#BeraniWujudkanMimpi-Mau Wujudkan Impian Terpendam? Ikuti 7 Tips Jitu Ini!

Siapa bilang mewujudkan mimpi itu sulit?

Apakah kamu mempunyai impian untuk menjadi seorang artis terkenal? Atau bermimpi menjadi Penulis sukses? Atau bahkan memiliki impian menjadi seorang PNS? Semua orang pasti memiliki impiannya masing-masing. Baik impian yang sudah ada sejak kecil maupun impian yang dimiliki ketika dewasa.

Namun, sayangnya tidak semua orang #BeraniWujudkanMimpi. Banyak hal yang menyebabkan seseorang lebih memilih untuk memendam impiannya daripada berusaha untuk mewujudkannya.  Penyebabnya yaitu mulai dari stigma negatif mengenai “Kalau mimpi jangan ketinggian”, sampai pada dorongan situasi yang memaksanya untuk mengubur impiannya, karena keadaan ekonomi, tuntutan keluarga, hingga pengaruh lingkungan pergaulan.

Apakah kamu rela mengubur impianmu tanpa sebuah usaha? Hidup cuma sekali, sudah saatnya kamu #BeraniWujudkanMimpi. Bagi kamu yang masih semangat mewujudkan mimpinya, kamu tidak perlu bingung lagi.

Advertisement

1. Berani Bermimpi

Berani Bermimpi

Berani Bermimpi via https://unsplash.com

Untuk mewujudkan impian, tentu kamu harus memiliki mimpi. Tapi bagi kebanyakan orang, bermimpi merupakan hal yang sia-sia dan buang-buang waktu. 

Banyak orang yang enggan bahkan takut untuk sekedar bermimpi. Apalagi jika sering mendengarkan perkataan “Kalau mimpi jangan ketinggian, entar kalau jatuh sakit!” Perkataan ini sering membuat banyak orang menjadi pesimis.

Advertisement

Semua impian yang tercapai dimulai dari adanya mimpi yang bersumber dari apa yang kita inginkan. Mimpi merupakan hal yang bisa diwujudkan menjadi kenyataan, asal kamu bersungguh-sungguh mewujudkannya.

Seperti apa yang dikatakan Walt Disney (Di dalam buku Edward Ridwan : 2011) bahwa “Semua mimpi dapat menjadi kenyataan, asal kita berani mengejarnya.” Jadi, impian kamu akan tidak akan menjadi kenyataan jika kamu tidak #BeraniWujudkanMimpi.

Advertisement

Tapi, apakah hanya dibutuhkan keberanian? Jika sudah berani dan bertekad, lalu bagaimana cara mewujudkan mimpi kita?”

Edward  Ridwan di dalam bukunya yang berjudul The Power of Pretending, pada intinya mengatakan bahwa cara mewujudkan impian yaitu dengan menjadikan diri kamu seakan-akan menjadi pribadi yang kamu inginkan.

Kuncinya ada pada imajinasi. Tapi, kamu jangan berimajinasi untuk menginginkan apa yang orang sukses miliki, melainkan kamu harus berimajinasi menjadi pribadi/karakter orang sukses tersebut.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki impian untuk menjadi PNS. Kamu jangan membayangkan keinginan untuk menjadi PNS sebagaimana yang diraih orang lain. Melainkan, seharusnya kamu berimajinasi bagaimana mentalitas dan sikap seseorang PNS tersebut awalnya hingga ia menjadi PNS, dan jadikan diri kamu untuk memiliki karakter tersebut.

Banyak orang mau menjadi Petinju profesional, tapi tidak banyak yang mau untuk bersikap disiplin, berlatih keras, dan melakukan segala yang dilakukan oleh Petinju Profesional.

Oleh karena itu, jika kamu ingin jadi PNS, maka yang harus kamu lakukan adalah menjadi pribadi yang senang melayani terlebih dahulu, menjadi pribadi yang ramah, jujur, dan disiplin. Begitu juga halnya jika kamu ingin menjadi seorang Petinju profesional, kamu harus gigih dan disiplin dalam berlatih serta memiliki mentalitas juara selayaknya Petinju profesional.

2. Tentukan Apa yang Kamu Mau Bukan Apa yang Orang Lain Mau dari Kamu!

Kamu tidak akan sukses menggapai impian kamu jika kamu selalu mengejar apa yang orang lain mau, bukan apa yang kamu mau. Entah itu karena gengsi, tuntutan keluarga, ataupun tuntutan lingkungan.

Perlu kamu ingat, bahwa setiap orang punya impiannya masing-masing, punya sesuatu yang dia tidak sukai mapun yang dia sukai. Bagi kamu, impian yang kamu miliki adalah sebuah hal yang penting, namun bagi orang lain bisa jadi merupakan hal yang tidak ada gunanya.

Setiap orang juga memiliki passion yang berbeda dan minat yang berbeda terhadap suatu hal. Kamu tidak akan sukses jika kamu ingin membuktikan suatu hal yang bukan bagian dari keahlian, passion, dan minat kamu kepada orang lain. Baik karena itu gengsi atau keterpaksaan keadaan. Setiap orang punya keahlian, tempat, dan minatnya masing-masing. 

Jadi, kamu harus bisa membedakan, apakah impian yang kamu miliki saat ini memang bagian dari mimpi yang kamu inginkan, atau hanya sekedar untuk membuktikan kepada orang lain dan menutupi gengsi besar kamu?

3. Tentukan Tujuan dan Motivasi Terbesar Kamu Untuk Mewujudkan Mimpi Kamu!

Tentukan Tujuan

Tentukan Tujuan via https://unsplash.com

Pernah enggak kamu memiliki banyak impian, tapi tidak satupun yang kamu usahakan dengan fokus dan sungguh-sungguh?

Kalau kamu merasakan hal seperti itu, berarti tandanya kamu belum memiliki tujuan yang jelas dan motivasi yang kuat dari diri kamu. Hal ini sering disebut dengan Motivasi Intrinsik.

Menurut Siagian pada tahun 2004 (Dalam Fakhrian,A.M. : 2015), mengatakan bahwa “motivasi intrinsik merupakan motivasi yang berasal dari dalam individu yang menghasilkan integritas dari tujuan-tujuan, baik tujuan organisasi maupun tujuan individu.”

Penting banget bagi kamu untuk memiliki motivasi intrinsik dalam mewujudkan impian kamu. Jika kamu memiliki motivasi yang kuat dari dalam diri dan punya tujuan yang jelas mengapa kamu ingin mewujudkan impian kamu, maka apapun hambatannya kamu tetap akan semangat dalam meraihnya.

4. Tentukan Role Model!

Tentukan Role Model!

Tentukan Role Model! via https://unsplash.com

Setiap impian yang ingin kamu wujudkan, ada baiknya jika kamu memiliki figur yang kamu jadikan role model atau panutan yang bisa menginspirasi kamu untuk mewujudkan mimpi.

Misal, kamu ingin menjadi Penulis, kamu bisa menjadikan Raditya Dika, Ernest Prakasa, atau Penulis lainnya menjadi Role Model bagi kamu.

Tapi ingat, bahwa Role Model disini maksudnya bukan untuk menjadikan kamu sama seperti orang tersebut, melainkan hanya untuk memotivasi kamu dan menginspirasi kamu.

Ingat rumus dalam dunia bisnis yang sering kita ketahui, yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi. Kamu bisa ikuti rumusan ini agar kamu tetap memiliki ciri khas walaupun kamu terinspirasi dari orang lain.

5. Tentukan Langkah-Langkahnya!

Tentukan Langkah-Langkahnya!

Tentukan Langkah-Langkahnya! via https://unsplash.com

Sebagus apapun impian yang kamu miliki, tidak akan ada artinya tanpa ada perencanaan yang matang. Sebelumnya kita telah membahas berbagai aspek non teknis yang secara keseluruhan merupakan bagian dari mindset yang harus kamu miliki agar kamu #BeraniWujudkanMimpi.

Sekarang, saatnya kamu membuat perencanaan dan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mewujudkan mimpi kamu. Perencanaan yang kamu buat harus perlahan, yang penting ada progress. 

Kamu bisa membuat langkah awal seperti : Apa skill yang kamu butuhkan untuk mewujudkan mimpi kamu? Bagaimana mempelajari skill tersebut, hingga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya, dan lain-lain. 

6. Berani Mengorbankan Kesenangan!

Berani Mengorbankan Kesenangan!

Berani Mengorbankan Kesenangan! via https://unsplash.com

Setelah kamu membuat perencaan yang matang, tentu kamu harus fokus untuk menjalankan rencana tersebut. Dibutuhkan kedisiplinan dan pengorbanan waktu untuk menjalankan apa yang telah kamu rencanakan.

Karena kamu pasti akan kehilangan waktu untuk berkumpul bersama teman-teman. Kamu juga perlu menyisihkan uang jajan untuk mempelajari dan meningkatkan skill yang dibutuhkan, baik melalui pelatihan maupun sekedar membeli buku. Tapi kamu tenang aja, karena tidak ada pengorbanan yang sia-sia.

7. Konsisten, Persisten, dan Doa

Konsisten, Persisten, dan Doa

Konsisten, Persisten, dan Doa via https://unsplash.com

Segala persiapan sudah kamu lakukan, mulai dari Berani Bermimpi, motivasi intrinsik, Role Model, langkah-langkah dalam mewujudkannya, hingga berani mengorbankan kesenangan demi mewujudkan impian. Tapi semua itu akan sia-sia jika kamu tidak konsisten dan persisten dalam menjalankannya.

Kamu pasti sudah tahu definisi konsisten. Namun, apakah kamu sudah mengenal istilah persisten? Pada intinya, persisten adalah sebuah kegigihan dalam melakukan suatu tindakan secara terus menerus, meskipun banyak rintangan yang menghampiri.

Cara terakhir yaitu jangan lupa berdoa. Pada akhirnya, setiap manusia hanyalah mengerjakan tugas untuk berusaha dan yang menentukan hanyalah Tuhan YME. Tidak ada manusia di dunia ini yang sukses tanpa ada bantuan dari Tuhan.

Jadi, ketika semua tahapan telah kamu lakukan dengan baik dan dibarengi dengan konsistensi dan persistensi, serta tetap memanjatkan doa hanya kepada Tuhan, maka saya yakin apapun impian kamu akan terwujud. 

Oleh karena itu, mulai sekarang kamu harus menjadi manusia yang #BeraniWujudkanMimpi. Karena setiap orang berhak bermimpi dan mewujudkan mimpinya!

 

REFERENSI

Rhidwan, Edward. 2011. The Power of Pretending. ReferensiSukses.com (Diakses pada 17 Desember 2020).

Maulana, Fakhrian Harza. 2015. Pengaruh Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank BTN Kantor Cabang Malang.  Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 22. Hal. 3.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE