#BeraniWujudkanMimpi-Gap Year Bukan Penghalang Impian, Justru Jadi Batu Loncatan untuk Meraih Masa Depan.

Maknai hari hari gap yearmu dengan segudang kegiatan yang menyenangkan untuk berjuang masa depan.

Gap year kerap kali menjadi pilihan bagi muda mudi yang gagal untuk masuk perguruan tinggi. Hal tersebut terkadang dipandang sebelah mata oleh tetangga bahkan saudara sendiri. Padahal di luar negeri gap year bukan hal yang tabu untuk diakui.  Bukan suatu kesalahan memutuskan untuk istirahat sejenak sebelum masuk perguruan tinggi demi mendapatkan jurusan yang diminati. Hanya saja kamu harus tetap sadari, sambil beristirahat harus tetap upgrade diri, supaya #BeraniWujudkanMimpi dan lebih siap ketika waktu yang ditunggu sudah tiba nanti. Lakukan hal hal ini supaya waktu gap yearmu  lebih berarti.

Advertisement

1. Bekerja sampingan untuk menggemukkan rekening tabungan

The Motley Fool

The Motley Fool via https://pin.it

Sembari belajar untuk persiapan, kamu bisa coba mencari pekerjaan ringan untuk mengisi waktu senggang. Lumayan kan bisa menghasilkan cuan. Kamu bisa tabung uang penghasilanmu di rekening tabungan supaya aman dan tidak cepat habis untuk chekcout belanjaan.

Bukan sekedar bualan, uang kuliah memang butuh dipersiapkan. Kalau selama gap year kamu bisa menyimpan tabungan, ketika proses perkuliahan lumayan bisa meringankan beban orang tua supaya tidak kewalahan.

Advertisement

2. Asah kemampuan untuk mempersiapkan diri di bangku perkuliahan

Rona Wheeldon

Rona Wheeldon via https://pin.it

Selama gap year kamu bisa cari kesibukan, mengasah softskill bisa jadi pilihan. Meningkatkan kemampuan bahasa asing salah satunya. Kamu bisa pakai platform digital yang berbayar ataupun yang gratis pun ada.  Kalau kamu ada dana, kursus langsung juga bisa. Ada yang banyak cara yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan dan kemauan yang kamu punya. Kamu akan makin percaya diri jika kemampuan berbahasamu di atas rata rata. 

3. Perbaiki kesalahan dimasa lalu, untuk menghadapi seleksi selanjutnya dengan strategi yang lebih bermutu.

Sandra Alice Photography

Sandra Alice Photography via https://pin.it

Waktu istirahatmu bisa kamu jadikan waktu merefleksi diri, menganalisa bagian mana yang harus diperbaiki. Barangkali waktu itu ada persiapan yang terlewati. Kamu bisa rancang strategi baru sambil menunggu pendaftaran terbaru.  Pastikan persiapanmu lebih matang dari yang terdahulu. Tetap fokus, tekad yang kuat dan jangan terburu-buru.

 

Advertisement

4. Daripada berkecil hati melihat teman yang sudah memulai perkuliahan, gabung dengan komunitas untuk menambah pengalaman.

Dr. Amarendra Bhushan Dhiraj

Dr. Amarendra Bhushan Dhiraj via https://pin.it

Kalau kamu tidak suka berlama lama dirumah, kamu bisa cari kesibukan  bergabung dengan komunitas sosial atau komunitas yang sama dengan hobi yang kamu minati. Selain hobi tersalurkan, koneksi pertemanan juga bisa kamu dapatkan. Selain sebagai hiburan, kamu juga akan dapat pencerahan dari cerita orang orang hebat yang sudah berpengalaman.  

5. Jangan lupa tambah intensitas komunikasi dengan tuhan, supaya usaha yang dilakukan makin tersempurnakan.

Freepik

Freepik via https://pin.it

Bagian ini jangan dilewatkan, berdoa kepada tuhan bisa menjadi jurus paling mutakhir untuk dilakukan. Kita tidak akan pernah kecewa ketika berharap kepada tuhan. Setelah perjuangan melelahkan sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah pasrahkan kepada tuhan. 

Gap year bukan berarti tak mampu, semua hanya perkara waktu. Tuhan pasti mempersiapkan sesuatu yang indah dibalik penantianmu. Jangan hentikan semangat, terus kejar mimpimu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Manusia di persimpangan

CLOSE