#BelajarDiNegeriOrang-6 Tips Ngambis Lebih Produktif Buat Sang Pemimpi Kuliah di Negeri Orang

Semua orang pasti bisa kuliah di luar negeri, jika melakukan tips ini~

Kalau kita berbicara tentang impian pasti tidak ada habisnya. Apalagi impian #BelajarDiNegeriOrang, ada aja bahasannya entah alasannya, suasana kampusnya, gaya hidupnya, atau kendala- kendala yang menghambat impian kuliah di luar negeri seperti biaya kuliah, bahasa, atau masih ragu dengan kemampuan sendiri untuk bersaing dengan pesaing yang lebih banyak di Negeri Orang yang pastinya lebih sulit. Ditambah lagi kita disibukkan dengan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari yang membuat kita lupa mempersiapkan diri untuk berperang mengejar impian atau masih bingung harus mau mulai dari mana? 

Eits, tenang semua butuh proses dan strategi yang matang dan baik. Ada 6 langkah yang bisa membuat impianmu untuk kuliah di luar negeri tercapai. 

Advertisement

1. Benahi mindsetmu, kokohkan motivasimu

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Setiap orang memiliki mindset atau pola pikir yang berbeda-beda yang dapat dipengaruhi oleh perasaan, lingkungan, dan tujuan masing-masing. Mindset dapat memengaruhi sikap seseorang karena dengan perasaan kita dapat memikirkan lalu melakukan sesuatu sesuai apa yang kita pikirkan. Jadi mindset adalah buah dari perasaan atau hati dan sikap adalah hasil dari sebuah mindset.

Sedangkan perasaan atau hati adalah bijinya. Perasaan dapat memengaruhi mood seseorang. Perasaan ini bisa diibaratkan bensin dari sebuah motor jika bensinnya habis maka motornya tidak akan berjalan.

Advertisement

Nah, sama halnya dengan motivasi. Seseorang yang memiliki motivasi yang kuat akan menciptakan mindset yang positif, mindset yang positif akan menghasilkan tindakan dan aksi yang positif dan lebih produktif di setiap harinya. Tanpa motivasi yang kuat maka tidak ada penggerak dan pendobrak pada saat angin topan menerpa kita karena kita harus bangkit dari keterpurukan secepat mungkin sebab masih banyak anak tangga yang menanti. 

2. Lakukan manajemen waktu

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Waktu adalah harta yang sangat berharga yang tidak dapat dibeli. Waktu juga tidak dapat diputar ataupun dinegosiasi, waktu akan terus berjalan meski kita sedang lelah dan berhenti sejenak untuk berjuang.

Advertisement

Waktu yang berharga ini akan terbuang sia-sia jika kita tidak bisa mengontrolnya dengan baik dan optimal. Dengan manajemen waktu kamu bisa mengatur jadwal kapan kamu harus bekerja, kapan kamu harus belajar, kapan kamu harus beristirahat sehingga waktu dan kegiatan yang akan kamu lakukan bisa seimbang.

Manajemen waktu dapat melatih dirimu untuk lebih disiplin, kerja cerdas, dan cepat sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kepuasan dalam bekerja. Selain itu, kamu akan terhindar dari ketegangan dan kecemasan tentang tabrakan antaraktivitas sehingga mempermudah urusan dan meningkatkan kualitas kesehatanmu. 

3. Buatlah mind mapping kehidupan

Photo by Thunderheadworks

Photo by Thunderheadworks via http://thunderheadworks.com

Mind Mapping Kehidupan dapat memetakan ide-ide yang ada di pikiranmu sehingga lebih mempermudah kamu dalam menggapai semua tujuan hidupmu. Intinya, kamu dapat mengumpulkan dan memetakan segala bentuk impianmu atau menuangkan ide-ide yang ada di pikiranmu dalam sebuah peta konsep pemiikiran.

Pengonsepan pikiran ini adalah cara yang paling efektif untuk cepat menggapai impian yang pertama kali dikembangkan oleh Tony Buzan, Psikolog dari Inggris.

4. Buatlah skala prioritas

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Kesibukan membuat kita kebingungan dalam melakukan aktivitas sehingga ada baiknya jika kita membuat skala prioritas seperti bagan di atas. Skala Prioritas tersebut dapat membantumu mengkategorikan tugas atau pekerjaan sesuai urgent dan kepentingannya.

Sehingga schedule kamu tidak kacau dan semuanya terjadwal dan terkoordinir dengan baik. Jadi tinggal kamu lakukan sesuai tingkat urgent dan kepentingannya, kuadran 1 dan 2 adalah kuadran yang harus terlebih dulu kamu diselesaikan.

5. Carilah informasi sebanyak-banyaknya seputar kuliah di luar negeri

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Setiap hari teknologi semakin canggih. Kita bisa memanfaatkannya untuk mencari informasi tentang dunia perkuliahan khususnya di luar negeri seperti informasi seputar university dan jurusan yang akan kamu tuju, info pendaftaran, info beasiswa, dan informasi seputar kota atau tempat yang nantinya akan kamu tempati saat kamu kuliah di sana.

Ini sangat penting untuk kamu lakukan karena akan membantumu mengenal lebih jauh tentang unitersity yang akan kamu tuju beserta lingkungan sekitarnya.

Dengan banyaknya informasi yang kamu dapat akan membuatmu semakin yakin atau tidak mengenai university tersebut sehingga saat kamu kuliah nanti kamu tidak akan kaget dengan atmosfer sekitar dan akan membuatmu nyaman serta bersemangat untuk menempuh pendidikan di sana. 

6. Mintalah doa restu orang tua

Photo by Liputan 6

Photo by Liputan 6 via https://www.liputan6.com

Orang tua kita adalah harta paling berharga, orang yang paling berjasa dalam hidup kita, pahlawan yang selalu ada untuk kita, dan rela berkorban demi melihat putra putrinya bahagia. Doa dan restu mereka adalah salah satu pendobrak pintu kesuksesan kita. Dengan kita meminta doa dan restunya maka Tuhan akan mempermudah jalan menuju impian kita dan Tuhan akan menuntun kita menuju masa depan yang cerah.

Jadi kita harus berbakti kepada kedua orang tua karena merekalah yang membuat kita seperti sekarang ini tanpa mereka kita bukanlah apa-apa. Selain itu, kita juga harus meningkatkan ketaatan kepada Tuhan karena di setiap perjuangan kita pasti akan membutuhkan pertolongan-Nya. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE