#BelajarDiNegeriOrang-5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Sebelum Melanjutkan Studi di Luar Negeri

Butuh persiapan ya sebelum berangkat ke negeri orang

Belajar di negeri orang itu butuh persiapan yang matang ya guys! Sebelum kamu berangkat ada baiknya kamu melakukan hal-hal dibawah ini 🙂

 

Advertisement

1. Belajar masak!

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Terlalu sering makan di luar itu tidak baik untuk kesehatan tubuhmu juga kesehatan dompetmu ya! Kamu mungkin juga akan merasakan homesick dan ingin memakan makanan rumah untuk mengatasinya. 

Karena itu sebelum memulai perjuanganmu untuk menuntut ilmu di negeri orang, kamu bisa mencoba belajar memasak, terutama dari ibumu! Supaya saat kamu kangen makan masakan rumah, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri.

Advertisement

2. Belajar merencanakan keuangan

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Kamu bisa berlatih untuk membuat perencanaan keuangan, agar jangan sampai terjadi overspending. Cobalah membuat perencanaan keuangan untuk hal-hal penting seperti makanan dan akomodasi, dan sisakan untuk bersenang-senang. 

Tentunya kamu butuh pelepas stress saat belajar ya, tapi jangan sampai akhirnya kamu overspending dan kemudian stress memikirkan akan uang saat melanjutkan pendidikanmu di luar.

3. Pastikan semuanya well-organized

Advertisement
Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Sebelum kamu berangkat untuk kuliah di luar, pastikan semuanya sudah tersortir dengan baik, mulai dari keuangan, akomodasi sampai dengan visa. Kamu juga bisa membuat international student card yang akan memberikanmu banyak diskon sebagai student nantinya.

Kamu bisa juga daftar Qatar Airways Student Club supaya dapat banyak keuntungan dan diskon perjalanan! Jangan lupa juga membuat list perlengkapan yang harus kamu bawa untuk studi, misalnya laptop, notepad, pulpen, buku, dan semacamnya ya!

4. Lakukan pemeriksaan kesehatan

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Kuliah di luar negeri membutuhkan stamina dan kesehatan yang cukup prima, jadi lakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sebelum keberangkatan jika memungkinkan.

Jika kamu memiliki sakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu, jangan lupa pergi ke doktermu untuk konsultasi dan menyetok obat yang cukup banyak untuk dibawa saat berangkat studi.

5. Habiskan waktumu dengan keluarga dan sahabat dekat

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Waktumu untuk pergi keluar negeri untuk melanjutkan studi semakin dekat? Maka kamu harus banyak-banyak menghabiskan waktumu dengan orang-orang tercinta seperti keluarga dan sahabat dekat. Jangan lupa juga untuk menyimpannya dalam bentuk foto dan video

Sehingga saat homesick datang menyerang, terutama pada awal-awal kedatangan, tinggal buka foto dan video itu deh untuk meredam kangen! Semangat belajar yaa, semoga sukses menunggu saat kau pulang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE