#BeraniWujudkanMimpi-Jangan Biarkan Impianmu Mati di Kala Pandemi!

Secercah tips agar mimpimu tak termakan kondisi saat ini

Tahun 2020 merupakan tahun yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Di tahun ini, semua warga dunia dirundung oleh bencana non-alam berupa penyebaran Covid-19. Tentunya kita tidak asing dengan istilah virus ini. Adanya bencana ini membuat kita mau tidak mau isolasi diri di dalam rumah untuk mencegah agar virus tidak menyebar. Dengan paksa kegiatan di luar dihentikan dan sebisa mungkin dilakukan di rumah. Awalnya terdengar seperti liburan mendadak, tapi lama kelamaan malah menjadi bosan dan jenuh. Benar tidak?

Siapa sangka, di balik isolasi ini juga terdapat mimpi-mimpi yang juga ikut terisolasi. Banyak dari kita menunda untuk mewujudkan impian karena keadaan tidak memungkinkan. Akibatnya, target kita banyak yang tidak tercapai. Apakah kita akan terus membiarkan waktu berputar begitu saja dengan menenggelamkan mimpi-mimpi kita?

Tentunya tidak, dong! Perlu digarisbawahi kalau masih banyak cara #BeraniWujudkanMimpi agar tidak berlalu begitu saja. Berikut tips-tips agar tetap bisa memperjuangkan mimpimu di era pandemi!

Advertisement

1. Kenali Dirimu untuk Kejar Impianmu

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via http://www.pexels.com

Selama pandemi kita menghabiskan waktu lebih sering di rumah. Kesempatan ini tentunya jangan dilewatkan untuk merenungkan kembali tujuan-tujuanmu! Cobalah untuk berdiam sejenak di suatu ruangan, lalu renungkan hal-hal yang dapat membantumu berkembang.

Misalnya tentang apa yang kamu mau, apa yang hendak kamu kejar, seperti apa mimpi yang kamu ingin wujudkan, dan bagaimana solusi untuk mencapainya. Dengan begitu, kamu bisa mengenal dirimu lebih dalam dan lebih semangat untuk mengejar mimpimu!

Advertisement

2. Membuat Dream-List untuk Bangkitkan Semangat

Foto oleh freestocks.org dari Pexels

Foto oleh freestocks.org dari Pexels via http://www.pexels.com

Setelah melakukan self-talk atau merenungkan kembali tujuan dan mimpi, kamu bisa memulai untuk mencatat hasil berpikirmu dalam sebuah catatan kecil. Mulai dari target yang dapat diselesaikan dengan mudah sampai target yang membutuhkan waktu. Catatan itu bisa kamu tempel di kamar atau meja kerjamu.

Hal ini berguna agar kamu selalu termotivasi dan semangat untuk mewujudkan mimpimu. Jika suatu ketika kamu hendak menyerah, kamu bisa memandangi 'Dream-List'-mu kembali dan termotivasi untuk segera bangkit, semangat para pemimpi!

3. Lakukan Hal-Hal Produktif

Advertisement
Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels via http://www.pexels.com

Berada di rumah bukan berarti kita harus bermalas-malasan, ya! Justru karena sekarang melakukan aktifitas di dalam rumah, maka kita harus menambah kegiatan-kegiatan bermanfaat dan produktif! Misalnya dengan mulai membaca buku-buku sains, membaca berita terbaru, menonton video ilmu pengetahuan, dan sebagainya.

Jika kamu pelajar, maka kamu dapat mengerjakan latihan-latihan soal untuk mengasah kemampuanmu atau menonton video pembelajaran. Dengan melakukan hal-hal produktif, kamu akan semakin terlatih dan terbiasa untuk menghadapi tantangan baru!

4. Ikuti Seminar atau Kompetisi Online untuk Asah Kemampuan

Foto oleh Nappy dari Pexels

Foto oleh Nappy dari Pexels via http://www.pexels.com

Pandemi membuat semua kegiatan di luar rumah dilakukan via daring atau online. Tidak heran banyak webinar atau kompetisi online bermunculan seiring waktu. Untuk kalian para pemimpi, jangan menyerah dan cobalah untuk mengikuti berbagai kegiatan online yang kamu temui.

Sesuaikan dengan minat dan bakatmu, lalu ikuti dengan semangat. Partisipasimu dalam kegiatan-kegiatan online dapat mengasah kemampuan dan membantumu berkembang walau harus di dalam rumah.

5. Jangan Forsir Dirimu! Beristirahatlah Sejenak!

Foto oleh JESHOOTS.com dari Pexels

Foto oleh JESHOOTS.com dari Pexels via http://www.pexels.com

Bekerja keras memang bagus, tapi apabila kita memforsir diri kita untuk terus bekerja, hasilnya juga tidak akan maksimal dan sesuai dengan yang kita inginkan. Maka, diperlukan istirahat sejenak untuk me-refresh pikiran kita.

Kamu bisa melakukan berbagai hal yang menurutmu menyenangkan, misalnya membaca novel, menonton film, memasak, atau bermain game. Kalian juga bisa melakukan hobi kalian, asal tetap mematuhi protokol yang ada, ya! Dengan beristirahat, kita dapat kembali bekerja dengan pikiran jernih dan semangat baru.

Yuk bersama #BeraniWujudkanMimpi di kala pandemi. Berada di rumah bukanlah suatu penghalang untuk mewujudkan mimpi-mimpi emas kita. Semangat, para pemimpi!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE