#BelajarDiNegeriOrang-5 Alasan Ini Menyakinkan Kamu Kalau Kuliah di Luar Negeri Menjadi Pilihan yang Tepat

Tidak hanya tentang karir, sebenarnya masih banyak lagi lho alasannya

Melanjutkan kuliah di luar negeri merupakan dambaan setiap orang. Terlebih di era modern seperti sekarang ini, persaingan untuk mendapatkan karir yang gemilang memerlukan latar belakang pendidikan yang  berkualitas. Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini pembisnis sukses dan top manajemen di perusahaan-perusahaan besar kebanyakan lulusan dari luar negeri.

Tantangan serta seleksi karir yang semakin sulit membuat semakin banyak orang yang berkeinginan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Tidak hanya tentang karir, sebenarnya masih banyak lagi lho alasan kenapa kamu harus melanjutkan kuliah di luar negeri. Yuk, simak rangkumannya berikut ini!

Advertisement

1. Membentuk Pribadi yang Mandiri

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Ketika kamu tinggal di dalam negeri tentu saja semuanya serba mudah. Mulai dari tersedianya cuci kiloan, laundry, dan bahkan ART akan membuat hidup menjadi terasa lebih mudah. Tapi, ketika kamu tinggal di luar negeri segala sesuatu yang serba mudah harus hilang. Mengingat upah ART yang cukup tinggi di luar negeri membuat kamu terbiasa melakukan segala pekerjaan rumah tangga sendiri.

Kuliah di luar negeri menuntut kamu untuk belajar bertanggung jawab mulai dari masak, mencuci baju, mencuci piring, nyapu, ngepel, nyetrika dan pekerjaan rumah tangga lainnya harus dilakukan oleh dirimu sendiri. Dengan begini akan membentuk kamu menjadi pribadi yang lebih mandiri deh!

Advertisement

2. Mengelola Keuangan dengan Bijak

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Tinggal dan hidup jauh dari orang tua dan keluarga membuat kamu perlu mengatur keuangan dengan baik. Kamu tidak bisa boros ketika tinggal di luar negeri. Kalau biasanya kamu makan sudah disiapkan oleh orang tua di rumah ketika kamu tinggal sendiri maka semuanya sadhu menjadi tanggung jawab dirimu sendiri. Tugas orang tua hanyalah memberikan uang saku secukupnya untuk kamu bertahan hidup di luar negeri.

Kamu sendiri lah yang bertugas untuk mengatur uang tersebut dengan sebaik-baiknya. Kamu nggak bisa lagi belanja sepuasnya tanpa memikirkan bagaimana keuangan mu seminggu atau bahkan sebulan ke depan. Kamu nggak mau dong kelaparan di negeri orang? Maka dari itu ketika tinggal di luar negeri kamu harus membuang sifat boros dan kemanjaan yang kamu miliki saat masih tinggal bersama orang tua

Selain itu, untuk menambah uang saku kamu, kamu juga bisa lho kerja part time atau internship. Itung-itung bisa nambah skill dan mempraktekan langsung ilmu yang kamu punya. Tidak hanya dapat menambah skill, tetapi dengan part time atau internship membuat kamu lebih menghargai uang.

Advertisement

3. Melancarkan Penggunaan Bahasa Asing

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Cara paling efektif untuk melancarkan kemampuan kamu dalam menggunakan bahasa asing adalah dengan mempraktekannya secara langsung. Ada perbedaan ketika kamu kursus bahasa asing dengan berkomunikasi langsung dengan teman atau dosen kamu. Dimana saat kuliah di luar negeri kamu mau tidak mau harus memahami bahasa yang digunakan oleh teman atau dosen kamu.

Jika tidak, tentu saja kamu akan ketinggalan materi. Tapi tenang saja kefasihan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa asing ini tidak datang dengan instan kok!

Kamu hanya membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan bahasa yang mereka gunakan. Kalau kamu udah terbiasa berbicara menggunakan bahasa asing, dijamin deh ini bisa jadi nilai plus banget buat kamu di dunia kerja nanti!

4. Memiliki Pemikiran yang Terbuka

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Pasti kamu udah tau dong kalau di setiap negara memiliki budayanya masing-masing? Nah, ketika kamu kuliah di luar negeri akan membuat kamu untuk melihat dunia lebih luas lagi. Dimana kamu dihadapkan dengan banyak orang dari berbagai macam negara yang membuat kamu memandang sesuatu dengan perspektif yang berbeda. Kalau kamu saat dalam negeri suka menilai seseorang hanya dari tampilan luarnya saja, mulai sekarang kamu harus buang jauh-jauh sifat buruk yang satu ini deh.

Kuliah di luar negeri membuat kamu lebih mudah untuk memecahkan masalah dan menemukan solusinya. Hal ini dikarenakan kamu telah terbiasa untuk menerima dan memahami setiap perbedaan yang ada. Selain itu, kamu memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan mahasiswa lain untuk bertukar pendapat dan pikiran yang mana membuat wawasan serta pola pikir kamu menjadi lebih luas.

5. Memperluas Koneksi Internasional

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Ketika kamu kuliah di luar negeri maka kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara. Kamu tidak perlu cemas ataupun khawatir kamu akan kesulitan untuk mencari teman. Kamu hanya perlu keberanian untuk menyapa orang dan memperkenalkan diri kamu terlebih dahulu. Terkadang sebagian orang merasa cemas karena tidak fasih dengan bahasa yang orang lain gunakan.

Tapi, tenang saja ketika kamu sudah sering mengobrol dengan banyak orang dari berbagai negara, maka kemampuan kamu untuk berkomunikasi dan memahami bahasa mereka perlahan-lahan semakin meningkat. Dengan banyaknya teman yang kamu miliki ketika kuliah di luar negeri akan berpeluang untuk memudahkan kamu dalam menjalin relasi dan koneksi di masa depan. Relasi dan koneksi ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan karir dan bisnis kamu nantinya.

Nah, itu dia alasan kenapa kamu harus melanjutkan kuliah di luar negeri. Sekarang kamu udah nggak ada alasan lagi nih buat ragu-ragu melanjutkan kuliah di luar negeri bersama Qatar Airways Student Club!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE