarti kebiasaan itu harus mulai dihilangkan mulai dari sekarang. Sikap berlebihan tentu tidak baik untuk pengembangan diri kita bukan? Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, bukankah kita selalu bisa mencobanya, dimana letak keseruannya jika semuanya selalu berakhir sempurna?

Keluarlah dari zona nyaman dan cobalah hal baru, bukankah akan menjadi surprise yang luar biasa?Ā ketika kita menyadari kita berhak menerima sesuatu yang sebelumnya tidak kita ketahui akan menerimanya atau merasa tidak sanggup melakukannya. Jadi jangan takut untuk mencoba!

Dan semestinya kegagalan menunjukkan bahwa sejatinya kita hanyalah manusia biasa. Jadi jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, tidak ada yang mengatakan kamu harus menyerah tetapi saat kamu lelah istirahatlah.

3. Menulis jurnal setiap hari terbukti menjadi bahan refleksi terbaik untuk diri sendiri

writing journal

writing journal via https://www.pexels.com

Banyak sekali hal bersarang di pikiranmu hingga itu membuat kepalamu pening? Tak perlu khawatir, tulislah semua yang kamu rasakan, tidak peduli betapa gilanya, kejamnya, sedihnya, atau menakutkannya hal itu. Tulis dalam jurnalmu dan kemudian hari saat kamu membacanya kembali kamu tahu apa yang telah kamu lalui dan bagaimana kamu bisa sampai berada disini. Sampai saat ini kamu akan menyadari bahwa hari baikmu hari ini tidak akan hadir tanpa hari burukmu di masa lalu.

Begitu pula ketika kamu merasa bahagia seolah seperti berada dipuncak dunia, ungkapkan semuanya sertaĀ jangan lupa buatlah daftar dari kualitas terbaikmu dan prestasi-prestasi terbaikmu. Mungkin itu memang terdengar klise, tetapi itu dapat menjadi pengingat yang luar biasa ketika kamu mengalami hari yang membosankan, bukan?

Dengan begitu kamu akan tumbuh menjadi seseorang yang lebih baik dengan belajar dari kesalahan ataupun masalah yang telah berlalu. Dan sekarang kamu menyadari bahwa kamu telah banyak berubah dan telah banyak berbenah.

4. Tidak ada salahnya sesekali memberi gift atau reward dirimu sendiri setiap kali kamu mencapai keberhasilan

Photo by Kim Stiver from Pexels

Photo by Kim Stiver from Pexels via https://www.pexels.com

Rayakan setiap pencapaian-pencapaian yang telah kamu raih, baik pencapaian kecil ataupun pencapaian besar. Ketahuilah kamuĀ layak mendapatkan apresiasi dari dirimu sendiri.

Kamu bisa mencoba menemukan tempat yang menyenangkan untuk merayakannya, dimana di tempat itu kamu benar-benar merasa nyaman, tenang, bahagia, dan positif. Pergilah ke tempat itu ketika kamu dihadapkan pada masa-masa sulit atau jika tidak memungkinkan kamu juga bisa membayangkan dirimu berada disana, pikirkan tentang bagaimana rasanya berada disana, bau tempatnya, dan bahkan mungkin bentuknya.

Dan satu lagi berbanggalah pada dirimu sendiri terlebih saat kamu telah melalui proses yang tidak mudah dalam melaluinya sudah sepatutnya kamu memberikan penghargaan untuk dirimu sendiri, bukan?

5. Belajar bersyukur setiap hari dengan menghargai diri sendiri dan menghargai waktu bersama orang-orang yang kita cintai

Photo de mentatdgt provenant de Pexels

Photo de mentatdgt provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Temukan sesuatu yang bisa membuatmu bersyukur setiap hari, tidak dapat dipungkiri bahwa kamu akan memiliki hari-hari yang buruk kedepannya, tetapi tidak apa-apa kamu hanyalah manusia biasa yang wajar mengalaminya. Hal terpentingnya adalah menemukan apa yang kamu syukuri dalam hidup ini, karena dengan begitu itu akan mengubah pikiran dan energimu dalam menghadapi apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Jangan lupa untuk meluangkan waktu bersama keluarga, teman, kekasih atau siapapun itu yang mampu membantumu melewati masa-masa sulitmu, tentu kamu tidak ingin menghadapinya seorang diri, kan?

Untuk setiap hal yang pernah kamu lakukan yang membuatmu merasa buruk ataupun malu di masa lalu lupakan hal itu, jangan lupa untuk memaafkan dirimu. Kamu mungkin tidak bisa kembali ke masa lalu dan mengubahnya begitu saja tetapi kamu masih bisa menentukan masa depanmu, dan masih belum terlambat untuk itu.

Ada banyak cara untuk mensyukuri hidupmu, salah satunya dengan memberikan waktu untuk diri sendiri. Cobalah dengan dudukĀ seorang diri ditemani teh ataupun kopi dengan tanpa terdistraksi, nikmati kesendirianmu, pikirkan tentang hal-hal indah yang pernah terjadi, mimpi-mimpi besarmu dan pikirkan tentang bagaimana caramu mewujudkannya, dijamin kamu akan merasa terberkati.

6. Mengikuti passion atau melakukan hobi yang disukai terbukti mampu membuatmu bahagia, mengapa tidak mencobanya?

Photo by bruce mars from Pexels

Photo by bruce mars from Pexels via https://www.pexels.com

Jika kita bersikap realistik, tidak ada satupun orang di bumi yang merasa bahagia setiap momennya pada setiap harinya. Kamu tahu mengapa? Karena kita manusia, kita merasakan perasaan yang sangat berwarna.Ā Tetapi sekali lagi tidak apa-apa, terima dirimu unruk menjadi manusia seutuhnya.

Dan tentu saja kita tetap mampu menciptakan bahagia kita sendiri, cukup ikuti saja passionmu, kamu tahu bahwa itu menyenangkan sekaligus menakutkan untukmu. Sesuatu yang benar-benar ingin kamu lakukan tapi harus kamu akui bahwa kamu pasti sempat ragu bahwa kamu mungkin tidak berhasil melakukannya. Cukup ekspresikan dirimu dengan entah bagaimanapun caranya, lakukan hobimu seperti melukis, menulis, mengukir, memahat, memainkan musik atau hobi lain yang membuatmu merasa positif dan bahagia. Pastikan kamu melakukannya.

Dan pada akhirnya tetap yakinkan dirimu untuk melakukanĀ hal yang membuatmu bahagia, kamu tidak ingin kan menyesal seumur hidupĀ karena tidak sempat melakukannya?

Bersabarlah dan tetaplah gigih dalam mencintai diri sendiri, yakinlah bahwa kita mengalami perkembangan setiap hari. Dan hal ini perlu kita latih setiap hari dan meski memakan waktu seumur hidup untuk menguasainya. Kamu tetap harus bersenang-senang, pergilah dimana kamu bisa menyalakan api didalam dirimu. Nikmatilah menjadi dirimu yang berharga dengan menjalani hidup bahagia dan hidup yang luar biasa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

ā€œ

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

ā€

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE