#BelajarDiNegeriOrang-Ragu Untuk Kuliah di Luar Negeri? 6 Tips Ini Bisa Kamu Coba Agar Yakin Maksimal!

Tips Agar Dapat Berkuliah di Luar Negeri

Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dimiliki oleh seseorang. Pendidikan bahkan dapat menentukan tingkat kesejahteraan seseorang hanya dengan melihat sejauh mana pendidikan telah Ia gapai. Hal inilah yang mendasari pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Hmm, yupss. Perguruan Tinggi jawabannya.

Banyak perguruan tinggi yang tersedia hampir di seluruh penjuru Indonesia. Tapi Pernahkah sahabat hipwee berpikir untuk bisa berkuliah di luar negeri? Atau masih ragu karena takut akan persaingan yang ketat? Tenang, Jangan takut. Kali ini author bakalan kasih tips agar bisa #BelajarDiNegeriOrang. Simak sampai selesai, ya!

 

Advertisement

1. Pertama dan terpenting, selalu berdoa kepada Tuhan.

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via http://www.unsplash.com

Poin terpenting yang selalu harus sahabat hipwee terapkan. Selalu berdoa kepada Tuhan. Jangan lupakan Tuhan dimanapun dan kapanpun sahabat hipwee beraktivitas.

Termasuk selalu berdoa agar diberi kemudahan dalam mengejar impian, termasuk impian agar dapat diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Advertisement

2. Terapkan penggunaan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via http://www.unsplash.com

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi yang paling banyak digunakan, terbit di negara maju yang pastinya merupakan surga bagi perguruan tinggi terbaik dari seluruh dunia.

Sahabat hipwee harus menguasai kemampuan berbahasa Inggris yang baik agar nantinya tidak kesulitan dalam beradaptasi terhadap lingkungan baru. Eits, jangan sedih. Ada beberapa cara yang banyak dicoba Kebanyakan orang dan hasilnya memuaskan, di antaranya:

Advertisement
  1. Untuk sahabat yang suka dengerin musik sama nonton film, sahabat bisa pilih lagu dan film berbahasa Inggris. Lagu berbahasa Inggris dapat membuat sahabat lebih familiar dengan kosakata Inggris dan film berbahasa Inggris dapat lebih mengasah skill kemampuan berbahasa Inggrismu menjadi lebih fasih.
  2. Gunakan media sosial sebagai sarana untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris. Cari dan bergabunglah dalam komunitas maupun teman yang memang Mahir dan fasih berbahasa Inggris. Ingat, harus aktif biar usahamu tidak berakhir sia-sia.

Cara di atas hanya berlaku untuk persiapan jauh-jauh hari ya sahabat. Kalau untuk jangka pendek, percuma gak ada hasil. Ingat ya sahabat!

3. Cari informasi tentang negara dann jurusan incaranmu

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via http://www.unsplash.com

Poin yang satu ini nggak kalah pentingnya. Sahabat hipwee harus mencari informasi tentang negara dan jurusan incaranmu. Selain itu, kamu harus mempertimbangkan banyak hal mulai dari bahasa, kebiasaan, norma dan budaya masyarakat di sana.

Kamu bisa melihat Vlog dan blog pengalaman pelajar Indonesia di negara orang yang banyak tersedia sebagai informasi tambahan dan referensi.

4. Ubah pola pikir, percayalah pada mimpimu

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via http://www.unsplash.com

Banyak orang akhirnya menyerah pada mimpinya hanya karena sebuah pola pikir yang tidak benar. Jangan berpatokan pada sekumpulan angka titik teruslah berjuang dan jangan menyerah pada abimu.

Banyak orang yang tidak pandai di sekolah, justru berhasil masuk ke perguruan tinggi ternama dunia. Jadi, jangan mudah menyerah sahabat. Hanya butuh usaha kok 🙂

5. Luangkan waktu untuk beristirahat

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via http://www.unsplash.com

Nah, ini penting banget sahabat. Seringkali kita  terlalu asik  belajar hingga lupa untuk beristirahat sejenak. Otak kita tidak bisa dipaksakan untuk bekerja keras  terus menerus.

Luangkan waktu hanya untuk sekedar duduk santai sembari menyeruput minuman hangat agar otak kita dapat beristirahat dan memulai sesuatu dengan lebih baik lagi.

 

6. Lengkapi persyaratan

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via http://www.unsplash.com

Terakhir, lengkapi persyaratannya. Pada fase ini kamu harus menyiapkan dokumen akademik maupun surat bukti kemampuan berbahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS. Jangan sampai hanya karena berkas persyaratan yang kurang lengkap menghancurkan segala usaha yang telah kamu lakukan selama ini.

Nah, itu dia tips yang bisa kamu coba agar lebih meyakinkanmu untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Jangan takut lagi karena sekarang ada Qatar Airways Student Club yang akan membantumu selama perjalanan mewujudkan mimpimu. Dengan kenyamanan dan keuntungan lainnya, jadikan perjalanan mewujudkan mimpimu menjadi lebih bermakna!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE