#BelajarDiNegeriOrang-Ini Dia Alasan Kenapa Negeri Paman Sam Cocok Buat Kamu yang Mau Kuliah di Luar Negeri

Destinasi Kuliah di Luar Negeri

Siapa sih yang tidak tahu negara satu ini? Amerika Serikat (US) atau negara yang mempunyai julukan negeri Paman Sam ini adalah sebuah negara maju yang memiliki begitu banyak keunggulan salah satunya di bidang pendidikan, Amerika Serikat dikenal dengan universitas-universitasnya yang inovatif, dilansir dari The World University Rankings 2021, ada beberapa universitas di Amerika yang tidak hanya menempati peringkat terbaik di dalam negeri, tetapi juga menjadi universitas terbaik di dunia.

Tidak heran mengapa negara ini menjadi salah satu destinasi yang cocok untuk kamu yang ingin berkuliah di luar negeri, dan tidak sedikit pula para pelajar internasional menjadikan US sebagai tujuan mereka untuk kuliah, sebelum kamu membulatkan tekad untuk menjadi mahasiswa baru disana, yuk disimak! Ini dia beberapa faktor pendukung kenapa kamu harus memilih US sebagai destinasi kuliah kamu

Advertisement

1. Layanan dukungan untuk Mahasiswa Internasional

Photo by fauxels from Pexels

Photo by fauxels from Pexels via https://www.pexels.com

Universitas di Amerika menyambut mahasiswa internasional untuk mengejar pendidikan tinggi di US, dan mereka memiliki sistem pendukung untuk membantu mahasiswa baru menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. 

Dukungan ditawarkan sepanjang tahun, bahkan katanya ospek di sana seru banget loh, ada juga bantuan penulisan akademik,  dan resume ketika kita bersiap untuk lulus.

Advertisement

2. Masyarakat dan budaya Amerika yang bersifat multikultural

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Hampir dari seluruh universitas di Amerika menganggap keberagaman sebagai hal yang penting bagi mereka, Secara historis, telah ada upaya yang kuat untuk mendukung usaha ini dan ada beberapa festival atau event untuk mengenalkan budaya dari setiap negara yang berbeda beda, ini nih kesempatan kita buat ngenalin Indonesia ke dunia luar, supaya mereka tau Bali itu di Indonesia, bukan Indonesia yang di Bali hehe

Bahkan asrama mereka penuh dengan siswa dari setiap negara, agama, dan etnis yang berbeda, ini juga menjadi alasan mengapa kalian bisa meningkatkan rasa toleransi antar sesama dan mengetahui latar belakang budaya yang berbeda-beda

3. Mutu pendidikan yang tinggi

Advertisement
Photo by Christina Morillo from Pexels

Photo by Christina Morillo from Pexels via https://www.pexels.com

Seperti yang kita ketahui Amerika memiliki begitu banyak Universitas terkenal bahkan menjadi Universitas terbaik di dunia, maka dari itu Amerika memiliki mutu pendidikan yang tinggi dan mempunyai standar internasional. Bahkan menurut Times Higher Education 2020-2021, sekitar 50% dari universitas ranking 100 besar di dunia berasal dari Amerika Serikat.

Gimana? Sampai sini udah mikirin gimana kehidupan di Amerika nanti? yuk sama sama kita bangun bangsa ini, dengan pendidikan yang lebih baik lagi, ga ada salahnya kan buat #BelajarDiNegeriOrang

4. Fasilitas pendukung yang sangat baik

Photo by Chokniti Khongchum from Pexels

Photo by Chokniti Khongchum from Pexels via https://www.pexels.com

Amerika Serikat adalah negara maju yang berteknologi canggih dan up-to-date. tidak sedikit dari beberapa universitas di Amerika menyediakan fasilitas terbaik untuk para mahasiswanya. dan menyediakan lingkungan tinggal, belajar yang nyaman dan aman.

5. Kesempatan untuk OPT (magang)

Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Photo by Daria Shevtsova from Pexels via https://www.pexels.com

Universitas Amerika memberikan izin bekerja part time 20 jam perminggu saat sekolah dan full-time 40 jam saat libur sekolah, dan kesempatan bekerja full-time sampai dengan dua belas hingga tujuh belas bulan di Amerika Serikat setelah kelulusan (tentu saja tergantung dari jurusan yang kalian ambil)

6. Beasiswa bagi siswa internasional

Foto de Ekrulila en Pexels

Foto de Ekrulila en Pexels via https://www.pexels.com

Ini nih informasi yang ditunggu-tunggu para scholarship hunter!

Universitas di Amerika menyediakan beasiswa parsial bahkan beasiswa penuh (beasiswa full) bagi para siswa internasional yang ingin menempuh pendidikan disana. Beasiswa penuh ini mencakup biaya sekolah, biaya kos atau asrama, biaya makan dan minum, biaya transportasi pulang, bahkan uang jajan juga loh, lumayan kan hehe.

Sedangkan beasiswa parsial hanya menutupi biaya studi saja tidak mencakup biaya hidup, dan kamu pasti akan membutuhkan biaya untuk hidup disana.

Berikut ini beberapa beasiswa full yang bisa kamu dapatkan, diantaranya adalah:
1. Foreign Fulbright Student Program
2. Hubert Humphrey Fellowship Program
3. Abbey Road Summer Scholarship
4. The Next Gen Scholarship Fund
5. East-West  Center Scholarship and Fellowship
6. Model UN-UNESCO Center for Peace (CFP)
Kamu bisa mencari informasi lebih lengkap tentang beasiswa diatas, dan untuk informasi tentang penerbangan kamu bisa kunjungi Qatar Airways Student Club. Semoga berhasil, aku yakin kamu bisa dan aku yakin kita bisa, good luck

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE