#BeraniWujudkanMimpi–Tuhan Selalu Maha Pengasih Bagi Mereka yang Gigih

Besides praying, just still work harder and stay disciplined. Keep learning and stepping!

Hai, aku Futwi. Anak bawang yang kerjaannya nge-halu dan banyak banget mimpi sederhananya. Di artikel ini, aku bakal sedikit sharing tentang cara menjaga mimpi itu sendiri. Sama seperti kalian, aku juga masih belajar. Maka dari itu, aku ingin kita belajar bareng-bareng. Yakinkanlah diri bahwa Tuhan menciptakan kamu karena banyak alasan yang baik. Termasuk beribadah kepada-Nya, membahagiakan kedua orang tuamu, ngebuat senyum dan tawa sahabat-sahabatmu, juga tentunya menggali potensi yang ada pada dirimu sendiri lalu meng-implementasikannya agar bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Sebelum ke poin gimana caranya menjaga mimpi, sebenarnya apa sih definisi mimpi itu? Kalau menurutku, mimpi ibarat nafas yang selalu membuatku ingin bergerak untuk mencapai hal-hal baik di setiap waktunya. Cakupan mimpi ini beragam. Di dalam versiku, mimpi tak hanya mencakup pendidikan maupun ekonomi, tapi juga kesuksesan spiritual, kebahagiaan, juga kebermanfaatan sedikit ilmuku untuk orang lain. Ayok #BeraniWujudkanMimpi. Nah, di sini ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakuin buat ngejaga mimpi yang kita miliki. Di antaranya adalah hal-hal berikut:

Advertisement

1. Mendekatkan Diri dengan Tuhan

Mendekatkan Diri dengan Tuhan

Mendekatkan Diri dengan Tuhan via http://tugassekolah.co.id

Beberapa kali aku sering merasa nggak percaya diri, gak berani speak up, minderan, dan banyak hal lainnya. Sampai sekarang unsur-unsur itu pun masih ada. Hanya saja kadarnya sudah berkurang seiring aku belajar sesuatu yang baru.

Aku yakin Tuhan selalu memiliki rencana-rencana yang baik untuk manusia yang senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya. Jika kamu selalu bersama-Nya, maka kamu takkan kehilangan apapun. Jadi, hal pertama yang harus kamu lakuin adalah memastikan bahwa Tuhan selalu ada di hatimu setiap saat. Ketika kamu menjaga-Nya, maka Ia juga akan menjagamu sekaligus mimpi-mimpi kamu.

Advertisement

2. Mencintai dan Berdamai dengan Diri Sendiri

Mencintai

Mencintai via https://www.google.com

Banyak hal yang tak bisa dijelaskan pada orang lain. Agar tetap semangat, maka kita harus mencintai dan berdamai dengan diri kita sendiri. Tidak harus selalu berlari kencang, sesekali kita perlu berhenti sejenak untuk berevaluasi dan berdamai dengan diri sendiri.

Ketika kamu dapat berdamai dengan dirimu, itu akan meringankan langkahmu untuk mencapai mimpi-mimpi yang ada.

3. Berada di Lingkungan yang Sesuai

Berada di Lingkungan yang Sesuai

Berada di Lingkungan yang Sesuai via http://images.bisnis-cdn.com

Definisi kamu selalu bergantung kepada siapakah temanmu. Jika ingin mimpimu tetap terjaga, kamu memerlukan lingkup pertemanan yang suportif. Teman yang asik akan menunjukan apa yang ingin kamu lihat, tapi teman yang baik akan menunjukan apa yang seharusnya kamu lihat. Temukan mereka, ajak diskusi, lihat setiap sisi positifnya, dan kembangkanlah dirimu bersama mereka.

Advertisement

4. Lakukan yang Terbaik di Setiap Kesempatan

Lakukan yang Terbaik di Setiap Kesempatan

Lakukan yang Terbaik di Setiap Kesempatan via https://assets.kompasiana.com

Melakukan yang terbaik di setiap kesempatan akan membuat semangatmu stabil. Hidup ini bakalan lebih bernilai jika di setiap waktu, kita bisa mendedikasikan diri untuk memberikan usaha terbaik yang kita punya.

Hal tersebut tak hanya akan berdampak bagi diri sendiri, namun juga pada orang lain yang akan merasa diapresiasi pada setiap tindakan yang kita lakuin. Just do your best!

5. Melangkah dengan Luasnya Penerimaan

Melangkah dengan Luasnya Penerimaan

Melangkah dengan Luasnya Penerimaan via https://bincangsyariah.com

Tugas kita selain berdoa adalah berusaha sebaik mungkin. “jangan malas”, kataku pada diriku sendiri di banyak waktu. Sering kali aku tidak menerima diriku dengan apa adanya. Itu karena aku lebih memilih menerima versi terbaik dari dalam diriku setelah gigih berusaha.

Namun, yang namanya usaha dan doa pasti ada dua kemungkinan yang dihasilkan. Istilah binary opposition nya adalah berhasil atau gagal. Semboyanku jika berhasil Alhamdulillah, kalau gagal itu sudah biasa. Ehhe, canda. Intinya, apapun hasil yang kita dapat haruslah diiringi dengan penerimaan.

Kata Umar bin Khattab, “Hatiku tenang karena mengetahui bahwa apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku”. Maka dari itu, tetep yakinin diri aja bahwa takdir-Nya adalah yang sebaik-baiknya kehendak.

 

Hal-hal di atas adalah beberapa caraku buat menjaga mimpi-mimpi yang ingin diraih. Mungkin setiap orang punya cara mereka tersendiri. Tapi, aku cuma berharap semoga tulisan ini sedikit bermanfaat untuk kalian para pembaca.

Jangan pernah lelah bermimpi ya! Walaupun kadang beberapa dari kita masih nggak tahu mimpi kita sebenarnya apa, minimal kita harus berusaha berbuat baik dan bermanfaat bagi sesama dengan hal sederhana yang kita miliki. Bisa jadi tenaga, ilmu, dan bentuk kebaikan lainnya.

Terakhir, jangan gampang nyerah! Dunia nggak bakal bisa jadi lembut ke kamu kalau kamu nggak pernah keras terhadap diri kamu sendiri. Semangat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE