#BeraniWujudkanMimpi-Tips untuk Kamu yang Ingin Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri.

Selagi mimpi masih gratis, yuk bermimpi setinggi-tingginya!

Perkara mimpi memang kadang cukup sulit, karena semakin dewasa kita semakin sadar dengan limitasi-limitasi yang kita punya dalam mewujudkan mimpi. Semakin dewasa kita semakin dihadapkan dengan masalah-masalah kehidupan yang kompleks.

Kadang mungkin kita harus merelakan sebagian mimpi-mimpi kita karena keterbatasan dalam hidup kita. Tapi ada kok yang tetap berhasil mewujudkan mimpinya ditengah kondisi mereka yang penuh dengan keterbatasan, tentu saja dengan perjuangan yang luar biasa. Pada dasarnya mewujudkan mimpi memang perlu perjuangan dan tidak boleh mudah menyerah.

Seperti berkuliah di luar negeri dengan beasiswa, ada beberapa penerima beasiswa yang datang dari latar belakang yang kurang beruntung. Apalagi banyak beasiswa yang tersebar luas di seluruh dunia. Kalau mereka saja bisa mendapatkan beasiswa di tengah kerterbatasan mereka, kita juga harus bisa! Berikut mungkin hal-hal yang perlu kamu siapkan sebelum mengejar cita-citamu untuk berkuliah dengan beasiswa di luar negeri

1. Mengenali dirimu sendiri dengan baik

A photo by anakrantau.id

A photo by anakrantau.id via https://i2.wp.com

Di awal kamu harus dapat menggali dirimu sendiri, temukan dulu apa yang kamu mau, apa yang paling cocok untuk kamu, apa yang kamu mau lakukan di masa depan, apa tujuanmu untuk sekolah lagi, dan sinkronkan itu semua dengan jurusan dan beasiswa yang kamu ingin apply. 

Dan jangan lupa be honest with yourself, maksudnya jangan melebih-lebihkan, jabarkan yang sebenar-benarnya tentang dirimu, tentang apa yang telah kamu lakukan, tanpa terlihat arrogant atau tinggi hati. Tulis tentangmu dengan jujur dan rendah hati

 

2. Mengumpulkan informasi terkait beasiswa sebanyak-banyaknya

a photo by maukuliah.id

a photo by maukuliah.id via http://https

Sudah mengenali apa yang kamu mau? Great! sekarang saatnya mulai eksekusi. Gali informasi sebanyak-banyaknya, bisa dari website, pengalaman awardee, ataupun bertanya langsung ke penyelenggara! Apalagi sekarang sudah zamannya internet, informasi bisa mudah kamu dapatkan dari manapun juga! 

Baca semua persyaratan dan pertanyaan yang biasanya ada di FAQ supaya lebih jelas. Jangan malas baca info ya guys, sebelum bertanya ke orang lain atau awardee usahakan membaca dengan jelas semua info yang ada di website mereka.

3. Mempersiapkan dokumen beasiswa dari jauh-jauh hari

Mempersiapkan

Mempersiapkan via https://google.com

Persiapkan berkasmu dari jauh-jauh hari ya! Ini penting! Jangan menyiapkan semuanya serba mendadak. Mie instan yang katanya instan saja butuh waktu 3 menit untuk dinikmati, apalagi beasiswa.

Kamu bukan Bandung Bondowoso yang bisa membuat 999 candi dalam semalam. Apalagi nantinya kamu butuh proofread dan review untuk esai kamu, dan memperbaiki lagi dan lagi untuk memastikan berkas beasiswa kamu sudah baik.

Semakin banyak waktu yang kamu habiskan tentu akan semakin baik bagi berkas beasiswamu ya

4. Jangan takut gagal dan jangan mudah menyerah

A photo by samaggi-phala.or.id

A photo by samaggi-phala.or.id via http://https

Jarang ada yang bisa langsung lolos beasiswa dalam satu kali percobaan, kalaupun ada mungkin dia benar-benar luar biasa dalam persiapannya sehingga bisa lolos dalam satu kali percobaan.

Jadi gagal beberapa kali wajar, yang penting kamu belajar dari kegagalan. Review kembali aplikasimu dan cari tahu alasan kegagalanmu, lalu coba lagi dengan aplikasi yang semakin oke.

5. Do not limit yourself!

A photo by askideas.com

A photo by askideas.com via https://www.askideas.com

Cobalah semua kesempatan yang ada, jangan membatasi dirimu pada satu beasiswa, entah karena ingin sekali dengan beasiswa itu, atau tidak merasa mampu untuk bersaing dengan beasiswa lain yang lebih prestigious. You are beyond what you expect, Push yourself to the limit!

Nah, selain itu minta nasihat dari teman atau orang yang sudah mendapatkan beasiswa untuk mendapatkan insight dari mereka, itu akan membantumu di step selanjutnya. Tapi sebisa mungkin jangan tanyakan sesuatu yang ada di website pendaftaran beasiswa ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini