#BelajarDiNegeriOrang-Nggak Terbayangkan Sebelumnya, Ada 5 Hal yang Kamu Dapatkan Saat Kuliah di Luar Negeri

Ada beberapa hal yang terkadang kamu nggak sadari, ketika kamu kuliah di luar negeri. Nah, apa saja itu?

Kuliah di luar negeri, menjadi keberuntungan dan kebanggaan tersendiri, karena nggak semua orang mendapatkan kesempatan yang sama. Banyak hal yang harus disusun jauh hari sebagai persiapan memilih kampus sesuai dengan apa yang diharapkan. Tentunya, butuh perjuangan untuk meraihnya. Dimana, kamu harus belajar sungguh-sungguh dan nggak boleh putus asa di tengah jalan.

Kamu harus memiliki prinsip dan komitmen terhadap pilihan yang ingin dijalani, seperti persiapan mental yang harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Pastinya, memiliki perbedaan dari segi budaya dan tatanan kehidupan bermasyarakat. Dimana di luar negeri, kamu harus bisa menyesuaikan dan mengambil sisi yang baik pada kebudayaan yang baru, sehingga kamu nggak mengalami culture shock atau kegoncangan budaya, yang bisa mempengaruhi aktivitas belajarmu.

Persiapan fisik juga perlu diperhatikan, mengingat kondisi geografis dan iklim berbeda dengan Indonesia. Jika Indonesia memiliki iklim tropis dengan dua musim yaki musim kemarau dan musim hujan. Benua eropa beriklim subtropis yang memiliki empat musim yakni musim gugur, musim dingin atau winter, musim semi dan musim panas. Semangat ya, karena di setiap musimnya kamu harus berjuang untuk menyesuaikan dengan cuaca sekitarnya, agar terbiasa dengan situasi yang dihadapi.

Advertisement

1. Di samping tujuanmu pergi belajar, kamu juga mendapatkan paket bonus bisa sekalian liburan

Photo by Ryutaro Tsukata on Pexels

Photo by Ryutaro Tsukata on Pexels via https://www.pexels.com

Pernah tahu nggak peribahasa nyelam sambil minum air? Ya, ungkapan itu mengartikan kamu seperti melakukan suatu hal, yang ternyata kamu dapat melakukan dua hal sekaligus atau mendapat manfaat dari keduanya. Kayaknya peribahasa itu cocok buat kamu yang pengen pergi berlibur di luar negeri dan di samping itu kamu juga berkesempatan untuk melaksanakan studi di negara impianmu.

Kamu bisa menjalankan kuliah kamu sekaligus berwisata ke tempat yang kamu inginkan, bahkan kamu dapat berwisata berkali-kali. Misalnya, saat kamu kuliah di Jepang, banyak tempat-tempat keren yang wajib dikunjungi untuk melepas penat setelah belajarmu. Kyoto merupakan kota di negara Jepang yang cocok buat kamu liburan akhir pekan bersama teman-teman, karena banyak pemandangan alam yang hijau nan asri, serta masih banyak peninggalan sejarah yang terjaga tempatnya.

Advertisement

2. Mengembangkan potensi diri kamu dalam mempelajari bahasa asing

Photo by cottonbro on Pexels

Photo by cottonbro on Pexels via https://www.pexels.com

Di zaman yang serba modern ini, pentingnya untuk menambah skill dan belajar bahasa asing, karena persaingan dalam dunia kerja khususnya semakin ketat bahkan sumber daya manusia bisa saja terkalahkan dengan teknologi yang semakin canggih.

Manfaat yang diperoleh ketika kuliah di luar negeri, kamu dapat menambah pengetahuan bahasa dan sebagai persiapan bekal memasuki dunia kerja. Oh iya, siapa tau kamu bisa menjadi penerjemah bahasa. Wah, Keren banget!

3. Menambah relasi atau hubungan pertemanan

Advertisement
Photo by mentatdgt on Pexels

Photo by mentatdgt on Pexels via https://www.pexels.com

Pernah kepikiran nggak kamu punya teman dari mancanegara? Wah, pasti bakalan seru. Berinteraksi pakai bahasa inggris, bahkan sampai bisa fasih memakai bahasa asli sehari-hari dari negara aslinya. Selain dari bahasa, menjalin hubungan baik dengan teman dari mancanegara dapat menambah dan memperluas informasi kamu lebih dalam lagi mengenai negara tempat kamu kuliah, serta bisa mengetahui peraturan dan adat istiadat yang diterapkan di luar negeri.

 

Pastinya, lingkungan pertemanan di luar negeri bermacam-macam berasal dari berbagai negara dan kota. Menjaga hubungan baik dengan teman kuliahmu di negara aslinya, bisa membantu kamu untuk mencari informasi mengenai tempat yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari dan kost atau asrama yang menjual dengan harga murah. Sangat membantu dong tentunya~

4. Menambah wawasan yang luas tentang luar negeri

Photo by Ryutaro Tsukata on Pexels

Photo by Ryutaro Tsukata on Pexels via https://www.pexels.com

Sebelum pergi ke negara tempat kuliahmu, pastinya kamu akan mencari tahu terlebih dahulu gimana kondisi lingkungan, transportasi, pola kehidupan masyarakat, dan sebagainya. Karena kamu akan banyak menghabiskan waktu baik untuk tinggal ataupun menempuh studi, tentunya banyak hal yang kamu dapatkan yang sebelumnya kamu belum mengetahui.

Selain wawasan mengenai ilmu yang kamu dapatkan ketika di kelas, kamu juga akan mendapatkan pengalaman baru yang berbeda saat kamu tinggal di Indonesia. Misalnya, wawasan mengenai kehidupan sosial masyarakat asli yang unik, cerita dan peninggalan sejarah yang banyak tak diketahui orang.

5. Belajar hidup mandiri dan menyelesaikan permasalahan dan rintangan sendiri

Photo by Samuel Silitonga on Pexels

Photo by Samuel Silitonga on Pexels via https://www.pexels.com

Kuliah di negeri perantauan itu memang dituntut untuk menjadi mandiri, jauh dari kampung halaman dan rumah tercinta. Suasana akan sangat berbeda dengan yang biasanya, apalagi kuliah di luar negeri menempuh jarak yang jauh. Adakalanya tiba-tiba kamu kangen sama masakan ibu atau masakan khas daerah tempat tinggalmu, untuk mengobati rasa rindu akan kampung halamanmu kamu bisa mencari bahan masakan yang ada di supermarket atau pasar lalu memasak sendiri makanan khas daeah asalmu.

Walaupun rasanya nggak sama persis seperti aslinya, setidaknya kamu mencoba menawar rindu dengan masakan buatanmu sendiri. Nggak menutup kemungkinan, banyak persoalan lainnya yang menimpamu saat kuliah di luar negeri namun, dengan semangat juang dalam mencapai tujuanmu, pasti semua permasalahan akan bisa mudah terselesaikan. Dengan kesabaran dan kegigihan semua akan berjalan baik-baik saja!

Oh iya, kamu juga bisa mencari informasi seputar penerbangan negara tempat kamu kuliah di Qatar Airways Student Club. Nantinya, kamu akan mendapatkan kartu Student Club yang bisa digunakan untuk mendapatkan harga tiket spesial untuk penerbangan, kelonggaran kelebihan bagasi, super Wi-Fi bebas biaya dan banyak lagi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menulis, membuat puisi dan bercerita tentangmu.

CLOSE