Berikut 6 Manfaat Mengetahui Love Language, Kamu Harus Tahu Tentang Ini!

Apa kamu sudah tau apa itu love language? Love language atau dalam bahasa Indonesia adalah bahasa cinta adalah sebuah cara yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan cinta. Nah, love language ini ada 5 tipe yang berbeda dan tiap orang memiliki love language dominat yang berbeda juga. Love language tersebut adalah Physical touch dengan sentuhan, word of affirmation dengan kata-kata yang penuh makna, receiving gift yaitu suka menerima segala hadiah, quality time adalah menghabiskan waktu bersama, dan act of service yaitu memberikan pelayanan dalam tindakkan.

Selain perlu mengetahui love language yang kamu miliki, kamu pun perlu tau apa love language yang pasangan atau orang terdekat kamu. Karena dibalik love language ada 6 manfaat yang akan kamu dapatkan, dan berikut adalah 6 manfaat dari love language

Advertisement

1. Menambah Wawasanmu tentang hal baru!

Photo by Kaushal Moradiya from Pexels

Photo by Kaushal Moradiya from Pexels via https://www.pexels.com

Dengan pengetahuan yang baru tentang apa itu love language, tentu saja menambah wawasanmu bahwa sebenarnya cinta punya bahasa pengungkapan yang berbeda-beda tiap orang. Semua orang memiliki love language yang paling dominan dan berbeda satu dengan yang lainnya, dan dengan begitu kamu dapat memahami konsep masing-masing dari love language tersebut.

2. Belajar untuk berempati lebih baik lagi

Photo by Luis Fernandes from Pexels

Photo by Luis Fernandes from Pexels via https://www.pexels.com

Manfaat dari mengetahui love language dari pasangan kamu atau orang terdekat kamu adalah untuk belajar berempati.  Dengan mengetahui love language yang tidak selalu sama membuat kita untuk belajar memahami satu sama lain, walaupun love language-nya berbeda kita tetap bisa menjaga keharmonisan. Saling memposisikan diri dan saling membagi perasaan satu sama lain, untuk itu hal ini akan menciptakan hubungan yang lebih baik lagi.

Advertisement

3. Hubungan kamu akan semakin dekat dan dekat lagi!

Photo by Tan Danh from Pexels

Photo by Tan Danh from Pexels via https://www.pexels.com

Karena love language adalah cara pengungkapan perasaan cinta, dengan memahami love language satu sama lain tentunya tidak akan ada kesalahpahaman yang akan menambah kedekatan kamu dengan pasangan.  Saling memahami dan saling tau apa yang pasangan butuhkan adalah kunci dari sebuah hubungan yang harmonis.

4. Mencoba hal baru, karena selalu ad acara baru untuk mengungkapkan perasaanmu!

Photo by vjapratama from Pexels

Photo by vjapratama from Pexels via https://www.pexels.com

Love language memiliki 5 tipe yang berbeda, namun hanya ada beberapa love language yang paling dominan. Kamu bisa mencoba menggunakan love language yang tidak terlalu dominan untuk menjadi cara baru umengungkapkan perasaanmu. Kamu pun bisa mengkombinasikan love language, kamu pemilik love language quality time bisa menambahkan act of service, atau kamu pemilik physical touch bisa menambahkan word of affirmation, dan kombinasi lainnya.

5. Love language juga mempermudah kamu dalam berkomunikasi

Photo by Taryn Elliott from Pexels

Photo by Taryn Elliott from Pexels via https://www.pexels.com

Beberapa pemilik love language bukan tipe yang pandai berbicara, atau beberapa ada yang pandai berbicara apa yang mereka rasakan. Karena perasaan cinta tidak selalu mudah untuk terucap atau dilakukan, oleh sebab itu love language memudahkan dalam mengkomunikasikan perasaan cinta. Phsycal touch, act of service, quality time, receiving gift yang biasanya lebih menunjukkan dari bagaimana mereka mengungkapkan perasaan cintanya dengan melakukan sesuatu yang lebih. Sedangkan word of affirmation lebih menunjukkan kata-kata yang membuat kamu merasa lebih dicintai. Tentu saja love language sendiri memudahkan kita berkomunikasi secara tidak langsung melalui love language tersebut.

Advertisement

6. Menghindari atau meluruskan kesalah pahaman yang terjadi

Photo by Vera Arsic from Pexels

Photo by Vera Arsic from Pexels via https://www.pexels.com

Karena love language yang dimiliki tiap orang berbeda, maka dengan mengetahui love language pasangan atau orang terdekat kamu dapat memahami apa yang seharusnya kamu lakukan. Dengan mengetahui love language pasangan, kamu jadi tidak perlu berselisih karena bertanya-tanya bagaimana pasangan kamu mengungkapkan rasa cintanya padamu. Kamu pun bisa menggunakan love language kamu untuk menunjukkan rasa cintamu pada orang terdekatmu, dan membuat mereka mengerti akan kesalah pahaman yang terjadi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

This is me, with a random thought!

CLOSE