Sebelum memutuskan untuk berteman dengan sang mantan pacar, tanyakan pada diri sendiri, “Sudahkah aku  move on darinya? Mungkin, pertanyaan sederhana tapi percayalah ini tak mudah untuk dijawab. Terkadang kamu sendiri bingung dengan perasaanmu untuknya, apakah benar-benar sudah tidak ada rasa atau masih ada sisa-sisa cinta yang tertanggal. Selain itu, ada di satu titik kamu merasa sepertinya belum siap berteman dengan mantap pacar.

Bukannya melarang kamu untuk berteman dengannya, tetapi jika kamu masih ada rasa yang tersisa, menjalin pertemanan justru akan memicu sakit hati atau rasa ingin memiliki lagi. Pada akhirnya, kamu malah menunda waktu move on darinya.

Nah, sebelum memutuskan untuk menjalin pertemanan dengan si mantan pacar, pastikan kamu membaca artikel di bawah ini. Jika kamu bisa berkata tidak pada 5 statement di bawah ini, itu tandanya kamu sudah siap berteman dengannya. Kalau masih ragu, mending tahan dulu~

1. Ketika dia jalan sama cewek lain, kamu (masih) merasa cemburu

Cewek cemburu - Photo by Agung Raharja

Cewek cemburu – Photo by Agung Raharja via https://unsplash.com

Advertisement

Saat kamu tahu dia udah punya pacar baru, kira-kira, bagaimana responmu? Apakah kamu biasa saja? Turut berbahagia? Atau malah patah hati dan cemburu? Kalau pertanyaan yang terakhir kamu jawab “Iya”, berarti kamu mendingan gausah berteman dulu sama dia.

Soalnya, dilansir dari Psychology Today, orang-orang yang kembali berteman dengan mantan pacar karena cemburu, biasanya justru akan menimbulkan perasaan sakit hati. Jadi, renungkan dulu perasaanmu sebelum memutuskan untuk berteman dengan sang mantan ya.

2. Kadang masih suka ngayal balikan

Gambar cewek berkhayal

Gambar cewek berkhayal via https://pixabay.com

misal kamu lagi jalan ke tempat yang biasa kalian kunjungi, apa yang bakal kamu rasakan? apakah muncul baying-bayang saat kalian masih bersama?

Advertisement

atau, kalau kamu lagi ngelihat dia di suatu tempat, apa yang kamu pikirkan? apakah merindukan dan mengingat lagi masa lalu?

kalau jawabannya iya, alangkah lebih bijak jika kamu tak berteman dulu dengannya. mending kasih waktu  untuk hatimu agar bisa lepas dari angan untuk bersamanya.

3. Kalau keinget doi, bawaannya langsung sedih dan pengen nangis

Cewek menangis - Photo by Pixabay

Cewek menangis – Photo by Pixabay via https://www.pexels.com

Hayo ngaku, pas kamu lagi liat foto doi, apa yang bakal kamu lakuin? Apakah nangis dipojokan kamar sembari meratapi hubungan yang telah kandas? Kalau jawabannya, iya, please banget jangan berteman dulu sama dia. Alasannya sederhana, ketika kamu aja belum bisa melupakan dia, berteman bakalan membuatmu merasa nyaman.

Apa jadinya jika ternyata kamu nanti berharap lebih dari sekadar menjalin pertemanan alias balikan? Iya kalau doi juga masih sayang sama kamu juga, kalau nggak? Yang ada malah patah hati nanti! So, hati-hati sama hatimu. Ya!

4. Masih kepo segala aktivitas mantan

Gambar cewek pegang handphone

Gambar cewek pegang handphone via https://pixabay.com

Dilansir dari laman Psychology Today, 85% orang yang baru saja putus dengan pacarnya mengaku masih sering mencari tahu kabar sang mantan lewat sosial media. Apakah kamu juga melakukannya?

Lantas, bagaiamana perasaanmu saat mengetahui kabar tentangnya? Apakah biasa saja? Atau justru cemburu, saat dia sudah menemukan kehidupan baru?

Kalau misal kamu masih cemburu dan kesal dia punya gandengan baru, itu tandanya kamu belum siap temenan ama doi. Salah-salah, kamu nanti malah bete, sedih, kecewa, ketika akhirnya berteman sama dia.

5. Masih merasa marah dan belum siap kehilangannya

Gambar cewek frustasi - Photo by Tess Emily Seymour on Pexels

Gambar cewek frustasi – Photo by Tess Emily Seymour on Pexels via https://www.pexels.com

Pas kamu ingat alasan kenapa kalian berpisah, apa yang bakal kamu rasakan? Apakah kesal, sedih, dan ingin marah-marah? Rasanya, kamu masih belum memaafkan segala sesuatu yang terjadi pada hubungan kalian.

Kalau iya, mending kamu jaga jarak dulu sama doi. Jangan sampai kamu menghubunginya dulu dan memutuskan untuk berteman dengannya. Soalnya, kalau kamu masih belum bisa memaafkan semuanya, kalau berteman yang ada malah menimbulkan pertengkaran.

Kamu bisa jadi bakal menanyakan perihal apa yang telah terjadi pada hubungan kalian. Dari pembahasan itu, percayalah hatimu bakalan sakit hati lagi.

Nah, itu tadi 5 hal yang perlu kamu pastikan dulu sebelum memutuskan untuk temenan sama sang mantan. Kalau emang kamu masih belum yakin sama perasaanmu, mending tak usah berteman dulu dengannya. Kasih hatimu waktu untuk terbiasa tanpanya dulu, baru kalian bisa berteman lagi. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya