#BeraniWujudkanMimpi-Semua Butuh Proses! 7 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjadi Penulis Profesional

Perjuangkan apa yang kita impikan

Sebagian besar orang di dunia ini pasti bisa menulis. Menulis bukanlah hal yang asing untuk dilakukan. Namun, apakah semua orang bisa menjadi penulis profesional?” Tentu saja bisa. Hanya saja butuh perjuangan dan melewati proses yang cukup panjang. Penulis profesional tidak hanya menjadikan kegiatan menulis sebagai hobi, tetapi juga sebagai profesi atau pekerjaan. Menghasilkan karya yang dikenal dan diterima dengan baik oleh masyarakat luas. Menulis menjadi hobi yang dibayar.

Kamu yang bercita-cita menjadi penulis profesional. 7 hal ini akan membuatmu berhasil meraih impian tersebut!

Advertisement

1. Meluruskan niat dan tujuan menulis. Jangan sampai berbelok di tengah jalan

Photo by Polina Sirotina on Pexels

Photo by Polina Sirotina on Pexels via https://www.pexels.com

Sebelum mulai menulis, kamu harus mengingat kembali, apa alasan dan tujuanmu menulis? Jika tujuan kamu adalah menjadi penulis profesional, maka lakukan yang terbaik yang kamu mampu. Menjaga kualitas karyamu dan jangan asal-asalan. Bukan sekadar terbit, tetapi harus memberikan manfaat untuk pembaca.

Dari awal kamu menulis sampai tulisanmu selesai, tetap fokus pada tujuan utama. Ketika kamu sudah jauh melangkah lalu menemukan kesulitan, jangan lantas menyerah. Tetap fokus dan ingat tujuanmu.

Advertisement

2. Rajin membaca karya-karya penulis ternama untuk mempelajari cara membuat tulisan yang bagus

Photo by Karen Zhao on Unsplash

Photo by Karen Zhao on Unsplash via https://unsplash.com

Cara ini wajib dilakukan oleh siapa pun yang ingin menjadi penulis profesional. Selain membaca buku dari penulis-penulis ternama, kamu dapat membaca tulisan-tulisan yang bagus via online. Zaman sekarang tidak ada alasan untuk tidak membaca.

Dari sering membaca, kamu akan tahu seperti apa cerita yang menarik dan disukai banyak orang. Selain itu, pengetahuan kosa kata kamu akan bertambah, juga memahami bagaimana penggunaan tanda baca yang benar.

3. Selalu meluangkan waktu untuk berlatih menulis. Bisa karena terbiasa

Advertisement
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels via https://www.pexels.com

Dalam bidang apa pun, ketekunan berlatih akan membuat kita menguasai bidang tersebut. Pun dengan menulis, semakin sering menulis akan semakin terbiasa menuangkan sebuah ide menjadi sebuah tulisan.

Jangan cepat puas ketika sudah selesai dengan satu judul. Buat lagi tulisan-tulisan yang lain sampai kamu merasa rindu jika sehari saja tidak menulis

4. Mengikuti lomba menulis untuk menguji sampai mana kemampuan kamu dalam menulis

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels via https://www.pexels.com

Tentu saja setiap penulis ingin mengetahui sampai mana kemampuan dia dalam menulis. Salah satu caranya adalah dengan sering mengikuti lomba menulis. Jangan takut mengikutsertakan tulisanmu dalam sebuah kompetisi menulis.

Lebih bagus jika yang mengadakan lomba tersebut adalah penerbit besar. Kamu akan bertarung dengan penulis-penulis hebat. Jika menang tentunya menjadi suatu kebanggaan, tetapi jika kalah, kamu dapat berlajar dari pengalaman. Kamu akan memahami seperti apa karya yang disukai penerbit.

5. Bergabung dengan komunitas kepenulisan dan bertemu dengan orang-orang yang memiliki visi yang sama

Photo by Fauxels on Pexels

Photo by Fauxels on Pexels via https://www.pexels.com

Akan sulit mencapai impian jika kamu berjalan seorang diri. Dan akan lebih mudah meraihnya jika kamu memiliki teman seperjuangan. Jika kamu bergabung dengan komunitas kepenulisan, kamu akan bertemu dengan mereka yang satu visi.

Saling berbagi ilmu dan berbagi pengalaman. Ketika ada yang sedang malas nulis, yang lain akan memberikan semangat. Sangat penting yang namanya networking karena akan membuka jalanmu untuk menjadi penulis profesional.

6. Luangkan waktu untuk berlibur. Untuk menghindari stres dan mendapatkan inspirasi baru

Photo by  Taryn Elliott on Pexels

Photo by Taryn Elliott on Pexels via https://www.pexels.com

Semua penulis pasti pernah mengalami writer block, dan ketika kamu mengalaminya, kamu hanya perlu berhenti sejenak. Jangan memaksakan diri untuk tetap menulis. Simpan tulisanmu lalu pergilah berlibur.

Tidak perlu ke tempat yang jauh dan mengeluarkan banyak uang. Ciptakan suasana berlibur yang sederhana tetapi membuatmu bahagia. Jangan lupa membawa buku catatan kecil atau handphone untuk mencatat ide yang suka datang tiba-tiba.

7. Jangan putus asa ketika gagal atau tak kunjung mencapai apa yang diimpikan

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu yang harus diyakini dalam hidup ini adalah tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan. Semua orang sukses di luar sana pasti pernah mengalami kegagalan di masa lalunya. Jangan putus asa jika kamu sering kali gagal, itu tandanya keberhasilan sudah di depan mata.

Seperti kata-kata bijak, habiskanlah jatah gagalmu. Setiap penulis hebat pasti mengalami ditolak penerbit, karyanya diremehkan banyak orang, tidak juara di perlombaan, dan kegagalan lainnya. Coba lagi, coba terus, pokoknya jangan pernah berhenti mencoba

Nah, itulah beberapa cara untuk menjadi penulis profesional. Kesungguhan dan ketekunan akan membuat sesuatu yang awalnya tidak mungkin menjadi sangat mungkin. Tetap semangat dan tetap #BeraniWujudkanMimpi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE