#BeraniWujudkanMimpi-Wujudkan Mimpi dengan 6 Tahap Ini, Pasti BIsa!

Keluar dari Zona Nyaman

2021 sudah didepan mata nih. Pencapaian apa aja yang udah kalian capai? Atau ada cita-cita lain yang belum tercapai? Tenang. 2021 bisa jadi tahun dimana kalian mampu mewujudkan mimpi–mimpi kalian. Resolusi apa saja yang sudah kalian bikin? Kira-kira apa aja yang bakal kalian lakuin untuk mewujudkan resolusi itu?

Kalau kalian masih nggak tau resolusi apa atau cara buat mewujudkan resolusinya gimana, kalian ada di artikel yang tepat. Yuk, kita lihat apa aja sih yang bisa kita lakuin untuk membantu kita mewujudkan keinginan kita di tahun 2021 versi penulis. Ada 6 tahap yang bisa kalian coba lakukan dimulai dari hal yang paling sederhana: 

Advertisement

1. Kenali Keinginanmu

Photo by Pixel2013 on Pixabay

Photo by Pixel2013 on Pixabay via https://pixabay.com

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keinginan kita yaitu dengan mengenali keinginan kita itu apa.

“Apa sih sebenarnya yang ingin aku capai?”, “Keinginan apa yang ingin aku wujudkan?”. Kalau kalian masih bingung apa yang pengen kalian lakukan, coba tanyakan beberapa pertanyaan –pertanyaan seperti di atas.

Advertisement

Kalian bisa gali diri kalian mulai dari hal yang paling sederhana. Misal, jam 12 aku mau mengerjakan apa ya? Atau hari minggu aku ingin bangun pagi sebelum jam 7. Hal- hal sederhana seperti itu bisa kalian tanyakan atau tentukan ke diri kalian sendiri.

2. Yakinkan Dirimu

Photo by Pixel2013 on Pixabay

Photo by Pixel2013 on Pixabay via https://pixabay.com

Di tahap pertama, kalian udah menanyakan ke diri sendiri keinginan apa yang ingin kalian lakukan di mulai dari hal yang sederhana. Di tahap ini, kalian harus coba menyakinkan diri kalian sendiri. Mulailah berdamai dengan keadaan masa lalu. Sulit? Pastinya. Tapi kalian harus bisa menyakinkan diri sendiri kalau kalian mampu dan bisa mewujudkan apa yang sudah jadi keinginan kalian.

3. Kalahkan Rasa Takut dan Overthinking

Advertisement
Photo by Sasint on Pixabay

Photo by Sasint on Pixabay via https://pixabay.com

“Kayaknya aku nggak bisa masak ya?”, “Sepertinya aku nggak bakal dapet pekerjaan di masa pandemi ini.”, “Nanti kalau aku cuci baju sekarang dingin pasti.” Hal – hal yang seperti ini pasti pernah muncul dipikiran kita. Overthinking, takut, malas, iya itu yang bikin kita nggak bergerak maju. Lalu apa yang bisa kita lakukan? Challenge diri sendiri. Challenge gimana? Harus berkelahi sama diri sendiri gitu? No. Terus apa?

Coba tantang diri kita untuk melakukan hal yang nggak pernah dilakuin sebelumnya atau hal yang buat kita malas melakukan pekerjaan. Misal, kalian nggak pernah masak karena takut masakan kalian nggak enak atau takut dicela. Nah, coba tantang diri sendiri buat masak, minta ajarin mama atau bisa liat di internet resepnya. Kuatkan diri, kalahkan rasa takut dalam diri kalian.

4. Keluar dari Zona Nyaman

Photo  by Alexas_Fotos on Pixabay

Photo by Alexas_Fotos on Pixabay via https://pixabay.com

Kalau kalian udah coba buat tantang diri kalian sendiri, berarti kalian udah selangkah maju nih. Sekarang tinggal keluar dari zona nyaman kalian. Zona nyaman sayang maksudnya? Bisa jadi sih. Hehehe. Sayang sama kenyamanan diri sendiri yang mungkin bisa bikin diri kita jadi malas.

Misal nih, pagi hari mama kalian lagi sibuk masak, tapi kalian lagi nyaman sama kasur, atau mungkin pura-pura tidur, kunci pintu biar nggak bisa dibangunin. Nah, coba keluar dari zona nyaman itu. Ambil resikonya. Mungkin bakal berdebat sama diri sendiri sih atau pas bantu ntar jadi nguap terus. Tapi let’s see, kalian udah kalahkan itu yang namanya malas. Kalian udah jadi pemenang atas diri kalian sendiri.

5. Take the Action

Photo by Pexels on Pixabay

Photo by Pexels on Pixabay via https://pixabay.com

Wah, udah sampai ditahap kedua terakhir nih. Terus harus ngapain ya? Pamer di medsos gitu, karena keluar dari zona sayang? Of course not. Lalu?

Take the action. Lakukan segera mungkin apa yang ingin kalian lakukan. Nggak boleh ditunda lagi sebelum rasa sayang untuk malas muncul lagi. Sayang sama pacar sih boleh, tapi sayang sama malas? NGGAK BOLEH. Yuk, kalahkan malas, take the action.

6. Terima, Apresiasi, dan Perbaikan

Photo by Free-Photos on Pixabay

Photo by Free-Photos on Pixabay via https://pixabay.com

Selamat kalian udah ada di tahap terakhir. Tahap terakhir ngapain? Teriak – teriak di pinggir jalan, sambil bilang WOW gitu? Boleh sih kalau kalian mau.

Tapi disini saranku mending nggak usah, takut dikira orang gila sama orang. Hehehe

Kalian cukup terima aja apapun hasil dari uji coba di tahap sebelumnya. Entah itu berhasil atau gagal, kalian harus coba terima. Sampai sejauh ini kalian udah berhasil mewujudkan keinginan kalian. Kalian udah sukses melawan ego sendiri, ketakutan, rasa malas sampai overthinking.

Kalian KEREN. kalian patut di apresiasi. Jangan lupa untuk apresiasi diri kalian apapun itu hasilnya, karena kalian udah berani mencoba. Terakhir, evaluasi apa aja yang udah dilakukan dan coba lakukan perbaikan lagi dan lagi. 

“Penting bagi kamu untuk menghargai hal kecil, karena jika kamu tidak menghargai hal kecil, maka hal besar tidak akan dipercayakan padamu” 

― Arief Subagja

Gimana, udah kebayang mau melakukan hal apa? Sudah mulai mikir keinginan apa yang bakal kamu wujudkan? Yuk kita mulai dari hal yang sederhana, tapi berdampak besar dalam hidup kita. Selamat mencoba. SEMANGAT.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE