#BelajarDiNegeriOrang-Nggak Perlu Takut Kalau Kamu Bisa Mempersiapkan 5 Hal Ini Loh~

Sebelum berangkat ke negeri orang, pastikan kamu sudah menyiapkan ini, ya!

Sebelum #BelajarDiNegeriOrang, ada banyak hal yang perlu kita pertimbangkan. Dengan pertimbangan yang matang tersebut, maka kita akan semakin siap pula #BelajarDiNegeriOrang. Yuk, bahas hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan!

Advertisement

1. Tentukan dahulu tujuanmu

Photo by Pressfoto on Freepik

Photo by Pressfoto on Freepik via https://www.freepik.com

Saat akan #BelajarDiNegeriOrang, penting bagi kita mengetahui alasan kita berkuliah di negara atau universitas tersebut.

Sebab, tanpa alasan yang kuat, kita akan lebih mudah goyah dan menyerah saat menghadapi tantangan. Jadi, pastikan kita telah memiliki alasan yang kuat sebelum memutuskan langkah, ya!

Advertisement

2. Biaya bukan masalah, kok!

Photo by Freepik on Freepik

Photo by Freepik on Freepik via https://www.freepik.com

Saat ini, biaya tak perlu menjadi masalah besar saat kita mau #BelajarDiNegeriOrang. Ada banyak penawaran beasiswa yang bisa didapatkan, mulai beasiswa dari pemerintah Indonesia, pemerintah negara yang dituju, universitas, hingga pemberi beasiswa lainnya. Yang pasti, kita harus rajin dan tekun agar bisa mendapatkan beasiswa yang diharapkan.

3. Spesialisasi yang ingin kamu dalami?

Photo by Freepik on Freepik

Photo by Freepik on Freepik via https://www.freepik.com

Di luar negeri, terdapat berbagai jurusan dengan spesialisasinya. Bahkan, ada spesialisasi-spesialisasi yang mungkin tidak ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, kita perlu memahami spesialisasi yang ingin didalami serta prospek kerja ke depannya. Jadi, sudah pasti kita paham betul mengenai ilmu yang akan diambil serta manfaatnya kelak.

4. Riset, riset, dan riset!

Advertisement
Photo by Tiarachardz on Freepik

Photo by Tiarachardz on Freepik via https://www.freepik.com

Riset bukan hanya soal tugas akhir, ya! Sebelum #BelajarDiNegeriOrang, kita perlu melakukan riset agar semakin memahami negeri tersebut. Misalnya, bagaimana universitas serta jurusan yang kita tuju, budaya masyarakat setempat, kehidupan sosialnya, dan lain-lain.

Riset yang matang akan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kehidupan yang akan kita hadapi. Temukan pula kelebihan, kekurangan, serta tantangan yang mungkin terjadi.

5. Ketahui Aksesnya

Photo by Ake1150sb

Photo by Ake1150sb via https://www.freepik.com

Salah satu hal penting yang sering terlupakan adalah informasi mengenai akses ke negara tujuanmu. Hal ini meliputi jadwal penerbangan, biaya, fasilitas selama perjalanan, maskapai, dan lain-lain. Untuk persiapan satu ini, kita bisa mempercayakan pada Qatar Airways. Apalagi, ada program Qatar Airways Student Club yang memberikan sejuta manfaat untuk mobilitas pelajar antar negara. Wah, seru, 'kan!

6. Mantabkan langkahmu!

Photo by Tirachardz on Freepik

Photo by Tirachardz on Freepik via https://www.freepik.com

Setelah mengetahui alasan dan berbagai hal tentang kehidupan yang akan dijalani saat #BelajarDiNegeriOrang, kamu perlu memantabkan tekad dan komitmen. Dengan komitmen yang kuat, kamu akan selalu punya semangat untuk menyelesaikan apa yang telah dimulai ini sebaik-baiknya. Jika perlu, tuliskan kata-kata penyemangat untuk diri sendiri ataupun meminta dukungan keluarga, ya.

#BelajarDiNegeriOrang dan pulang mengantongi gelar sesuai harapan bukan lagi impian, kok. Mulai hari ini, persiapkan dirimu sebaik-baiknya, ya! Mimpimu hari ini, usahamu esok hari, akan mengantarkan dirimu pada masa depan yang membanggakan. Semengat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE