Siapa yang nggak mau cepat-cepat melangkah ke hubungan yang lebih serius? Merasa sudah sangat mengenal satu sama lain terlalu lama dan sudah mengenal pribadi masng-masing baik sifat positif dan negatifnya kamu. Terkadang menjadikan kamu yakin dan mengajak pasangan kamu ke jenjang lebih serius ke arah pernikahan.

Tapi apakah segala kesiapan baik materi dan mental sudah disiapkan matang? Apakah kalian siap nantinya tinggal satu atap dengan segala romansa suami istri? Yuk lihat sebenarnya apa saja sih kesiapan kamu yang harus diemban sebelum ke langkah yang lebih serius ini yuk lihat.

1. Kemandirian finansialmu sudah cukup untuk menjalankan rumah tangga

segala kebutuhanmu nantinya diemban bersama

segala kebutuhanmu nantinya diemban bersama via https://www.pexels.com

Membeli kendaraan, rumah dan menciptakan kematangan finansial pastinya ngga lupa untuk kamu siapkan. Sebenarnya kalian bisa siapkan hal ini jauh sebelum kalian mengajukan proposal resmi izin ke orang tua kalian. Pastikan segalanya tidak banyak memberikan kerepotan kedua orangtua, dan kalian persiapkan ini sematang mungkin.

2. Mendapatkan restu kedua pihak keluarga hal yang terpenting

kalian akan mengalami ini

kalian akan mengalami ini via https://www.pexels.com

Advertisement

Dari awal setidaknya kalian sudah saling memperkenalkan ini ke orang tua, hanya saja perbedaannya kalian menjelaskan tujuan untuk merestui ke hubungan pernikahan. Memang tidak semudah membalik telapak tangan, tapi tergantung usaha kalian berdua untuk meyakinkan orangtua untuk ini.

3. Memiliki pekerjaan yang mapan dan ada jenjang kariermu kedepannya

karier kamu adalah kariernya juga

karier kamu adalah kariernya juga via https://www.pexels.com

Pekerjaan yang kini kalian berdua jalani pastinya sudah tergambar jika kalian harus membangun keluarga nantinya. Memang tidak serta merta pihak laki-laki yang memiliki pekerjaan mapan, tapi memang tak dipungkiri banyak juga perempuan yang jenjang kariernya lebih baik ketimbang laki-laki. Dengan ini kalian bisa memprediksi kehidupan kalian setelah menikah nanti dan dapat mencari jalan keluar sebelum semua terjadi.

4. Keyakinan dan tujuanmu membangun keluarga berdua sudah kuat

tujuan kalian terjalin bersama

tujuan kalian terjalin bersama via https://www.pexels.com

Tujuan berkeluarga salah satunya memiliki keturunan dan bersama menjalani ikatan sampai akhir nanti. Pastikan kalian punya tujuan yang sama dan saling mengisi. Jika ada perbedaan di antara kalian pahamilah dan saling menjaga kepercayaan satu sama lain.

5. Menikah tidak hanya kalian berdua tetapi menyatukan dua keluarga besarmu

pastikan keluarga besarmu merestui

pastikan keluarga besarmu merestui via https://www.pexels.com

Advertisement

Segala ikatan yang terjadi setelah kalian mendapatkan restu kedua orangtua adalah dengan mengabari keluarga besar kalian untuk memberi restu juga. Keadaan mereka memang tidak setiap hari, akan tetapi mereka akan selalu ada dan menasihati kalian dikalian dikala cobaan menerpa rumah tangga kalian.

Buatmu yang mau naik level dalam hubungan, hal-hal ini sudahkan disiapkan dengan matang?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya