#BeraniWujudkanMimpi-Ketika Kegagalan Menghampiri, Boleh Sedih Kok, Tapi 5 Hal Ini Perlu Kamu Ketahui Agar Bisa Semangat Lagi!

Sebagai manusia kita pasti pernah mengalami kegagalan dalam mewujudkan mimpi. Jangankan mimpi yang sudah kita rancang dan idam-idamkan, dalam berproses meniti kehidupan sejak bayi pun kita pernah mengalami tahapan bertumbuh yang tidak bisa langsung berhasil. Belajar berjalan misalnya, seorang anak kecil harus beberapa kali jatuh hingga bisa tegak berdiri.

Terkadang orang dewasa takut dengan kalimat kegagalan, takut gagal jika keluar dari zona nyaman, takut gagal dalam menulis, takut tidak laku dalam memulai usaha, takut berbeda, takut tidak berhasil seperti kebanyakan orang, dan segala ketakutan lainnya.  Padahal sejak kecil kalimat gagal hampir tidak dikenal dalam kamus hidupnya, mereka senang melalui semua proses bertumbuh. Anak kecil tidak menyerah ketika jatuh dan mampu untuk bangun lagi.

Kalau kamu sedang merasa bersalah pada diri sendiri sampai membuat insecure, dan takut mengecewakan orang  yang kamu sayangi karena merasa telah gagal, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui, agar kamu bisa #BeraniWujudkanMimpi.

Advertisement

1. Terima Kenyataan Yang Hadir Didepan Mata

Photo by Erick Mclean on Unsplash

Photo by Erick Mclean on Unsplash via https://unsplash.com

Kegagalan memang seringkali terasa pahit bagi orang-orang yang terlalu menaruh ekspektasi berlebihan terhadap hasil, maka cobalah untuk menerima kegagalan yang sudah terjadi, juga menerima diri kamu sepenuhnya. 

Terima semua kekurangan dan kelebihan yang kamu punya. Menyadari bahwa kamu itu manusia tidak sempurna, akan mengalami hal-hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi orang-orang. Dengan begitu hati kamu akan jauh lebih lapang.

Advertisement

Jadilah dirimu sendiri, cintai, dan jangan hidup menyesuaikan ekspektasi orang lain. 

2. Meskipun Tidak Mudah Tapi Tetaplah Berprasangka Positif

Photo by Ben White on Unsplash

Photo by Ben White on Unsplash via https://unsplash.com

Emosi adalah hal yang wajar, kamu hanya perlu menarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan, kemudian tanamkan pada diri bahwa “saya sedang belajar”. Layaknya dalam proses belajar, akan banyak sekali kebaikan yang diperoleh, maka dalam kegagalan pun akan ada pelajaran hidup yang bisa kamu ambil.

Percaya deh kalau kamu bukan sedang gagal seutuhnya,  tapi Tuhan sedang memberikan jalan lain untuk kamu menemukan keberhasilan versi terbaik dari diri kamu.

Advertisement

3. Evaluasi Kegagalan Untuk Pengambilan Keputusan Agar Lebih Baik Dalam Melangkah

Photo by Nicolas Dmitrichev on Unsplash

Photo by Nicolas Dmitrichev on Unsplash via https://unsplash.com

Menjadi dewasa memang bukan perkara perubahan fisik dan bertambahnya usia saja, tapi seiring pula dengan pilihan pengambilan keputusan yang akan kamu ambil. Seperti kata pepatah

“Orang-orang besar tumbuh bersama keputusan-keputusan besar yang diambilnya. Bukan oleh kemudahan-kemudahan hidup yang didapatnya.” -Lenang M

Tidak mau kan jatuh berulang kali pada lubang yang sama, oleh karena itu mengevaluasi setiap kegagalan yang pernah kita alami juga perlu, agar semakin baik melangkah mewujudkan impian.

4. Lingkungan Positif Sangat Berpengaruh

Photo by Buro M from Pexels

Photo by Buro M from Pexels via https://www.pexels.com

Selain kamu perlu evaluasi untuk menemukan hambatan dalam mewujudkan mimpimu, kamu juga butuh teman-teman yang mendukung untuk bisa memahami kamu bertumbuh dan berproses. 

Pernah mendengar pepatah lama mengatakan

kalau kita berteman dengan penjual minyak wangi maka kita akan ikut wangi. Sedangkan berteman dengan pandai besi, bisa jadi percikan apinya akan mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak, kamu akan tetap mendapatkan bau asapnya yang tidak sedap.

Maka seperti itulah pentingnya berada di lingkungan yang sefrekuensi. Carilah komunitas positif yang bisa saling menguatkan dan berbagi pengalaman bersama.

 

5. Jangan Merasa Sendirian Dalam Menghadapi Kegagalan

Photo by Benjamin Foros on Unsplash

Photo by Benjamin Foros on Unsplash via https://unsplash.com

Sudah banyak sekali cerita orang-orang yang mengalami kegagalan, dan berhasil melewati semua melalui karya terbaiknya. Maka kamu, tidak sedang sendirian melalui proses ini. Sedih boleh kok, tapi setelah itu, semangat lagi yuk, berani wujudkan mimpi mu dengan versi terbaik kamu.

Kalau kamu suka artikel ini, kamu bisa like, atau kalau kamu pikir bermanfaat, kamu bisa share agar orang-orang ikut membacanya.

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Individu pendamba hikmah.

CLOSE