#BeraniWujudkanMimpi-5 Manfaat Ini yang Akan Kamu Dapatkan Ketika Kamu Kuliah Sambil Kerja!

Ketika mengejar mimpi dengan berani, maka kuliah sambil kerja nggak masalah!

Di saat seperti ini, kuliah sambil kerja mungkin akan terasa sangat melelahkan. Udah banyak tugas, banyak kerjaan pula. Duh, mungkin kamu yang kuliah sambil kerja akan merasakan hal ini. Awal-awalnya akan terasa melelahkan dan ya kalau kamu nggak kuat mungkin akan mundur secara teratur dari perkuliahan di semester 3 atau 4.

Tapi, tenang kamu yang sedang merasakan di fase ini jangan pernah menyerah ya! Karena ada hal yang akan kamu dapatkan ketika kamu melewati fase-fase ini. Ketika kamu merasakan lelah, stress, yang kau perlukan hanya satu, ingat lagi apa mimpi yang akan kamu capai nanti? Kamu rela menyerah sekarang?

Bagi kamu yang sedang berkuliah sambil kerja 5 hal ini yang akan kamu rasakan, bahwa hal ini sangat bermanfaat di kemudian hari.

Advertisement

1. Banyak Kerjaan? Banyak Tugas juga? Itulah yang akan membuatmu Naik Level!

Kuliah sambil Kerja

Kuliah sambil Kerja via http://pexels.com

Banyak tuntutan kerja, banyak tugas pula. Kalau kamu bisa melewati itu semua, artinya kamu sudah naik level! Mungkin kamu yang sedang membaca ini, sudah melewati ini atau mungkin sedang menjalaninya.

Tingkat stress akan meningkat, tapi kalau kamu bisa menjalaninya maka inilah waktunya kamu akan mendapatkan pengalaman lebih banyak. Bersabar adalah kunci, dan belajar dari pengalaman adalah hasil yang akan kamu dapatkan jika terus bersabar.

Advertisement

2. Skill Mengelola Keuangan adalah hal yang akan Kamu dapatkan ketika Kuliah sambil kerja.

Skill mengatur Keuangan

Skill mengatur Keuangan via http://pexels.com

Ini adalah hal yang paling krusial. Karena hal ini yang akan sering terjadi ketika kamu masih masa kuliah. Kalau kebanyakan mahasiswa mengandalkan pemasukan dari orangtuanya, sedangkan kamu yang kuliah sambil kerja mencari pemasukan sendiri.

Itu benar-benar pengalaman yang nggak akan pernah tergantikan. Kenapa? Karena, kamu sudah berpikir bagaimana mengelolanya. Mulai dari bayar kosan, biaya makan sehari-hari, belum lagi beli hal-hal yang kamu perlukan, sedekah, dan hal-hal lain yang perlu kamu pikirkan saat hidup sendiri seperti ini.

Jadi, kamu pun nggak konsumtif dan merasa bertanggung jawab bagaimana mengelolanya dengan baik.

Advertisement

3. Dapat Mengatur Waktu dan Tenaga, adalah Skill yang bikin Kamu naik Level!

Mengatur Waktu dan Tenaga

Mengatur Waktu dan Tenaga via http://pexels.com

Nggak hanya waktu yang terus-menerus kamu pikirkan. Kamu pun perlu memikirkan, apakah tenaga mu cukup untuk melakukan ini? Maka ketika badan kamu sudah lelah, maka itulah waktumu untuk beristirahat dari kesibukan yang ada. Lepaskan penatmu sejenak, dan rasakan emosi dari dalam, rasakan napasmu mengalir dan istirahat sejenak.

4. Menambah Skill Komunikasi dengan Orang Lain

Skill komunikasi

Skill komunikasi via http://pexels.com

Bagaimana cara agar pesan atau ide mu tersampaikan dengan baik kepada orang lain, bagaimana opini atau pendapat kita bisa diterima, itu semua akan kamu pelajari seiring berjalannya waktu. Karena teori saja tidak cukup, butuh praktek untuk merealisasikannya. Karena kamu pun butuh proses untuk mengembangkan skill ini.

5. Seni dalam Memimpin Diri dan Orang Lain yang akan Kamu dapatkan saat Kamu Kuliah sambil Kerja

Leadership

Leadership via http://pexels.com

Ini yang nggak kalah penting, seni memimpin diri dan orang lain. Ketika kamu tetap sabar saat ditegur oleh atasanmu maka itulah leadership. Ketika kamu tetap sabar dan memberitahu pelan-pelan ketika ada bawahanmu melakukan hal yang tak sesuai SOP perusahaan, maka itu juga namanya leadership.

Ketika kau terus mengeksplor apa yang kamu lakukan kuliah sambil kerja, maka kamu akan mendapatkan kenaikan level dalam soft skill dan hard skill ini. Percaya deh, ketika kamu tetap sabar menjalani tantangan ini, maka mental dan diri kamu pun akan naik level seiring berjalannya waktu.

Tetap semangat ya! dan #BeraniWujudkanMimpi 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya lebih dikenal dengan panggilan fina. Saya mempunyai hobi melukis dengan media cat air dan menulis beberapa jenis tulisan. Dan kesibukan saya sekarang ada sebagai mahasiswa.

CLOSE