Belfast merupakan bagian dari Britania Raya yang satu pulau dengan Irlandia. Sebenarnya, Belfast merupakan sebuah ibukota dari Northern Ireland atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Irlandia Utara.

Walaupun satu pulau dengan Irlandia, kita pula tak dapat masuk sembarangan ke Irlandia. Visa britania hanya dapat digunakan di Wales, Skotlandia, Inggris dan Irlandia Utara, ketika kita masuk ke Irlandia perlu visa khusus ke Irlandia. Irlandia Utara memang tidak begitu terkenal seperti bagian negara lain di Britania. Namun, surga kecil ini punya beberapa tempat menarik untuk dikunjungi, yuk cek!

1. Belfast Castle

Belfast Castle

Belfast Castle via http://belfastcity.gov.uk

Merupakan komplek kastil yang terletak di lereng Cave Hill Country Park, Belfast. Belfast Castle bisa dikunjungi setiap hari mulai jam 9 pagi hingga 12 malam dan pada hari minggu serta senin buka selama 24 jam waktu setempat. Area kastil dengan ketinggian 120m dan kita dapat melihat pemandangan kota Belfast yang bikin adem. Kastil ini telah dibangun sejak abad ke-12 di area pusat kota Belfast. Pada tahun 1811 dibangun kembali kastil baru di wilayah pinggiran kota Belfast.

Mengapa dibangun kembali? Karena bangunan sebelumnya terbakar, hingga pada tahun 1988, kastil ini dibuka untuk umum. Di sekitar bangunan utama kastil terdapat taman-taman yang dihiasi bunga serta pusat informasi, restoran, dan toko oleh-oleh. Tertarik ke sana? Kalian bisa menempuh perjalanan kurang lebih 17 menit dari ibukota Irlandia Utara.

Advertisement

2. Cave Hill

Cave Hill Belfast

Cave Hill Belfast via http://theendlessadventure.co

Bukit yang tidak jauh dari pusat kota dan kalian bisa berkunjung setelah melihat Belfast Castle lho !

Merupakan bukit yang tersusun dari batu-batuan basalt dan memiliki ketinggian 370 meter dari permukaan laut. Area bukit ini terdapat beberapa gua, dan di bagian puncak bukit terdapat sebuah benteng batu yang disebut McArt’s Fort. Jadi kalian juga bisa melihat kota Belfast yang luas!

3. Belfast Botanica Gardens

Advertisement

Taman publik dan kebun yang terletak di Stranmilis Road, wilayah selatan Belfast ini mempunyai luas 11 hektar! Wow luas banget!

Pertama kali dibangun pada tahun 1828 sebagai taman privat dengan nama Royal Belfast Botanical Gardens dan tahun 1895, taman ini dibuka untuk publik. Ada 2 rumah kaca di taman ini yaitu: Palm House dan Tropical Ravine House. Ada beberapa spesies bunga yang menarik di sini, seperti bunga lily setinggi 11 meter, bunga pink-ball yang berbunga setiap bulan Februari, dan tumbuhan Xantorrnea yang berusia 400 tahun. Hanya 12 menit saja kok dari kota Belfast, tempat ini nggak kalah dengan taman-taman eropa lainnya!

Tempat wisata ini dapat dikunjungi 07.30-17.30 waktu setempat.

4. Ulster Museum

Ulster Museum

Ulster Museum via https://belfastlive.co.uk

Setelah berjalan-jalan melihat yang adem-adem dan keindahan ibukota Irlandia utara, saatnya berkunjung ke masa lampau !

Yup, Ulster Museum jawabannya! Masih berada di daerah yang sama dengan Belfast Botanica Gardens, museum ini merupakan museum yang terbesar di Irlandia Utara dan merupakan bagian dari National Museums Northern Ireland. Pertama kali dibuka pada tahun 1929 dengan nama Belfast Natural History Society dan dipindahkan mulai tahun 1929. Baru pada tahun 1962, nama museum diganti menjadi Ulster Museum. Koleksi yang dipamerkan cukup beragam, mulai dari karya seni hingga sejarah. Buka setiap hari kecuali hari Senin, mulai jam 10 pagi hingga 5 sore.

5. Belfast City Hall

Buka pukul 08.30-17.00 dan pada sabtu-minggu 10.00-16.00 waktu setempat, Belfast City Hall patut dikunjungi sebelum meninggalkan negara yang masih satu pulau dengan Irlandia ini.

Gedung balai kota yang terletak di Donegal Square, Belfast, dan tempat Dewan Kota Belfast pula berkantor di sini. Mengusung arsitektur Baroque Revival, Belfast City Hall pertama kali dibangun pada tahun 1898 dan resmi dibuka pada tahun 1906. Luas Keseluruhan komplek gedung dan halaman ini sekitar 0,6 hektar.

Sudut gedung terbagi sejumlah 4 bagian dan masing-masing tempat terdapat menara setinggi 53 meter dan di bagian tengah gedung terdapat sebuah kubah. Kalau kalian telat berkunjung di Belfast City Hall karena sudah tutup, kamu masih bisa jalan-jalan ke Belfast Wheel dan Victoria Square Shopping Centre yang tidak jauh dari gedung.

Jadi, tertarik melancong ke salah satu negara bagian Britania ini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya