#BeraniWujudkanMimpi–Catatan Penting bagi Kamu yang Akan Berjuang di Tahun 2021

ADVERTISEMENT

“You are never too old to set another goal or to dream a new dream.” — C.S. Lewis

Tak terasa, lembaran baru kehidupan kita sudah siap untuk dibuka. Dari isu sosial, politik, hingga kesehatan, tahun 2020 menyisakan banyak kenangan yang berkesan. Terdapat jutaan orang yang menanggalkan impiannya di tahun 2020. Terdapat jutaan orang pula yang bangkit dan mulai menggantungkan harapan baru untuk tahun 2021. Kamu pun juga harus bangun dari keterpurukan dan mulai #BeraniWujudkanMimpi di kesempatan kali ini. Lalu, bagaimana sih kita harus menyiapkan awal kehidupan di tahun 2021?

ADVERTISEMENT

1. Ubah Mindset Negatif

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via http://pexels.com

Sebagian orang mungkin merasakan tahun 2020 merupakan tahun terburuknya. Tahun yang menguji pikiran dan batin seseorang. Namun, dengan memulai babak baru ini, cobalah untuk memaafkan dirimu sendiri. Selain itu, kamu juga akan bisa melihat permasalahan yang telah kamu lalui dari sisi lain. Hal yang kamu pikir sebuah kesialan, bisa jadi menghindarkanmu dari hal buruk lainnya.

Mengawali hal baru dengan mindset positif menjadi hal yang penting. Melangkah di tahun yang baru, berarti akan ada resolusi baru yang harus dicapai. Tinggalkan pikiran negatif yang akan menghalangimu dalam mencapai tujuan. Fokuskan pandangan ke depan dan mulailah hari-harimu dengan penuh semangat dan gairah!

ADVERTISEMENT

2. Berusaha Tidak Mengulang Kesalahan yang Sama

Photo by Allan Mas from Pexels

Photo by Allan Mas from Pexels via http://pexels.com

Dengan punya mindset positif, kamu akan bisa melihat pelajaran berharga yang bisa kamu petik dari tahun sebelumnya. Alih-alih penyesalan, kamu akan menjadikannya sebagai pertimbangan untuk memutuskan suatu hal.

Jika sebelumnya kamu melakukan cara yang tidak efektif dan tidak nyaman, itu berarti kamu tidak cocok dengan hal tersebut. Tinggalkan dan cari yang sesuai dengan gaya kamu. Jika hal itu berhasil kamu terapkan, artinya kamu sudah mencapai selangkah lebih maju untuk meraih mimpimu.

ADVERTISEMENT

3. Jangan Buang-Buang Waktu

Photo by Veerasak Piyawatanakul from Pexels

Photo by Veerasak Piyawatanakul from Pexels via http://www.pexels.com

Waktu adalah uang.

Kamu pasti sudah sering mendengar pepatah tersebut. Kita tidak bisa mengulang waktu yang telah berlalu. Kehidupanmu akan terus berlanjut dengan segala kejutan yang baru. Daripada merenungkan yang telah usai, lebih baik manfaatkan waktumu dengan memperbaiki kualitas diri.

Cari tahu hal apa saja yang perlu kamu tempuh terkait mimpimu itu. Kemudian, kamu bisa menyusunnya ke dalam target bulanan ataupun harian. Hal tersebut bisa membantumu untuk lebih produktif. Tentukan prioritasmu, jangan sampai waktumu terbuang dengan sia-sia untuk melakukan hal yang tidak penting. Membuat planner mungkin bisa jadi alternatif untuk kamu dalam proses meraih mimpi.

ADVERTISEMENT

4. Temukan Lingkungan yang Mendukung

Photo by Buro Millennial from Pexels

Photo by Buro Millennial from Pexels via http://pexels.com

Lingkungan adalah faktor terbesar yang memengaruhi kepribadian seseorang.  Ketika kita sudah berada di tengah perjalanan menggapai mimpi, orang-orang sekitar malah dengan mudahnya menjatuhkan kita. Seketika mental menjadi down, pikiran kacau, dan kehilangan hasrat dalam melakukan apapun. Hampir semua orang pasti pernah menemui persoalan ini.

Apabila dirasa lingkungan sekitarmu hanya membuatmu bersedih dan tidak bersemangat, carilah orang-orang yang satu frekuensi denganmu. Mereka yang bisa memberimu support dan juga saran yang berguna untuk progresmu. Buktikan bahwa kamu mampu untuk bangkit dan berlari meraih bendera kemenangan!

ADVERTISEMENT

5. Enjoy Your Life!

Photo by Mary Taylor from Pexels

Photo by Mary Taylor from Pexels via http://pexels.com

Menjalani suatu tujuan tanpa adanya tuntutan sama seperti ketika kamu menarik napas dalam di alam bebas. Kamu akan menemukan kebahagiaan tersendiri yang bahkan tidak bisa kamu definisikan. Kamu menemui beberapa rintangan hidup, tetapi kamu bangga dirimu bisa mengatasinya dengan baik.

Di situlah kamu bisa memandang kehidupan di arah yang positif. Orang lain bisa saja menilai baik-buruknya suatu hal pada diri kita. Namun, kita adalah aktor utamanya. Kita sendiri yang tahu betul tentang diri kita.

Temukan apa yang dirimu inginkan dan bagaimana kamu bisa menikmati proses mencapainya. Tubuhmu pun juga akan merespons positif jika kamu menemukan kenyamanan dalam hidupmu. 

Tahun 2021 merupakan awal yang tepat untuk kamu menggapai mimpi. Tidak perlu terburu-buru, pastikan kamu memijakkan langkah di tahapan yang tepat. Meraih mimpi bukanlah suatu perlombaan.

Mereka yang menang adalah mereka yang kuat dan tidak mudah menyerah. Tunjukkan pada dunia bahwa kamu juga #BeraniWujudkanMimpi. Mulai sekarang dan seterusnya, tanamkan pada diri tidak ada lagi keputusasaan. Kamu pasti bisa meraih apapun yang kamu impikan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini