#BelajarDiNegeriOrang-5 Alasan Kenapa Mereka yang Sekolah di Luar Negeri Adalah Manusia-Manusia Hebat

Sekolah di luar negeri seperti memulai hidup baru

Sekolah di luar negeri bagaikan berjalan di hutan dengan buku petunjuk yang seringkali mengundang kejutan. Tempat yang sangat jauh berbeda dengan apa yang biasa terjadi di rumah tempat kita lahir. Biasanya makan nasi, bisa jadi berubah untuk terbiasa makan roti atau kentang. Biasanya mengucap selamat pagi, bisa jadi berubah untuk terbiasa mengucapkan good morning. Sekolah di luar negeri seperti memulai hidup baru. Menciptakan versi diri kita yang sesuai dengan tempat yang baru, namun tetap menyimpan versi diri kita yang lama.

Mungkin seringkali agak ragu atau takut saat pertama kali memasang luar negeri sebagai tempat untuk mencari ilmu. Takut tidak bisa beradaptasi, takut tidak bisa menguasai bahasa di sana, dan perasaan takut lainnya. Kau tau? Semakin banyak takut, artinya hal tersebut adalah sesuatu yang hebat. Sesuatu yang tak bisa orang lain lakukan. Bayangkan kamu bisa menaklukannya, bukti bahwa kamu adalah manusia yang hebat, tiada dua.

Lima alasan berikut menjadi bukti nyata bahwa mereka yang berhasil sekolah di luar negeri adalah manusia-manusia hebat.

Advertisement

1. Terbiasa hidup mandiri

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Berbeda dengan mereka yang sekolah di negerinya sendiri, mereka yang sekolah di luar negeri akan lebih sering dipaksa untuk menyelesaikan masalah hidupnya dengan mandiri. Apalagi keluarga yang hidup di negara tersebut sangat dikit atau bahkan tidak ada. Keterbatasan ini akan memaksa mereka untuk menjadi manusia yang lebih mandiri dalam banyak hal.

Menjadi poin lebih saat mereka bisa survive dari masalah ini. Tidak hanya mendapat pelajaran dari sekolah, mereka juga dapat pelajaran dari kehidupan yang mungkin saja tidak akan didapat jika bersekolah di dalam negeri. Meski ada bantuan uang dari keluarga atau beasiswa, hal itu hanya akan menjadi bantuan saja, selebihnya bergantung pada cara mereka memanfaatkan hal tersebut. Jadi bekal untuk menghadapi dunia!

Advertisement

2. Mahir menggunakan bahasa asing

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Bahasa adalah kunci untuk membuka banyak ilmu, koneksi, kemampuan diri, dan banyak hal lainnya. Mempelajari bahasa sama seperti melatih logika dan cara berpikir. Saat mereka sekolah di luar negeri, lingkungan akan memaksa mereka untuk mulai memahami cara orang di sana berbahasa.

Hal ini menjadi tempat les bahasa paling ampuh. Membiasakan diri untuk memakai bahasa yang tak biasa dipakai akan menjadi sebuah kelas tanpa sekat yang bisa membuat mereka menjadi mahir berbahasa asing. Apalagi mempelajari bahasa bukan hal yg mudah, mereka yang bisa berbahasa asing adalah manusia hebat.

3. Pandai beradaptasi, lebih open minded!

Advertisement
Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Hal pertama yang seringkali terjadi saat menginjakkan kaki di luar negeri adalah culture shock, merasa bingung atau kaget dengan lingkungan yang tak biasa dengan tempat dahulu ia tinggal. Fase ini adalah fase paling penting saat bermukim di luar negeri.

Untuk melewati fase ini, mereka perlu mempelajari bahkan menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Ada proses panjang yang amat sangat berguna untuk mereka, menjadi pelajaran berharga yang hanya dimiliki oleh mereka yang bermukim/sekolah di luar negeri.

Akhir dari proses ini bermuara pada adaptasi. Cara mereka untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru membuat mereka memiliki banyak sekali pengetahuan. Cara berpikir mereka jadi lebih maju, punya banyak kacamata untuk melihat dunia, akhirnya mereka yang sekolah di luar negeri punya pemikiran yang lebih open minded!

4. Punya relasi yang lebih luas.

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Sekolah di luar negeri menjadi ruang dengan banyak pintu untuk mendatangkan relasi. Apalagi negeri yang mereka tuju adalah negeri dengan bidang pendidikan yang maju, biasanya menjadi incaran banyak pelajar di dunia untuk bersekolah di sana.

Akhirnya mereka punya kesempatan yang sangat besar untuk berkenalan dengan pelajar-pelajar hebat dari berbagai negara. Membangun relasi dengan orang yang berbeda culture tentu akan menjadi bekal bagi mereka yang sekolah di luar negeri saat nanti bekerja maupun menjalani hidup.

5. Punya motivasi yang sangat tinggi.

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Dari empat alasan sebelumnya, mereka akan dibentuk menjadi manusia yang tidak pantang menyerah. Berbagai macam tantangan hidup membuat mereka memiliki motivasi yang tinggi. Apalagi niat awal mereka untuk bersekolah di luar negeri adalah keinginan dari diri sendiri, jadi bahan bakar untuk terus bisa berjuang dalam hal apapun.

Nah itulah 5 alasan kenapa mereka yang sekolah di luar negeri adalah manusia-manusia hebat. Jadi, jangan patah semangat dulu, sayang banget kan jika 5 alasan tadi dibuang begitu saja, sekolah di luar negeri akan menjadi pengalaman dan pelajaran yang tidak bisa semua orang dapatkan. Kamu pasti bisa!

Jika kamu tertarik untuk sekolah di luar negeri, kamu bisa mulai dengan bergabung Qatar Airways Student Club. Qatar Airways Student Club adalah sebuah program global ekslusif untuk para mahasiswa di seluruh dunia. Akan ada banyak diskon besar dan program-program menarik bagi mereka yang mengikuti club ini. Anggota Student Club juga akan mendapatkan kartu digital yang dapat disimpan pada aplikasi seluler. Untuk informasi selanjutnya, kamu bisa daftar menjadi anggota club di sini.

#BelajarDiNegeriOrang

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Senang sekali dengan japanese iced coffee biji apapun...

CLOSE