Setelah beberapa tahun vakum dalam proses rekrutmen penerimaan CPNS, akhirnya pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB) membuka kembali rekrutmen CPNS. Tentu ini merupakan momen yang tidak mungkin dilepaskan oleh seluruh para job seeker, baik itu fresh graduate maupun yang sudah bekerja. Mereka ini akan bertarung untuk menjadi bagian dari kementerian yang diidamkan.

Di tengah bisnis start up yang saat ini sedang ramai-ramai dikembangkan oleh mereka yang berjiwa entreprenuer, Rekrutmen CPNS masih menjadi primadona bagi sebagian para job seeker yang menggantungkan harapan untuk kehidupan yang lebih baik dari rekrutmen resmi pemerintah ini. Apa alasannya?

1. Profesi PNS masih menjadi tolak ukur keberhasilan di mata orang tua

Anakmu lulus mak!!!

Anakmu lulus mak!!! via https://www.djkn.kemenkeu.go.id

Setiap orang tua pasti merasa bangga jika anaknya sukses mendapat pekerjaan, terlebih jika sang anak tidak berlama-lama "menganggur" pasca disahkan sebagai seorang sarjana. Namun, dibalik rasa bangga tersebut ada harapan yang muncul jika sang anak bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan orang tuanya. Sebagian orang tua masih memiliki anggapan bahwa profesi PNS adalah profesi yang memiliki masa depan yang cerah dan jalan menuju kesuksesan baik sukses dalam karir maupun sukses dalam hidup.

Jika salah satu dari seluruh anak-anak mereka ada yang menjadi seorang PNS itu sudah mewakilkan kebanggaan dan kesenangan atas seluruh keluarga. Dari mulai kapan pola pikir tersebut hinggap di pikiran para orang tua tapi itu mungkin yang dialami oleh kalian disana.

2. Kesuksesan kerabat maupun saudara yang berprofesi sebagai PNS

Jadi orang sukses

Jadi orang sukses via http://www.netralnews.com

Advertisement

Kerabat atau saudara yang berprofesi sebagai PNS juga menjadi salah satu faktor pendukung mengapa rekrutmen CPNS masih diminati oleh banyak job seeker. Hidup mapan dari seorang PNS menjadi kunci betapa diinginkanya profesi ini, terlebih hasil yang diperoleh setelah menjadi seorang PNS diperlihatkan ketika ada acara keluarga, pasti akan muncul dengungan "Liat tuh om/tante mu sukses jadi PNS, masa kamu nggak bisa?"

3. Akhir masa bakti yang diapresasi melalui dana pensiun

Dapat dana pensiun

Dapat dana pensiun via http://www.asncpns.com

Ini bonus yang akan diperoleh seorang PNS setelah menyelesaikan masa baktinya. Ya, dana pensiun. Seorang PNS tetap akan mendapatkan "penghasilan" rutin meskipun sudah pensiun. Berbeda dengan pegawai swasta yang hanya mendapatkan pesangon pada akhir masa kerjanya, PNS akan mendapatkan dana pensiun setiap bulannya dan berakhir sampai si ahli waris meninggal dunia, namun, pemerintah berencana merubah mekanisme metode pembayaran dana pensiun PNS dari pay as you go menjadi fully funded. Menggiurkan bukan?

4. Kalau belum PNS berarti belum kerja!

Harus jadi PNS!!!

Harus jadi PNS!!! via http://www.hetanews.com

Ini adalah salah satu statement yang mungkin pernah terdengar di telinga kalian. "Belum sukses kalau belum menjadi PNS", walaupun sudah memiliki penghasilan dengan posisi dan jabatan pekerjaan yang baik. Mungkin alasan ini agak sedikit ekstrem bagi sebagian orang ketika tingkatan tertinggi dalam memperoleh sebuah pekerjaan adalah menjadi PNS dengan mengesampingkan profesi lain yang sebenarnya dinikmati oleh orang tersebut.

5. Idaman calon mertua

Jalan mulus dapat restu orang tua pacar

Jalan mulus dapat restu orang tua pacar via http://kawanmuda.com

Advertisement

Ini salah satu jurus ampuh untuk mendapat restu dari orang tua si doi a.k.a pacar kalian, setidaknya langkah awalmu dari restu orang tua pacarmu akan berjalan mulus tanpa hambatan kalau kamu lulus rekrutmen ini. Orang tua pacarmu bakal senyum senyum manja kalau kamu menyebutkan profesimu ini ketika kamu ketemu dengan mereka.

Wah PNS memang pekerjaanyang populer ya dikalangannya, siap-siap yuk untuk rekrutmen CPNS berikutnya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya