Setelah memiliki sebuah rumah tentu yang haru dilakukan oleh penghuninya adalah merawatnya. Merawat rumah tentu banyak sekali caranya, salah satunya adalah menjaga rumah agar selalu bersih sehingga nyaman untuk dihuni. Kebersihan ini sendiri juga dapat dilakukan dengan melakukan berbagai hal ini.

1. Menyiapkan Keset di Depan Pintu Rumah

keset depan pintu

keset depan pintu via https://tica-copenhagen.com

Keset merupakan salah satu hal yang harus dimiliki di bagian depan rumah. Keset di lantai ini berfungsi untuk membersihkan alas kaki ketika akan masuk ke dalam rumah. Sepatu, sandal ataupun berbagai macam alas kaki lainnya akan sangat kotor setelah penghuni berjalan keluar dari rumah.

Tentunya kita tidak ingin debu dan kotoran tersebut masuk ke dalam rumah maka penghuni dapat membersihkan kakinya terlebih dahulu di keset. Namun anda juga harus selalu memperhatikan kebersihan dari keset ini setiap hari sehingga dapat digunakan dengan baik.

2. Gunakan Produk yang Tepat untuk Membersihkan Setiap Bagian di Dalam Rumah

Advertisement

Setiap produk tentunya sudah didesain sesuai dengan fungsinya masing-masing, begitu juga dengan alat kebersihan. Jangan menggunakan alat kebersihan untuk membersihkan dua hal yang berbeda. Meski kelihatannya hemat namun tidak efektif untuk membersihkan rumah.

Bayangkan saja misalnya alat pembersih lantai kamar mandi yang kemudian digunakan untuk membersihkan jendela atau berbagai hal lainnya di rumah? Tentunya secara kesehatan juga tidak akan baik.

3. Menyedot Debu Dengan Vacuum Cleaner

Untuk membersihkan lantai ataupun karpet tentunya alat penyedot debu ini sudah menjadi andalan berbagai kalangan ibu rumah tangga. Namun menggunakan alat ini juga ada caranya. Tidak sekedar bergerak maju mundur di lantai, namun juga ada cara tersendiri.

Advertisement

Di dalam ruangan, penyedot debu ini harus digerakkan secara horizontal satu arah yang kemudian dibersihkan lagi dengan gerakan vertikal pada lantai sehingga setiap debu dan kotoran masuk ke dalam alat ini.

4. Gunakan Botol Spray agar Lebih Mudah dalam Membersihkan Rumah

Beberapa orang masih membersihkan rumahnya dengan cara yang cukup konvensional yaitu membawa ember berisikan air dan mulai mengepel lantai ataupun jendela. Namun ada cara yang lebih mudah dan efisien yaitu menggunakan botol spray. Selain lebih ringan dibawa juga tidak perlu khawatir ember berisi air tersebut tertendang dan menumpahkan airnya.

5. Bersihkan Rumah Sesuai dengan Rencana dan Alur

bersihkan rumah dengan planning

bersihkan rumah dengan planning via https://www.homemaids.ae

Tidak sedikit hal yang dilakukan dalam membersihkan rumah. Dari mencuci pakaian, peralatan memasak, membersihkan lantai, dan berbagai kegiatan lainnya merupakan satu kesatuan dalam merawat rumah.

Maka dari itu buatlah rencana terlebih dahulu sebelum mulai bersih-bersih. Tentukan hal apa yang akan dilakukan dari awal hingga akhir agar lebih menghemat waktu dan juga efisien dalam membersihkan rumah.

6. Setelah Mencuci Peralatan Memasak dan Makan, Jangan Lupa Untuk Dikeringkan Terlebih Dahulu

mengeringkan peralatan masak

mengeringkan peralatan masak via http://www.allnaturalandgood.com

Setelah mencuci berbagai peralatan memasak dan makan, dari panci hingga piring dan gelas tentunya hal yang cukup penting adalah mengeringkan peralatan ini. Sebelum meletakkannya pada rak-rak piring, letakkan dulu pada area terbuka dengan penyusunan miring atau terbalik sehingga airnya mengalir dari peralatan tersebut.

Sehingga ketika peralatan ini diletakkan pada rak tidak akan membasahi lantai atau meja sehingga harus kerja dua kali.

7. Bersihkan Kamar Mandi Setiap Hari

membersihkan toilet

membersihkan toilet via https://www.aquaplumbingsarasota.com

Kamar mandi sangatlah mudah kotor dan juga cukup ribet untuk dibersihkan. Dari lantai, dinding, bak, hingga toiletnya terdapat berbagai macam kuman yang juga meninggalkan noda. Kamar mandi yang kotor sangatlah tidak nyaman digunakan, selain itu juga berbahaya bagi kesehatan karena bakterinya.

Adapun lantai yang licin akan membuatmu terpeleset. Maka dari itu bersihkan setiap hari akan kuman tidak menumpuk dan tidak makin susah dibersihkan.

8. Sediakan Kuas Pembersih Berbagai Ukuran Untuk Membersihkan Furniture di Dalam Rumah

kuas lukis

kuas lukis via https://wallbox.ru

Membersihkan cela-cela kecil pada rumah tentunya akan cukup merepotkan jika harus menggeser atau memindahkan furniture. Belum lagi peralatan kebersihan dengan ukuran terbatas terkadang tidak dapat menjangkau debu dan kotoran.

Maka dari itu salah satu alat yang dapat digunakan adalah kuas. Kuas memiliki beragam ukuran sehingga dapat menjangkau kotoran yang tidak dapat diraih oleh penyedot debu ataupun sapu.

9. Tidak hanya Rumah saja, Peralatan Pembersih pun juga Harus Dijaga Kebersihannya

Peralatan bersih-bersih memang akan memiliki noda yang tertinggal nantinya. Maka dari itu setelah menyelesaikan kegiatan bersih-bersih di rumah, peralatan tersebut juga harus dibersihkan. Cucilah kain pel, bersihkan sapu, buang debu yang tersimpan di penyedot debu sehingga peralatan lebih awet dan juga nyaman ketika digunakan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya