#BelajarDiNegeriOrang-5 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Untuk Menempuh Pendidikan S2 di Luar Negeri

Pascasarjana di Luar Negeri

Semakin dewasa, kita mempunyai keinginan untuk bisa memiliki masa depan yang cerah, masa depan yang sukses dan pastinya masa depan yang bisa dibanggakan oleh kedua orangtua kita juga ya sobat Hipwee. Nah selain itu, kita juga pasti berpikir bagaimana caranya untuk bisa memiliki masa depan yang cerah tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan menempuh pendidikan setinggi mungkin. Siapa sih yang gak bangga sama kamu kalau kamu bisa menempuh S2 apalagi jika itu di luar negeri, Eropa misalnya?

Nah berikut ini adalah hal yang perlu dipersiapkan untuk kamu yang mau melanjutkan S2 di luar negeri.

Advertisement

1. Bisa Berbahasa Inggris

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Seperti diketahui ketika kita kuliah di luar negeri kita tentu harus bisa berbahasa Inggris. Karena natinya akan ada syarat skor TOEFL ataupun IELTS.Di era sekarang ini, kita sudah bisa menemukan banyak sekali lembaga yang menyediakan kursus bahasa Inggris dengan jaminan pasti dan hasil yang memuaskan.

Nah buat kamu yang berniat kuliah S2 di luar negeri, bisa dicoba untuk mengikuti kursus bahas Inggris terdekat yang ada di sekitar kamu ya, supaya nantinya bahasa Inggris kamu bisa lebih baik. Dan jangan menargetkan skor nilai minimum, tapi coba untuk lebih dari itu supaya peluang kamu diterima lebih luas.

Advertisement

2. CV(Curriculum vitae)

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://pin.it

Ini nih, CV atau Curriculum Vitae juga adalah hal yang perlu kamu persiapkan karena hal ini juga akan masuk pertimbangan kelulusan kamu nantinya. Mulai persiapkan untuk mengisi CV kamu dengan baik caranya yaitu dengan mengikuti banyak kegiatan, seperti mengikuti organisasi, volunteer, dan lain lain. Karena nantinya semua pengalaman itu bisa kamu cantumkan ke dalam CV.

3. Surat Rekomendasi

Photo by Sora Shimazaki on Pexels

Photo by Sora Shimazaki on Pexels via https://www.pexels.com

Hal ini sama pentingnya seperti CV (Curriculum Vitae), minta surat rekomendasi kepada dosen yang mengenal kemampuan dan karakter kamu ya.

4. Prestasi

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Buat kamu yang merencanakan untuk S2 di luar negeri, dengan mempunyai prestasi, peluang kamu diterima bisa lebih besar. Karena biasanya suatu universitas di luar negeri perlu pembuktian bahwa kita mempunyai kualitas diri yang bagus.

Advertisement

5. Biaya

Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Photo by Karolina Grabowska on Pexels via https://www.pexels.com

Seperti sekolah pada umumnya untuk menempuh pendidikan S2 di luar negeri. Kamu tentu perlu mempersiapkan biaya mulai dari membeli tiket untuk perjalanan ke luar negeri, untuk membuat paspor, biaya hidup disana dan masih banyak lagi. Mulai dari sekarang kamu bisa mempersiapkan semua biaya itu  dengan cara menabung misalnya.

Nah buat kamu yang bingung mau pergi dengan maskapai apa, kamu bisa melakukan penerbangan dengan menggunakan maskapai penerbangan Qatar yaitu Qatar Airways. Kamu juga bisa ikut bergabung di Student Club of Qatar airways. Nantinya akan ada banyak penawaran spesial mulai dari harga tiket, free wifi, dan juga fleksibilitas perubahan jadwal.

Nah itu dia beberapa persiapan yang perlu kamu persiapkan jika kamu ada keinginan untuk melanjutkan studi S2 ke luar negeri. Setiap usaha pasti akan membuahkan hasil, ketika kamu bisa mempersiapkan semuanya dengan baik, peluang kamu diterima bisa lebih besar.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswi

CLOSE