#BeraniWujudkanMimpi–Ke Luar Negeri Modal Prestasi? Memangnya Bisa?

Kiat menorehkan prestasi di kanca Internasional melalui jalur prestasi

Pernah berpikir kalau ternyata mimpi kecilmu yang kamu anggap suatu nihil itu terwujud? Mimpi yang kamu anggap remeh ternyata itu yang membawa kamu satu langkah di depan. Mimpi tengah malam yang selalu doakan ternyata terwujud melebihi dari yang kamu ingini.

Kamu selama ini bermimpi untuk keluar dari kotak dan mencari tau bagaimana dunia luar. Bermimpi keliling dunia dan menyepelekan dirimu bahwa itu hanya sebatas khayalanmu.  Sekarang kamu bisa berusaha mewujudkan tiap langkah mimpimu. Dunia yang kamu tahu sempit sekarang bisa kamu perlebar dengan usaha kerasmu dengan kiat ini, loh! Teruslah #BeraniWujudkanMimpi.

Advertisement

1. Cari Tau Potensi Dalam Diri

Inti Sari

Inti Sari via https://intisari.grid.id

Terkadang kita terlalu menyepelekan diri sendiri dan selalu berkata “aku tidak bisa apa-apa” padahal manusia dilahirkan sepaket dengan bakat, kini tinggal diri kita pribadi yang mau mencari tahu dan mengembangkannya atau tidak.

Mencari potensi dalam diri bisa dimulai dengan mencari tau hobi, terkadang apa yang paling kita senangi bisa kita kembangkan menjadi hal yang serius dan kelak menjadi potensi kita untuk mengembangkannya. 

Advertisement

2. Pelajari Bahasa Internasional

Pelajari Bahasa Internasional

Pelajari Bahasa Internasional via https://www.kompas.com

Apakah ke luar negeri harus menguasai bahasa inggris?

Mempelajari bahasa internasional sangat penting untuk segala aspek berkomunikasi, apalagi ketika kita punya mimpi untuk berkunjung ke negara orang. Bahasa yang bisa kamu pelajari juga beragam, namun suatu keharusan tidak tertulis yang mendorong kamu berbahasa inggris karena dapat di mengerti secara global.

Advertisement

Seperti pepatah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, maka penggunaan bahasapun harus dipelajari ketika kita hendak berkomunikasi dengan penduduk di manca negara. Pembelajaran mengenai bahasa internasioanl ini sudah sepatutnya menjadi tekanan diri kita untuk hendak mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas diri. Pembelajaran mengenai bahasa nggak hanya bisa kamu pelajari melalui les atau tempat bimbingan, loh!

Sekarang sudah banyak aplikasi terkait pembelajaran bahasa, buku pun komunitas yang membantu mengembangkan kemampuan berbahasa asing. Sekarang tinggal memilih dan mencocokan sesuai dengan keinginanmu.

3. Cari Banyak Info dan Peluang

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi via https://www.instagram.com

Peluang berarti akan semakin banyak jatah gagal yang harus dihabiskan. Jadi jangan menyerah ketika nanti akan gagal di satu jalan.

Peluang untuk ke luar negeri sendiri terbuka sangat lebar, khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Terkait ke luar negeri, jalur yang bisa diambil sangat banyak dan tidak sedikit yang tidak dipungut biaya sama sekali atau istilahnya full funded, baik melalui lomba, pertukaran pelajar, beasiswa, tukar budaya, pameran dan inovasi. Semua peluang ini tentu tidak dapat digapai dengan mudah, perlu tekad dan ketekunan yang tinggi untuk mewujudkannya. 

4. Punya Tujuan Jelas

Punya Tujuan Jelas

Punya Tujuan Jelas via https://dukcapil.sinjaikab.go.id

Terkadang keinginan kita untuk menginjakan kaki ke luar negeri dengan konteks dibiayai melalui prestasi hanya sekadar hedonisme semata tanpa tau makna, arah dan tujuan kita sampai di sana. Kita harus menanamkan , bahwasannya hiburan dan jalan-jalan yang didapat ketika disana adalah hadiah dan poin bonus saja.

Tentu, tujuan utamanya adalah mengaharumkan nama bangsa dan menggali potensi diri lewat prestasi yang kita akan kembangkan.

5. Tidak Mudah Berhenti

Tidak Mudah Berhenti

Tidak Mudah Berhenti via https://id.wikipedia.org

Sebagia dari kita pasti hanya mau melihat hasil dan tanpa melalui proses, itu sebabnya lebih banyak orang gagal daripada berhasil. Kita banyak sekali menampung mimpi untuk pergi ke negara orang, tapi enggan mewujudkannya atau malah kita sudah memulainya namun gagal di pertengahan jalan. Hal inilah yang harus kita waspadai, yaitu krisis di tengah jalan. 

Cara untuk melalui krisis ini adalah dengan menengok ke belakang, seberapa banyak yang sudah kita lalui dan amat disayangkan jika itu percuma saja. Maka dari itu, untuk mendapatkan suatu yang besar, harus juga dikorbankan suatu yang besar. Ketika memasuki masa kritis ini, ada baiknya istirahat tapi jangan sekali-kali mencoba untuk berhenti.  

Pada akhirnya ruang belajar untuk menginjakan kaki ke luar negeri bukan hanya sekadar mimpi dan angan lagi. Aku, kamu dan kalian sama-sama mempunya peluang yang sama untuk pengembangan diri melalui prestasi untuk melebarkan jalan samapi ke manca negara. Terpenting adalah untuk tetap berusaha mencari dan menggali potensi, hingga kita layak untuk memamerkn potensi diri untuk sampai berkeliling dunia. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE